08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Pensiun merupakan sebuah masa yang pasti akan tiba untuk semua karyawan, dari berbagai latar belakang pekerjaan maupun pendidikan. Sehingga dari sisi waktu, pensiun adalah sebuah perubahan yang dapat diprediksi. Namun cara memandang kehadiran masa tersebut masih beragam. Ada yang memandang masa pensiun sebagai masa yang kurang positif, sehingga muncul berbagai hal yang disebut post power syndrome dan dampak psikologis lainnya.

Untuk menghadapi pensiun, Anda perlu mengubah cara pandang dengan mempersiapkan aspek psikologis maupun fisik. Kesiapan merupakan elemen mendasar menjelang masa pensiun yang akan dihadapi nanti. Bagi yang akan memasuki usia pensiun, mereka perlu memahami perubahan yang terjadi, mengelola emosi dan motivasi berpikir positif. Disamping itu, mereka juga perlu memahami peluang bisnis, investasi, maupun merencanakan strategi  usaha dan membaca kesempatan yang ada.

Lalu bagaimana caranya agar dapat memasuki masa pensiun dengan bahagia?

#1. Persiapan Keuangan

Ketika memasuki masa pensiun tentu kebutuhan akan meningkat karena faktor kesehatan. Tapi pendapatan akan berkurang karena telah memasuki usia tidak produktif. Atas alasan tersebut, tabungan pensiun menjadi penting untuk masa depan. Jika Anda ingin menikmati masa tua dengan tenang, tentu saja menabung sejak dini sangat membantu mewujudkan situasi itu.

#2. Hidup Sehat

Semakin baik kesehatan seseorang, mereka semakin dapat mengalami masa pensiun yang bahagia. Sehingga saat ini banyak pensiunan memilih untuk fokus pada kesehatan dan kebugaran. Mereka memiliki lebih banyak waktu untuk fokus pada gaya hidup yang sehat seperti pola makan dan olahraga, dan menjalani gaya hidup sehat.

#3. Tujuan Hidup

Masa pensiun artinya akan ada banyak kebebasan, baik dari segi waktu atau rutinitas pekerjaan. Jika Anda tidak memiliki tujuan hidup yang baru, maka Anda dapat terserang kebosanan, depresi, dan stress. Hal tersebut sangat berdampak pada seseorang yang workaholic.
Anda dapat menghindari sumber ketidakbahagiaan ini dengan memikirkan apa tujuan hidup Anda setelah pensiun nanti. Menyiapkan diri untuk memulai bisnis, berternak, usaha argobisnis, memiliki kontrakan, membuka usaha bimbel, membuka jasa, membuka toko kelontong atau merintis usaha lainnya.

#4. Kegiatan Sosial

Ada yang mendedikasikan waktu dan keuangan di masa pensiun untuk membantu sesama. Hal ini tidak hanya menguntungkan mereka yang Anda bantu, tetapi juga dapat meningkatkan rasa sejahtera pada diri Anda sendiri. Pensiunan yang melakukan kegiatan sosial lebih memiliki tujuan yang kuat, harga diri yang tinggi, bahagia dan lebih sehat daripada mereka yang tidak melakukan apa-apa.
Selain itu, agar tetap bahagia dan sehat dalam masa pensiun, luangkan waktu untuk mengembangkan hubungan baru dan menjaga hubungan bersama teman-teman atau keluarga.

#5. Bersyukur

Jika uang pensiun Anda tidak sebesar yang Anda harapkan, percayalah bahwa itu tidak membuat Anda berada dalam kondisi yang tidak baik. Setidaknya Anda memiliki cukup untuk hidup dengan nyaman. Ada banyak cara untuk menikmati masa pensiun. Kuncinya adalah untuk fokus kembali pada apa yang Anda miliki, dan bersyukur atas hal tersebut.

Program Pelatihan Akeyodia

Silakan hubungi kami di telepon/WA ke nomor 08112652244 /08112652210, jika Anda tertarik mengadakan Training untuk Perusahaan/Instansi/Sekolah, Pelatihan untuk Masa Persiapan Pensiun, Seminar motivasi, 1 on 1 life coaching, 1 on 1 business coaching, dan konsultasi pribadi. Kami juga menyediakan jasa pelatihan secara online, konsultasi online dan seminar online.

Berikut adalah dokumentasi Training Masa Persiapan Pensiun Mampu & Sukses – Perencanaan Keuangan dan Kewirausahaan :




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp