08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Kinerja karyawan menjadi faktor penting untuk mengembangkan operasional bisnis perusahaan agar jauh lebih baik. Namun, ada masanya sebuah perusahaan menemukan karyawannya mengalami penurunan kinerja. Jika hal ini dibiarkan, maka akan semakin memperburuk kinerja tim dan mempengaruhi yang lain. Penurunan kinerja tersebut bukan tanpa alasan, banyak faktor yang mempengaruhinya. Perusahaan dituntut untuk mampu mendeteksi faktor-faktor tersebut lebih dalam. Lalu apa faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan? Berikut ini diantaranya :

 

1. Tidak Terfokus

Bagi sebagian orang, memiliki kemampuan multitasking memang merupakan solusi cerdas untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan sekaligus. Fakta tersebut benar adanya. Sayangnya, multitasking dapat mengurangi fokus dan kualitas dari hasil pekerjaan Anda. Sedangkan hasil dari pekerjaan yang buruk akan mempengaruhi proses bisnis perusahaan. Lalu bagaimana agar fokus? Anda perlu membuat daftar skala prioritas sederhana dan fokus menyelesaikan rangkaian tugas satu-satu berdasarkan tingkat urgensinya.

2. Kelelahan

Masalah lain yang dihadapi perusahaan adalah karyawan yang mengalami stress dan kelelahan (burnout). Ketika karyawan dikejar oleh kecemasan terkait pekerjaan, mereka kehilangan konsentrasi dan tidak mampu menyelesaikan tugasnya dengan baik. Alasan lain yang membuat tingkat stress meningkat dan akhirnya karyawan menjadi burnout adalah ketika terlalu terbebani dengan tugas yang datang sekaligus. Maka, segera diskusikan dan minta bantuan kepada tim dan atasan jika beban kerja dirasa terlalu banyak.

 

3. Tidak Nyaman dengan Lingkungan Kerja

Karyawan terkadang merasa tidak menjadi bagian dari perusahaan. Maka penting bagi pimpinan perusahaan untuk memastikan bahwa lingkungan dalam bisnis mereka menyambut baik karyawan baru dan tidak membuat mereka merasa kurang dihargai. Tim HR  mengkomunikasikan prinsip-prinsip dan nilai-nilai perusahaan terlebih dahulu kepada kandidat untuk memastikan bahwa kandidat mengerti dan memiliki motivasi untuk mengikuti prinsip dan nilai yang ada dalam perusahaan.

4. Anggota Tim yang Buruk

Terkadang ada anggota tim yang memiliki perilaku toxic, perilaku ini mungkin hampir sering ditemui di banyak tempat, dan membuat banyak karyawan menderita karenanya. Perilaku ini terjadi karena ada orang yang mencoba memanipulasi lingkungan kerja sehingga membuat yang lain tidak nyaman. Anggota tim yang terkena dampak akan tidak bahagia selama bekerja dan mulai mempertimbangkan untuk pindah ke perusahaan lain.

5. Terlalu Sering Rapat

Rapat memang berguna untuk memicu ide-ide untuk pertumbuhan dan evaluasi bisnis. Namun, jika rapat terlalu sering dilakukan justru akan menghabiskan banyak waktu kerja dan membuat karyawan tidak produktif.

Lalu bagaimana? Ada baiknya mengadakan pertemuan kecil harian di dalam tim, dimana tim bersama-sama melakukan review terkait apa yang akan dan telah dilakukan kemudian dilaporkan kepada manajer atau pimpinan. Strategi pertemuan kecil ini akan membuat manajer dan pimpinan perusahaan tetap update progress pekerjaan karyawannya tanpa rapat yang terlalu sering.

6. Buruknya Manajemen

Alasan selanjutnya mengapa karyawan memiliki produktivitas yang rendah adalah buruknya manajemen. Hal tersebut akan menurunkan motivasi mereka untuk memberikan yang terbaik bagi perusahaan di tempat mereka bekerja. Guna meningkatkan kinerja karyawan, hal terbaik yang dapat dilakukan adalah membangun tim di mana semua orang merasa dihargai dan bekerja menuju penyelesaian satu tujuan bersama.

Jika salah satu faktor di atas ada di perusahaan Anda, maka segeralah cari cara untuk menyelesaikannya agar tak berlarut dan justru menjadi masalah yang jauh lebih besar. Umumnya, perusahaan akan melakukan pelatihan kerja atau training. Dengan melakukan training, para karyawan dapat memiliki pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan sesuai dengan pekerjaan yang mereka lakukan.

 

Program Pelatihan Akeyodia

Silakan hubungi kami di telepon/WA ke nomor 08112652244 /08112652210, jika Anda tertarik mengadakan Training untuk Perusahaan/Instansi/Sekolah, Pelatihan untuk Masa Persiapan Pensiun, Seminar motivasi, 1 on 1 life coaching, 1 on 1 business coaching, konsultasi pribadi, dan seminar online.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp