08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Tahun Baru Hijriah memiliki makna dan hakikat tersendiri. Peristiwa padah tahun tersebut merupakan momentum lahirnya sebuah peradaban baru bagi dunia kemanusiaan. Tahun baru Islam akan diperingati setiap tanggal 1 Muharram oleh kaum muslim.

Dan dibeberapa wilayah akan diadakan kegiatan perayaan yang melibatkan semua lapisan masyarakat mulai dari anak-anak hingga dewasa. Lalu apa makna tahun baru Islam yang dapat kita ambil pelajarannya? Simak penjelasan berikut!

 

1. Peringatan Hijrahnya Nabi Muhammad SAW

Selain sebagai momentum pergantian tahun penanggalan Islam dari tahun satu menuju tahun berikutnya. Makna tahun baru Islam memiki arti hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekkah menuju Madinah. Dari hijrah tersebut, Islam mulai mengalami perkembangan yang pesat dan semakin luas sampai ke Mekah dan beberapa daerah di sekitarnya.

 

2. Optimis dalam Berjuang

Tahun baru Islam juga dapat dimaknai sebagai semangat dalam perjuangan serta tetap optimis. Sebab hijrah juga dapat dimaknai sebagai semangat berpindah dari hal buruk menuju hal yang penuh dengan kebaikan.

Seperti yang kita tahu bahwa Nabi Muhammad SAW beserta para sahabat melawan rasa sedih saat hijrah, sebab mereka harus meninggalkan tanah kelahiran, saudara dan juga harta benda yang mereka miliki.

 

3. Momentum Instrospeksi Diri

Momen introspeksi diri atau disebut juga dengan muhasabah. Dengan memasuki tahun baru Hijriah, maka berarti memasuki 1 Muharram dengan artian Anda sudah meninggalkan tahun yang berlalu dan memasuki tahun yang baru.

Dalam menyambutnya, akan sangat penting untuk berkaca pada diri sendiri sekaligus menimbang apakah sudah selalu berbuat baik, atau malah masih banyak dosa serta kesalahan selama setahun terakhir. Hal ini dilakukan supaya pada tahun mendatang, akan lebih banyak ibadah serta amalan baik yang dilakukan untuk mengurangi perbuatan dosa.

 

4. Berubah Menuju Kebaikan

Bergantinya tahun, berarti juga akan terjadinya perubahan pada sesuatu yang menuju kebaikan, memiliki manfaat untuk seluruh manusia dengan menggunakan semangat kasih sayang dan toleransi. Ini membuat tujuan Allah SWT menurunkan Islam sebagai agama yang rahmatan lil alamin akan terwujud.

 

5. Perlunya Meningkatkan Akhlak

Tahun baru Islam dapat menjadi pengingat dari pentingnya meningkatkan akhlak mulia. Sebab menjadi orang yang lebih baik dari waktu ke waktu itu perlu. Tetap semangat untuk menjadi orang yang lebih baik disetiap kondisi.

Selamat Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1442 Hijriah

Semoga tahun ini lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya dan semoga kita semua adalah termasuk orang-orang yang beruntung.

Aamiin

 

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman, dan orang-orang yang berhijrah dan berjihad di jalan Allah, mereka itulah yang mengharapkan rahmat Allah. Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang”

(QS. Al-Baqarah: 218)

Kenalan dengan Program Akeyodia?

Silakan hubungi kami di telepon/WA ke nomor 08112652244 /08112652210, jika Anda tertarik mengadakan Training, 1 on 1 life coaching, 1 on 1 business coaching, konsultasi pribadi, dan seminar online.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp