08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Anda pernah mendengar quote ini sebelumnya: “Follow your passion”? Atau bahkan malah sangat sering. Passion memang seperti bahan bakar, tapi passion bukanlah segalanya.

Menurut Morten Hansen, penulis buku Great at Work sekaligus Profesor di UC Berkeley, passion saja tidak cukup. Kita juga perlu memikirkan sisi lainnya, yaitu purpose.

Jika passion berarti mengerjakan apa yang kita cintai, maka purpose berarti mengerjakan apa yang orang lain butuhkan. Jika passion berarti mengerjakan apa yang bermanfaat bagi kita, maka purpose berarti mengerjakan apa yang bermanfaat bagi orang lain.

Passion cenderung fokus pada diri sendiri, dan purpose berarti fokus pada orang lain. Mencari pekerjaan atau bisnis yang memenuhi passion dan purpose adalah salah satu kunci kesuksesan.

 

Ada ada 6 Macam Passion dan 3 Level Purpose

Dalam buku Great at Work, Morten Hansen menyebutkan ada 6 macam passion, apa saja?

  1. Intrinsic Passion: menyukai suatu hal/pekerjaan, karena menikmati mengerjakan tugas-tugas itu setiap hari.
  2. Achievement Passion: menyukai suatu hal/pekerjaan, karena menikmati pengalaman mencapai kesuksesan/hasil.
  3. Creative Passion: menyukai suatu hal/pekerjaan, karena menikmati proses kreatif di pekerjaan itu.
  4. People Passion: menyukai suatu hal/pekerjaan, karena menikmati bekerja dengan berbagai jenis orang.
  5. Learning Passion: menyukai suatu hal/pekerjaan, karena pekerjaan memberi peluang belajar dan bertumbuh secara personal maupun profesional.
  6. Competence Passion: menyukai suatu hal/pekerjaan, karena pekerjaan ini memberi kesempatan untuk melakukan apa yang terbaik/yang saya bisa setiap hari.

Kita tidak perlu memiliki 6 macam passion tersebut. Seringkali, 2-3 macam passion saja sudah cukup. Atau bahkan 1 macam passion, jika ditekuni.

 

Sementara itu, purpose terdiri dari 3 level, apa saja?

Level 1: Bisa berkontribusi pada orang lain dengan memberi value (dan tidak merugikan orang lain).

Level 2: Bisa menemukan makna dari aktivitas kita.

Level 3: Menciptakan perbedaan dengan misi sosial.

 

Passion dan Purpose dalam Bekerja

Lalu bagaimana jika pekerjaan Anda saat ini tidak cocok dengan passion dan purpose? Lakukan tiga hal berikut.

 

1.Temukan peran baru yang dapat Anda lakukan

Selalu ada peluang di tempat yang sama dengan Anda berada saat ini. Yang perlu Anda lakukan adalah memikirkannya.

2.Perluas definisi passion Anda

Passion tidak hanya terkait dengan kesenangan akan tugas-tugas. Passion bisa muncul dari pencapaian, kreativitas, orang-orang, pembelajaran atau kemampuan.

3.Naikkan tingkatan purpose satu per satu

Mulai dari berkontribusi dan tidak merugikan orang lain, lalu mencoba menemukan makna terkait apa yang Anda lakukan sampai akhirnya Anda bisa melakukan sebuah misi sosial untuk menciptakan perbedaan di dunia ini.

Bekerja sesuai passion, seringkali disebut sebagai kunci sukses. Sayangnya, pada kenyataannya kita juga banyak melihat orang-orang yang sangat menyukai sesuatu namun tidak menghasilkan apa-apa. Beberapa secara gegabah keluar dari pekerjaannya sebelumnya demi mengejar passion-nya. Namun mereka berakhir dengan tidak memiliki pekerjaan apapun di akhirnya.

Tidak semua passion bisa dijadikan bisnis. Kita perlu mentransformasikan passion kita agar bermanfaat bagi orang lain. Jadi, bagaimana menurut Anda?

Referensi: Buku Great at Work dan Channel Telegram ‘Bedah Buku Bisnis’



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp