08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Mengumpulkan modal adalah bagian penting dalam memulai usaha sendiri. Karena itu, mencari pendanaan dari investor tentunya menjadi pilihan, khususnya bagi pemilik startup. Tapi, itu bukan hal yang mudah, sebab seorang investor pasti sangat jeli menilai apakah startup itu layak diberi investasi. Saat para pengusaha pemula berusaha meyakinkan investor untuk ‘berinvestasi untuk mimpinya’, investor pun membuat keputusan tentang pekerjaan dan impian pengusaha baru tersebut.

 

Apakah Mungkin Ditolak karena Alasan Pribadi?

Terkadang, alasan penolakan terkesan jadi bersifat pribadi. Kemampuan Anda untuk membuat seorang investor terkesan, bisa jadi terkait kecocokan dalam membangun hubungan. Itulah kemampuan Anda untuk terhubung secara pribadi.

Visi Anda mungkin masuk akal dan bahkan sangat kuat. Tetapi jika tidak ada kesamaan frekuensi antara Anda dan investor, itu mengurangi peluang untuk didanai. Ada sifat-sifat tertentu yang ingin dilihat oleh setiap investor pada diri wirausahawan, tentu saja. Investor mengamati dengan cermat rekam jejak Anda.

Mereka tertarik pada wirausahawan yang cerdas, percaya diri dan karismatik. Ciri-ciri ini penting karena mereka juga bisa menjadi tanda pengusaha yang sukses. Pengusaha yang membuat kesan kuat yang baik pada seorang investor kemungkinan akan membuat kesan yang baik pada karyawan, mitra, dan pelanggan potensial.

 

Mendapat Kata ‘Tidak’ Bukan Akhir dari Impian

Beberapa pemilik usaha yang sukses, ternyata sudah sangat terbiasa mendengar kata tidak. Hanya saja tidak semua orang mengetahuinya. Begitu juga saat Anda berada di fase ini, mendapat kata ‘tidak’ dari seorang investor itu bukan berarti akhir dari impian Anda, terutama jika Anda benar-benar percaya pada apa yang Anda coba bangun.

Pastikan bahwa Anda meningkatkan keahlian di bidang usaha Anda, belajar sebanyak mungkin tentang hal itu, tidak hanya dengan menjelajahi website. Anda juga bisa menjadi jauh lebih berpengalaman, dengan mewawancarai para ahli atau pelanggan potensial, bahkan berinteraksi dengan kompetitor, menghadiri konferensi, networking, yang luas, dst.

Sebenarnya, ini adalah salah satu pelajaran penting yang juga dipelajari para investor saat menghadapi para pendiri startup. Bahwa perjalanan kewirausahaan adalah perjalanan yang penuh gerilya. Saat sebuah bisnis telah berhasil mengumpulkan modal, tentu saja diperlukan kegigihan.

Ada alasan lain untuk penolakan yang sepertinya butuh strategi yang cukup matang. Pemilihan waktu adalah salah satunya. Seorang investor mungkin baru saja menyelesaikan beberapa transaksi, dan mungkin belum akan membuka untuk yang baru, tidak peduli seberapa hebat idenya. Investor juga lebih suka berinvestasi di sektor yang jelas banyak disukai dan dibutuhkan orang banyak.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp