08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Sebelum membahas tentang loyalitas karyawan, kita akan membahas dulu tentang perasaan antusias seseorang dalam pekerjaannya. Faktor inilah yang membuat jasa pelatihan karyawan begitu dibutuhkan. Tapi, adakah yang lebih penting dan mendasar? Sebelumnya, kita lihat dulu yang satu ini.

 

87 % Karyawan Tidak Menikmati Pekerjaannya?

Media forbes.com yang terkenal itu menyatakan bahwa hanya 13 persen dari pekerja yang betul-betul menikmati pekerjaannya. Bagaimana dengan 87 persennya? Bahkan mereka merasakan kurang antusias, frustasi, dan kurang menikmati dengan pekerjaannya.

Tentu kita boleh untuk tidak percaya begitu saja dengan berita di atas, sampai pada saatnya kita mengalami sendiri. Kenyataannya, perasaan kurang antusias pada pekerjaan yang dilakukan itu terjadi seiring dengan godaan untuk mencari pekerjaan yang lebih baik.

 

Menumbuhkan Sense of Belonging

Hal mendasar itu adalah sense of belonging, yaitu ketika seseorang ada rasa memiliki, merasa diterima, dan diakui sebagai bagian dari suatu kelompok. Menurut Abraham Maslow dalam teorinya Maslow’s hierarchy of needs, Sense of belonging ini posisinya berada setelah kebutuhan fisiologis dan rasa aman.

Baik di dalam kelompok besar maupun kelompok kecil, manusia butuh untuk memiliki sense of belonging dan merasa diterima di dalam kelompok sosial mereka. Selain ke dalam kehidupan di dunia kerja, sense of belonging pun dapat memberi dampak yang positif di dalam banyak hal. Sense of belonging akan membuat performa kerja para anggota tim menjadi lebih kreatif dan profesional, membuat anggota tim suatu organisasi memiliki etos kerja yang tinggi, dan hasilnya kan lebih optimal.

Sense of belonging juga mengubah kesan keterikatan orang dengan organisasi, dari sekadar ‘transaksional’ menjadi semacam ada ‘ikatan batin’. Jadi ketika karyawan memiliki sense of belonging ia akan menganggap urusan kerja pun penting, sebagaimana urusan dengan keluarganya, alias sama jadi prioritas. Ketika sense of belonging pada pekerjaannya sudah kuat, maka saat itulah loyalitas dan sikap antusias bukan lagi menjadi gagasan yang normatif.

Jika Anda membutuhkan jasa pelatihan karyawan untuk menumbuhkan sense of belonging dan performa kerja, hubungi marketing kami di nomor 0811-265-2244.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp