08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Mengapa orang senang bernostalgia? Memang ada beberapa hal yang indah pada masanya, sehingga tidak terlupakan sampai hari ini. Banyak hal yang memberikan kesan mendalam, sehingga terkenang sampai puluhan tahun. Nostalgia lebih dari sekadar mengenang masa lalu.

Saat orang yang menua merasa bahagia karena nostalgia tentang masa lalunya, sebenarnya karena ada sebab-sebab di baliknya. Misal saat mereka sedang mengenang masa-masa ketika mereka masih muda, ketika pertama kali menyimak lagu favorit. Yang dikenang sebagai nostalgia bukan hanya masa-masa ketika masih enerjik, tapi juga suasana yang berlangsung saat itu. 

Menurut Hepper dan Clay Routledge, profesor psikologi di North Dakota State University, nostalgia adalah kecenderungan alami manusia. Bahkan rata-rata orang bisa bernostalgia satu kali dalam seminggu karena dipicu oleh banyak hal; aroma parfum, nyanyian lagu, rasa makanan, hingga foto dengan teman-teman lama.

 

Apa arti nostalgia sebenarnya?

Tahukah Anda tentang asal kata nostalgia? Istilah nostalgia berakar dari kata Yunani Kuno, “nostos” (rindu pada rumah dan kampung halaman) dan “algos” (rasa sakit, duka,). Dalam berbagai kamus, nostalgia dapat diartikan sebagai kerinduan terhadap rumah atau lingkungan sekitar; juga rindu hal-hal di masa lalu; atau ingatan masa kecil atau masa muda seseorang.

Dalam buku Cyclopaedia of Practical Medicine (1833), nostalgia dimasukkan dalam kelompok penyakit endemik. Penjelasannya adalah seperti ini, “… gejala depresi yang sering ditemukan pada orang-orang yang jauh dari negara asal mereka, saat mereka merasakan keinginan kuat untuk kembali ke rumah, kawan-kawan, dan tempat mereka saat muda.”

Meskipun demikian, nostalgia juga memiliki sisi positifnya. Nostalgia pun dapat membuat orang jadi lebih kuat menghadapi tantangan hari ini, khususnya tentang ketakutan pada masa depan yang dulu dicemaskan. Pada kenyataannya, yang dulu dipikirkan sebagai masa depan yang dicemaskan sudah menjadi hari ini yang baik-baik saja.

 

Mengapa orang suka bernostalgia?

Momen-momen spesial itu hampir selalu terjadi setiap saat, meski kadang kita baru menyadarinya di kemudian hari. Pada intinya manusia memang mudah menyukai kenangan terhadap apapun. Mulai dari hal-hal yang berkaitan dengan orang, peristiwa, lagu, dan lain sebagainya.

Untuk sebuah peristiwa misalnya, orang-orang tertentu cenderung suka mengenang pencapaian yang diraih di masa lalu. Apalagi orang tua yang memiliki pencapaian atau prestasi gemilang pada saat muda. Barangkali itulah mengapa generasi tua akan membanding-bandingkan dengan generasi muda saat ini. Tidak jarang ditemukan orang-orang yang berpendapat tentang betapa menyenangkannya hidup di zamannya masing-masing. Bukan hanya sekadar mengenang masa lalu, nostalgia semacam itu juga membuat orang merasa berharga, karena membuat kita merasakan dukungan di saat sedang kesepian.

Jadi, apa yang membuat Anda bahagia sampai hari ini? Apakah Anda juga suka bernostalgia tentang sesuatu yang bermakna? Apapun itu, Anda berhak menjalani kehidupan yang bermakna, apapun kesibukan Anda.

Kami ada untuk Anda yang sedang merencanakan masa depan yang bermakna, baik untuk diri sendiri, keluarga, maupun lingkungan sekitar Anda.

 

Hubungi kami di no 08112652244 untuk layanan pengembangan diri yang sesuai dengan kondisi Anda



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp