08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Akhir-akhir ini meningkatnya kasus penularan Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) membuat dampak yang cukup signifikan terutama dibidang kesehatan, saat ini banyak sekali dibutuhkannya tenaga kesehatan. Situs Glassdoor mencatat, lowongan pekerjaan di bidang kesehatan meningkat dua kali lipat, terutama lowongan perawat, dokter, obat-obtan (apoteker), dan biotek. Dalam melakukan perekrutan mereka tidak bisa asal-asalan, harus ada sejumlah hal yang harus dipenuhi. Lalu bagaimana jika ingin  mengetahui kandidat pelamar dengan cara wawancara?

 

Metode Virtual Menjadi Pilihan

Memang sekarang banyak perusahaan yang mengeluarkan kebijakan untuk bekerja di rumah (Work From Home) dan menggunakan metode virtual untuk keperluan rapat atau meeting. Namun metode ini tidak hanya efektif untuk keperluan rapat atau meeting saja. Hal ini juga dapat berlaku bagi perusahaan yang ingin melakukan rekruitmen,  metode virtual dapat dipilih untuk memenuhi proses rekrutmen karyawannya sesuai kebutuhan perusahaan Anda.

Perusahaan teknologi besar seperti Amazon, Google, Facebook, Page Group dan Robert Walters, adalah perusahaan global yang mengumumkan langkah ke wawancara kerja online selama pandemi. Aplikasi konferensi video, termasuk WeChat Work, Zoom dan Slack, dll, telah meningkat hampir lima kali lipat sejak awal tahun.

Dikutip dari dari CNBC.com, Manajer Komunitas Glassdoor, Jo Cresswell, mengatakan proses wawancara secara virtual ini dalam upaya mengurangi dampak penularan dari Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) dan dapat mempertahankan kelangsungan bisnis perusahaan.

Jo Cresswell dan Petter Baskin juga membagikan tips wawancara bagi calon karyawan dan pewawancara yang dilakukan secara virtual:

 

Untuk Calon Karyawan

#1. Pastikan Koneksi Internet Tersambung : Pastikan koneksi internet Anda dan program konferensi video berfungsi baik sebelum wawancara.

#2. Gunakan Pakaian yang Rapi : Berpakaian dapat menjadi cermin kecerdasan seseorang.

#3. Siap diri : Berlatihlah berbicara atau memberi tanggapan kepada pewawancara, serta siap pertanyaan.

#4. Tunjukkan kepribadian baik : Lakukan kontak mata, sering-seringlah tersenyum kepada pewawancara untuk menunjukkan antusiasme Anda.

#5. Minimalisir gangguan : Seperti gangguan dari ponsel atau orang disekitar Anda

#6. Follow up : Kirim pesan terima kasih atas waktu yang diberikan

Untuk HRD/Owner/Pewawancara

  1. Siapkan diri

Pahami CV yang pelamar kirim dan sesuaikan pertanyaan dengan posisi yang ia pilih. Dan, tentu saja jangan lupa untuk memeriksa koneksi internet dan aplikasi video yang digunakan.

  1. Miliki strategi

Pikirkan baik-baik tentang keterampilan dan atribut yang Anda cari dalam diri calon karyawan dan rancang pertanyaan yang menggali potensi dari calon karyawan tersebut.

  1. Berkomunikasi secara terbuka

Jaga agar calon karyawan mendapat informasi dengan baik di setiap tahap proses wawancara. Dan berikan kesempatan untuk menjawab setiap pertanyaan yang Anda ajukan.

  1. Minimalisir gangguan

Hormatilah kandidat dan hindari gangguan dari diri Anda.

  1. Perkuat Mengenai Pengetahuan Perusahaan

Pastikan Anda menyampaikan pesan yang konsisten tentang misi dan nilai-nilai perusahaan.

  1. Berikan waktu kepada kandidat

Jeda untuk memastikan kandidat selesai dengan tanggapan mereka, sebelum beralih ke pertanyaan berikutnya untuk menghitung keterlambatan waktu dan kurangnya respon dari mereka.

Semoga Mendapatkan Karyawan yang Tepat dan Sesuai dengan Visi, Misi, Value Perusahaan Anda



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp