08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Anda sudah tahu kan betapa pentingnya kenalan, jaringan, alias networking? Anda mungkin telah ‘memanfaatkan’ mereka di lingkaran pertemanan Anda untuk mendapatkan pekerjaan, mendapatkan klien baru atau bahkan beralih karier sepenuhnya?

Atau paling tidak, Anda mungkin mengenal seseorang yang memiliki sesuatu yang tidak ada miliki.

Namun terlepas dari manfaat jaringan yang begitu besar itu, banyak orang masih ragu untuk memulai membangun networking yang baik. Seringkali, ini karena mereka tidak tahu harus berkata apa.

Lagi pula, mendekati orang asing yang Anda tidak tahu apa-apa tentangnya, bisa sedikit menantang. Kira-kira apa yang terjadi kemudian?

Nah, lain kali Anda pun mendapati diri Anda bertanya-tanya, tentang kata-kata untuk diucapkan saat berjejaring. Gunakan salah satu dari pertanyaan ini untuk memulai percakapan dengan cepat dan tidak mengganggu orang lain.

1.“Apa yang membuat Anda bisa ke sini?”

Pertanyaan kenalan yang ‘ringan’ dan cenderung basa-basi ini adalah cara yang bagus untuk memulai percakapan. Dalam sebuah konferensi, misalnya.

Pertanyaan ini menunjukkan bahwa Anda tertarik pada orang lain dan tidak hanya mencoba mencari tahu bagaimana mereka dapat menguntungkan Anda. Menunjukkan minat dan antusiasme Anda pun bisa jadi kunci untuk menciptakan kesan yang baik dan membuat diri Anda diingat.

Respons mereka akan memberi Anda kesan tentang apa yang sedang mereka kerjakan dan apa yang ada di pikiran mereka. Itu akan mengarahkan Anda untuk memperluas topik percakapan dan mencari tahu bagaimana Anda dapat menambah nilai bagi mereka. Mereka juga kemungkinan akan mengajukan pertanyaan kepada Anda sebagai balasan.

2.“Bagaimana peran Anda dalam industri / perusahaan Anda?”

Setelah Anda tahu lebih banyak tentang latar belakang profesional seseorang, tanyakan kepada mereka bagaimana mereka memulainya. Ini dapat memberikan informasi yang berharga bagi Anda, serta membuat Anda tampak lebih disukai. Memahami lebih banyak tentang perjalanan mereka menuju peran mereka sekarang, itu bisa menambah wawasan yang sangat baik tentang apa yang mungkin perlu Anda lakukan.

3.Tidak Hanya Bicara tentang Kepentingan Sendiri

Kesan pertama memang penting. Hal terbaik yang dapat Anda lakukan kemudian, selain menjadi orang baik, adalah menunjukkan bagaimana Anda berpikir dan apa yang Anda ketahui tentang hal-hal umum. Ini membantu mengarahkan percakapan dan memberi tahu lawan bicara Anda bahwa Anda memperhatikan apa yang sedang terjadi di dunia dan tidak hanya berfokus pada diri Anda sendiri dan kemajuan Anda. Ini adalah salah satu cara yang bagus untuk menunjukkan kepada orang yang Anda ajak bicara bahwa Anda berpengetahuan luas dan bijaksana.

4.Jangan Serius Melulu. Coba Obrolan Ringan!

Orang-orang akan jauh lebih nyaman berbagi cerita tentang apa yang mereka senangi, daripada berbagi kontak mereka. Tentu saja. Dan keduanya bisa sangat berharga. Pada intinya, networking adalah tentang membentuk koneksi dengan orang lain, jadi jangan takut untuk beralih ke obrolan ringan. Misalnya: ‘bagaimana Anda menghabiskan waktu di luar pekerjaan?’

Pertanyaan seperti itu membantu orang membuka, dan membuatnya jelas bahwa Anda tidak mengharapkan interaksi menjadi murni transaksional. Jika Anda beruntung, mereka akan bertanya apakah Anda tertarik dan kemudian memberi Anda kartu nama untuk ditindaklanjuti setelah acara.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp