08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Saat mengembangkan bisnisnya, banyak orang yang kemudian bertanya: bagaimana caranya agar bisnis cepat bertumbuh? Tidak asal tumbuh, tapi juga sehat. Pertanyaan berikutnya adalah: apa yang disebut sebagai pertumbuhan bisnis yang sehat?  

 

Miliki rencana, agar mampu bertahan lama

Tidak bisa dipungkiri, setiap orang yang berwirausaha pasti bercita-cita mewujudkan hal-hal yang bermanfaat untuk orang banyak sekaligus menghasilkan keuntungan yang besar. Karena itu, cashflownya harus stabil terlebih dahulu. Namun ada yang mesti difokuskan selain cashflow yang stabil, yaitu memiliki rencana agar usaha akan mampu bertahan lama (sustainable).

 

Persiapkan masa-masa penuh tantangan

Tidak jarang seorang pengusaha cepat merasa puas saat memperoleh untung besar di tahap awal bisnisnya. Memang tidak salah dengan perasaan bersyukur dan bahagia. Tapi kalau bahagia itu menjadikannya lengah dan tidak fokus dengan strategi yang sudah direncanakannya, itulah yang perlu diwaspadai. Bukan berarti harus paranoid atau takut, hanya saja ada fakta yang mesti kita pahami. Bisnis apapun tidak terus menerus berjalan seperti yang diinginkan, khususnya terkait keuangan. Selalu miliki dana darurat untuk mengantisipasi keadaan. Karena itu, sebisa mungkin sejak awal persiapkan masa-masa penuh tantangan dengan membuat perhitungan yang rinci.

 

Mengevaluasi pengeluaran dan pendapatan

Secara berkala, lakukan evaluasi. Lebih besar mana antara pengeluaran dan pendapatan? Apakah nilainya lebih besar pendapatan, seimbang, atau justru lebih besar pengeluaran? Nilai cashflow seimbang juga dapat membuat krisis. Di sinilah pentingnya sebuah laporan keuangan yang rapi. Dengan melihat laporan keuangan Anda dapat mengevaluasi bisnis Anda dan membuat keputusan yang tepat untuk menghadapi kompetisi.

Agar bisnis Anda tumbuh dengan sehat, lakukan evaluasi. Analisis kelebihan dan kekurangan bisnis Anda, sehingga dapat memudahkan Anda dalam membuat inovasi untuk perkembangan bisnis. Tidak hanya dalam hal pengeluaran dan pendapatan, tapi juga aspek lain seperti harga, target market, dan kondisi persaingan.

Jadi, agar bisnis mampu bertumbuh lebih ‘sehat’, apa saja yang mesti dilakukan? Fokuslah pada pembuatan produk terbaik, cara memberi layanan terbaik, dan inovasi-inovasi baru yang bermanfaat untuk masa depan. Dengan fokus pada kualitas yang mampu Anda lakukan, maka secara bertahap kestabilan usaha Anda pun tercapai.

Kami memahami bahwa strategi keuangan adalah hal krusial yang memengaruhi nilai perusahaan untuk jangka panjang. Karena itu, kami memberikan layanan profesional yang mengembangkan solusi untuk mendukung para pemilik usaha dalam mencapai tujuan keuangan. Layanan yang kami berikan berfokus pada masalah nyata yang menentukan keberlangsungan bisnis klien, sehingga mampu berkontribusi terhadap kesejahteraan.

 

Untuk Anda yang membutuhkan layanan seputar manajemen keuangan bisnis atau perusahaan Anda, hubungi kami di nomor ini: 0811 265 2244



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp