08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menjelaskan beberapa gejala awal orang yang terinfeksi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19), yaitu demam, kelelahan, dan batuk kering. Namun beberapa pasien juga mengalami sakit dan nyeri, hidung tersumbat, pilek, sakit tenggorokan atau diare. Gejala-gejala ini biasanya ringan dan mulai secara bertahap meningkat. Beberapa orang bisa terinfeksi tetapi tidak menunjukkan gejala apa pun dan merasa tidak enak badan.

 

Apa yang Anda pahami tentang Coronavirus Disease 2019 (COVID-19)?

Memang pada kebanyakan orang (sekitar 80%) akan pulih dari penyakit tanpa perlu perawatan khusus. Namun untuk orang yang lebih tua, dan mereka yang memiliki masalah medis yang penyertai seperti tekanan darah tinggi, masalah jantung atau diabetes, lebih mungkin untuk berkembang menjadi penyakit yang serius.

Orang dengan demam, batuk dan kesulitan bernapas harus mencari pertolongan medis. Pemerintah Indonesia telah menerbitkan Protokol Kesehatan berdasarkan Surat Edaran Menteri Kesehatan nomor HK.02.01/MENKES/199/2020 tentang Komunikasi Penanganan Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) dan apa yang harus dilakukan jika Anda atau orang terdekat di sekitar Anda menunjukkan gejala awal virus corona COVID-19.

 

Isolasi atau Karantina Diri Anda

Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) hingga hari ini sudah menginfeksi ratusan ribu orang di dunia, dan mengakibatkan banyak orang meninggal. Apabila Anda memiliki gejala yang mengarah pada infeksi COVID-19 ada baiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter dan sebaiknya mengisolasi atau mengarantina diri hingga kondisi Anda membaik. Mengarantina diri berarti tetap tinggal di rumah dan menjauhkan diri dari segala aktivitas sosial yang biasa Anda lakukan seperti tidak pergi bekerja, ke sekolah, ke berbagai acara atau pertemuan sosial lainnya.

Namun, hal ini hanya berlaku pada Anda yang memang baru saja melakukan perjalanan hingga 14 hari ke luar negeri yang terindikasi virus COVID-19 atau terindikasi memiliki gejala infeksi. Dari laman Live Science, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menjelaskan bahwa isolasi diri sendiri ini berlaku pada seseorang yang menunjukkan gejala COVID-19 yang berisiko sedang (midle risk).

 

Apa yang Dilakukan?

Untuk megetahui apakah Anda termasuk orang yang mengalami midle risk, lakukan pengecekan kesehatan ke rumah sakit. Jika tubuh Anda menujukkan gejala terpapar wabah virus, maka lakukan beberapa hal berikut :

  1. Tinggal sejauh mungkin dari orang lain di rumah Anda, tinggal di kamar terpisah dan menggunakan kamar mandi terpisah jika tersedia.
  2. Batasi kontak dengan hewan peliharaan Anda, karena ada kemungkinan kecil manusia dapat menularkan penyakit ke hewan peliharaan. Meskipun hanya satu kasus penularan semacam itu telah dilaporkan yaitu pada anjing Pomeranian di Hong Kong yang hidup dengan seorang wanita yang didiagnosis menderita COVID-19.
  3. Tidak boleh ada kunjungan kecuali orang itu sangat perlu sesuatu di rumah Anda.
  4. Atur agar belanjaan dan perlengkapan mandi dikirimkan ke rumah Anda.
  5. Pakai masker wajah jika Anda harus berada di sekitar orang lain, seperti saat berkendara ke klinik atau rumah sakit.
  6. Ketika Anda batuk atau bersin tutupi mulut dan hidung Anda dengan tisu. Segera buang tisu ke tempat sampah, cuci tangan Anda dengan sabun dan air setidaknya selama 20 detik. Jika tidak, bersihkan dengan pembersih tangan yang memiliki alkohol setidaknya 60 persen.
  7. Hindari berbagi barang-barang rumah tangga, termasuk gelas minum, peralatan makan, handuk atau bahkan tempat tidur. Cuci barang tersebut dengan seksama setelah digunakan.
  8. Selalu bersihkan semua barang yang Anda sentuh seperti meja, gagang pintu, perlengkapan kamar mandi, toilet, telepon, keyboard, dll.
  9. Bersihkan segala permukaan yang mungkin terkontaminasi dengan darah, tinja atau cairan tubuh apa pun.
  10. Bagian ruang di rumah harus memiliki aliran udara yang baik, gunakan AC atau jendela yang terbuka.
  11. Lanjutkan memantau gejala Anda. Jika kondisinya memburuk, seperti Anda mulai mengalami kesulitan bernafas, hubungi penyedia layanan kesehatan Anda.

 

Semoga kita semua sehat selalu dan dalam lindungan Tuhan Yang Maha Kuasa



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp