08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Brainstorming merupakan metode untuk memunculkan penyelesaian masalah yang kreatif dengan mendorong anggota kelompok untuk menyampaikan ide sembari menahan kritik atau penilaian. Brainstorming dalam banyak bentuk atau variannya, telah menjadi tool standar untuk pengembangan ide baru.

Varian lain dari Brainstorming adalah :  Nominal Group Technique (NGT), Electronic Brainstorming, Directed Brainstorming, Individual Brainstorming, Group Passing Technique, Tim Idea Mapping Method, dan Question brainstorming.

Sekarang kenalan singkat yuk tentang varian Brainstorming  yang mungkin Anda butuhkan di Tim Anda.

 

1. Nominal Group Technique (NGT)

Nominal Group Technique (NGT) merupakan brainstorming yang mendorong semua peserta untuk memiliki kesempatan sama dalam proses. Hal ini juga digunakan untuk menghasilkan daftar peringkat ide. Namun penting fasilitator dilatih sebelum mencoba untuk memfasilitasi NGT. Kelompok tersebut harus prima dan didorong untuk merangkul proses.

2. Electronic Brainstorming

Elektronik brainstorming adalah versi terkomputerisasi brainstorming teknik manual. Hal ini biasanya didukung oleh sistem rapat elektronik (Electronic Meeting System) namun bentuk yang lebih sederhana juga dapat dilakukan melalui email dan mungkin berbasis browser, atau menggunakan peer-to peer software.

Dengan sistem pertemuan elektronik, peserta berbagi daftar ide melalui Internet. Elektronik brainstorming menghilangkan banyak masalah brainstorming, seperti produksi standar blocking dan ketakutan evaluasi. Keuntungan tambahan dari metode ini adalah bahwa semua ide dapat diarsipkan secara elektronik dan kemudian diambil di lain waktu untuk berpikir lebih lanjut dan diskusi.

3. Directed Brainstorming

Directed brainstorming merupakan variasi dari elektronik brainstorming. Hal ini dapat dilakukan secara manual atau dengan komputer. Dalam directed brainstorming, setiap peserta diberi satu lembar kertas (atau bentuk elektronik) dan mengajukan pertanyaan brainstorming. Mereka diminta untuk menghasilkan satu respon dan berhenti, maka semua secara acak bertukar di antara para peserta. Para peserta diminta untuk melihat gagasan yang mereka terima dan untuk menciptakan ide baru yang meningkatkan pada bahwa ide berdasarkan kriteria awal.

4. Individual Brainstorming

Individu Brainstorming adalah penggunaan brainstorming secara soliter. Mencakup teknik menulis bebas (free writing), berbicara bebas (free speaking), asosiasi kata (word association), dan menggambar peta pikiran (drawing mind map), yang merupakan catatan visual dari proses brainstorming.

5. Group Passing Technique

Pada teknik ini Setiap orang dalam kelompok melingkar menuliskan satu ide pada satu potongan kertas, dan kemudian meneruskan potongan kertas tadi kepada orang berikutnya searah jarum jam, yang menambahkan beberapa pemikiran. Akan berhenti sampai semua orang mendapat potong kertas aslinya  kembali. Maka nantinya akan menciptakan sebuah Ide Buku (Idea Book) dan mempostingkan daftar ide ke buku. Pada halaman pertama adalah deskripsi masalah. Orang pertama yang menerima buku membuat daftar ide-nya dan kemudian diljalankan kepada orang berikutnya. Orang kedua bisa membuat ide-ide baru atau menambah ide-ide dari orang yang sebelumnya. Ini berlanjut sampai ada sebuah daftar idea dan idea yang dimunculkan tidak ada lagi.

6. Team Idea Mapping Method

Proses dimulai dengan topik yang terdefinisi dengan baik. Selama fase konsolidasi, peserta dapat menemukan pengertian umum tentang isu-isu saat mereka berbagi makna di balik ide-ide mereka. Selama sesi berbagi ini, ide-ide baru mungkin timbul oleh asosiasi, dan mereka ditambahkan ke peta. Setelah semua ide ditangkap, kelompok dapat memprioritaskan dan atau mengambil tindakan.

7. Question Brainstorming

Proses brainstorming disini berisikan pertanyaan-pertanyaan. Teknik ini merangsang kreativitas dan mendorong partisipasi semua orang karena tidak ada seorangpun yang dapat datang dengan jawaban. Jawaban atas pertanyaan membentuk kerangka kerja untuk membangun rencana aksi masa depan. Setelah daftar pertanyaan diatur, perlu untuk memprioritaskan mereka untuk mencapai solusi yang terbaik dalam cara yang teratur.

Dari tujuh variasi brainstorming di atas, mana yang cocok diterapkan pada tim Anda?

Kenalan dengan Program Akeyodia?

Silakan hubungi kami di telepon/WA ke nomor 08112652244 /08112652210, jika Anda tertarik mengadakan Training, 1 on 1 life coaching, 1 on 1 business coaching, konsultasi pribadi, dan seminar online.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp