08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Pada artikel sebelumnya yang berjudul “90% Potensi Manusia Masih Terpendam dan Dibiarkan Sia-Sia! (RAS Part 1)” sudah dibahas tentang hubungan potensi diri dengan kehidupan serta disinggung sedikit tentang Otak Triune yang dikemukakan pertama kali oleh Dr.Paul MacLean. Nah kali ini akan dibahas tentang hubungan otak manusia dengan RAS dan tentang kriteria RAS.

 

Lalu apa hubungannya Otak Manusia dengan RAS?

Reticular Activating System (RAS) ialah suatu bagian otak manusia yang berupa struktur longgar neuron yang menghubungkan jaringan saraf tulang belakang dan seluruh bagian otak. RAS merupakan sekumpulan syaraf nuclei pada sumbu batang otak yang berfungsi menerima masukan informasi dari semua pancaindra dan dari bagian otak lainnya  dan menyaringnya. Informasi yang relevan akan ditahan di otak sadar dan prasadar sedangkan yang kurang relevan dikirim ke bagian alam bawah sadar.

RAS merupakan semacam katup antara Alam Sadar dan Alam Bawah Sadar, dan RAS mengendikan arus yang masuk maupun keluar dari gudang informasi yang luar biasa luasnya pada Alam Bawah Sadar manusia. Pada saat Anda berada dalam situasi panik, gugup, tidak percaya diri, atau beban pikiran terlalu banyak, akan membuat katub RAS mengunci rapat, sehingga memungkinkan pikiran Anda justru mengalami jalan buntu.

Sebaliknya pada saat Anda tenang dan mencapai kondisi relaksasi, maka katup RAS akan membuka, menjadi celah untuk masuk dan keluarnya arus data dari alam pikiran bawah sadar menuju alam pikiran sadar, atau sebaliknya dari alam pikiran sadar menuju alam pikiran bawah sadar.

RAS menjaga agar otak tidak overloaded dengan informasi dari kelima panca indera dengan cara memilah, menggeneralisasi, atau membuang informasi yang tidak sesuai dengan Kriteria RAS.

Apa itu Kriteria RAS?

Untuk dapat menyaring stimulus dari dunia luar, ada istilah Kriteria RAS, yang terdiri dari :

 

-. Belief System

Yang termasuk dalam belief system adalah keyakinan, nilai yang dianut, (objek) cinta dan (objek) benci, citra diri, cita-cita, dan keragu-raguan.

 

-. Social-Animal Needs

Hal yang masuk dalam social-animal needs seperti tanda-tanda vital tubuh, struktur sistem saraf, naluri bertahan hidup, naluri teritorial, naluri konfirmasi sosial, rasa takut dan waswas, dst.

Baca juga artikel sebelumnya tentang “90% Potensi Manusia Masih Terpendam dan Dibiarkan Sia-Sia! (RAS Part 1)” dan artikel lanjutan “Apa Hubungan Gelombang Otak Manusia dengan Reticular Activating System! (RAS Part 3)”.

Mengenal Program Kami?

Silakan hubungi kami di telepon/WA ke nomor 08112652244 /08112652210, jika Anda tertarik mengadakan Training, Seminar motivasi, 1 on 1 life coaching, 1 on 1 business coaching, konsultasi pribadi, dan seminar online.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp