08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Sebagai orang tua, Anda tentu juga merasa perlu untuk mengedukasi anak Anda tentang Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). Mengedukasi dapat membantu anak untuk mengatasi kecemasan terhadap virus tersebut. Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) dapat menyerang siapa saja. Oleh karena itu, menjaga kesehatan dan kebersihan menjadi hal utama yang  perlu dilakukan oleh masyarakat, termasuk anak-anak Anda.

 

Menjawab Kebingungan

Sebagai orang tua, tentu sering kali bingung untuk menjelaskan kepada anak, apalagi nama Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) sangat asing dan merupakan virus jenis baru. Kekhawatiran terhadap wabah ini akan membuat anak-anak mengalami kecemasan apabila orang tua tidak segera menjelaskan dengan baik. National Association of School Psychologist (NASP), menjelaskan bahwa membantu anak-anak mengatasi kecemasan terhadap wabah memerlukan penyediaan informasi dan fakta pencegahan yang akurat tanpa menimbulkan kepanikan yang tidak perlu.

Artinya, para orang tua diharuskan untuk menguasai apa itu Coronavirus Disease 2019 (COVID-19), gejala yang menyertainya dan pencegahan, hingga penanganannya sebelum menjelaskannya kepada anak. Anak akan mencari bimbingan dari orang dewasa terkait bagaimana untuk bersikap menghadapi wabah ini. Jika orang tua tampak terlalu khawatir, kecemasan anak-anak dapat meningkat. Orang tua harus meyakinkan anak-anak bahwa pemerintah, petugas kesehatan dan sekolah sedang bekerja keras untuk memastikan bahwa semua akan tetap baik-baik saja. Ajarkan anak cara-cara yang efektif untuk mencegah penularan Coronavirus Disease 2019 (COVID-19).

 

Apa yang Dapat Diajarkan?

Ajarkan anak untuk lebih rajin mencuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik. Jika sabun dan air tidak tersedia, gunakan pembersih tangan. Cari yang berbasis alkohol 60 persen atau lebih tinggi. Dan awasi penggunaan cairan pembersih tangan tersebut sebab terdapat resiko keracunan apabila tidak digunakan dengan benar.

Jangan lupa juga untuk menjauhkan anak-anak Anda dari orang yang sakit. Untuk sementara waktu, jaga anak Anda untuk tetap di rumah jika mereka sakit. Ajari mereka untuk menutup mulut ketika batuk atau bersin atau menggunakan tisu. Namun, dapat pula mereka mengenakan lengan atau siku mereka untuk menutup mulut ketika batuk dan bersin.

Bersihkan benda dan permukaan rumah tangga di rumah Anda. Hindari menyentuh wajah Anda dan ajari anak untuk melakukan hal yang sama. Untuk sementara waktu, usahakan tidak bepergian ke daerah yang terdapat kasus Coronavirus Disease 2019 (COVID-19).

Pastikan untuk mengkomunikasikan apa yang Anda tahu sebagai orang tua kepada anak Anda sehingga mereka tidak akan mengalami kecemasan dan memahami situasi yang terjadi.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp