08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

International Organization for Standardization atau sertifikasi ISO adalah salah satu standar internasional dalam sebuah sistem manajemen guna pengukuran mutu organisasi. Sertifikasi ISO telah menjadi suatu standar  yang banyak digunakan di berbagai negara. Sertifikasi ISO memegang peranan penting dalam mengukur bagaimana kredibilitas perusahaan yang ingin bersaing secara global dan merupakan salah satu cara untuk meningkatkan sistem manajemen mutunya.

Apa Sih Manfaat Sertifikasi ISO?

Dalam dunia bisnis, mereka yang memiliki sertifikasi ISO akan memiliki kemungkinan lebih besar untuk memenangkan kompetisi pasar. Karena sertifikasi ini akan menunjukkan adanya jaminan kualitas dari produk atau jasa yang ditawarkan, serta kepercayaan konsumen akan brand terkait. Sertifikasi ISO sendiri memiliki beberapa manfaat bagi perusahaan, yaitu :

-. Meningkatkan kredibilitas perusahaan dan kepercayaan pelanggan

-. Menjamin kualitas dengan standar internasional

-. Menghemat biaya untuk antisipasi memburuknya kinerja

-. Meningkatkan citra perusahaan

-. Dari hal di atas maka diharapkan dapat meningkatkan dan berpengaruh pada penjualan

-. Perusahaan terdaftar pada Lembaga sertifikasi dan diaudit secara periodik

-. Sebagai acuan kerja, sehingga karyawan bisa bekerja tanpa kesalahan atau dengan kesalahan yang minimal

-. Untuk menghindari perbedaan persepsi dan untuk mendapatkan hasil yang seragam walaupun pekerjaannya berbeda

-. Terjadi perubahan positif dalam hal budaya mutu bagi dan organisasi perusahaan, karena terdorong untuk mempertahankan sertifikat ISO

-. Pelanggan akan mudah mencari pemasok yang bersertifikat ISO, yang berarti terbuka kesempatan pasar baru

Menerapkan ISO artinya membuat standar yang menjadi pedoman dalam operasional perusahaan. Perusahaan yang baik akan lebih bergantung pada sistem, bukan orang. Karena orang suatu saat akan berganti atau pindah ke perusahaan lain. Jika perusahaan tidak memiliki pedoman operasional yang baku, maka cara kerja akan berubah-ubah tergantung orang yang bekerja.

ISO juga membantu menyelaraskan spesifikasi teknis dari produk dan jasa, membuat industri lebih efisien, dan mencegah hambatan perdagangan internasional. ISO membantu meyakinkan konsumen bahwa produk yang aman, efisien dan baik untuk lingkungan.

Perusahaan Perlu Ikut Serta

Salah satu kekuatan dari standar ISO adalah ISO dibuat oleh orang-orang yang di dalam perusahaan yang membutuhkannya. Terlibat dalam proses pembuatan dapat membawa keuntungan yang signifikan bagi perusahaan Anda, antara lain :

-. Memberikan akses awal untuk informasi yang bisa membentuk pasar di masa depan

-. Memberikan perusahaan Anda suara dalam pengembangan standar

-. Membantu menjaga akses pasar terbuka.

Terlibat dalam pengembangan standar membawa kepedulian dan kebutuhan untuk saling memiliki pada sebuah proses yang akan mempengaruhi perusahaan Anda di masa depan.

Apa Kekurangan dari ISO?

Manfaat dari sertifikasi ISO belum sepenuhnya dirasakan oleh semua perusahaan. Selain itu, belum semua pebisnis menganggap sertifikasi ISO itu penting. Konsumen pun tidak semuanya memperhatikan adanya sertifikasi ISO dan mengerti tentang hal tersebut untuk kemudian memilih produk. Terlebih untuk produk-produk dengan segmen konsumen menengah ke bawah.

Apa Program Akeyodia?

Silakan hubungi kami di telepon/WA ke nomor 08112652244 /08112652210, jika Anda tertarik mengadakan Training, 1 on 1 life coaching, 1 on 1 business coaching atau konsultasi pribadi.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp