08112652210 / 08112652244 [email protected]

Ada saatnya kita ingin memiliki banyak kemampuan. Bisa melakukan banyak hal dalam waktu yang sedikit. Bisa melakukan beberapa hal di saat bersamaan. Saat berbicara soal hal yang paling penting dalam hidup pun, bukankah yang ‘banyak’ belum tentu ‘baik’.

Meskipun memiliki banyak kemampuan itu terlihat hebat, tapi dari semua kemampuan itu manakah yang menjadi identitas kita? Bidang manakah yang dikuasai secara mendalam?

Prinsip ‘fokus pada satu hal’, sebenarnya bukan hal baru. Bukankah pencapaian terbaik kita bersumber dari satu bidang yang ditekuni?

Dalam dunia entrepreneurship juga seringkali begitu. Sebagian besar keuntungan, bersumber dari sedikit program yang dijalankan. Prinsip utama dari masalah fokus ini adalah bahwa seringkali hanya ada sedikit hal yang berpengaruh besar terhadap hidup kita. Bahkan, pemahaman terhadap satu bidang yang mendetail itulah yang akan membuat seseorang mampu membuat karya-karya besar.

 

Bagaimana cara ketika ingin fokus di salah satu bidang? Coba Anda jawab pertanyaan-pertanyaan berikut.

Aktivitas Apa yang paling Anda Minati Selama Ini?

Inilah clue pertama: ke mana Anda harus memfokuskan diri? Aktivitas apa yang paling Anda minati selama ini? Coba sejenak luangkan waktu Anda untuk memikirkan apa yang Anda suka dan apa alasannya. Perhatikan kembali tentang kegiatan sekolah, komunitas, peran-peran kerelawanan, atau ekstrakurikuler yang pernah Anda lakukan.

 

Buat Daftar Hal-hal yang Menjadi Kekuatan Terbesar Anda

Ketika sudah menemukan jawaban pertanyaan nomor 1, dan menemukan lebih dari satu jawaban, maka lakukan yang berikut ini. Kalau perlu bertanyalah kepada teman-teman dekat Anda, atau siapapun orang yang Anda percaya. Tanyakan pada mereka, bagaimana sosok diri Anda di mata mereka? Ini bisa membuat Anda semakin yakin: apa yang menjadi kekuatan terbesar Anda.

 

Di mana Anda Biasanya Menghabiskan Waktu?

Sekarang, lihat semua informasi yang sudah Anda dapatkan. Apa yang telah Anda pelajari mengenai kelebihan Anda? Kalau masih belum puas, coba ingat baik kebiasaan Anda. Apa hobi, kegiatan, atau tugas yang membuat Anda menikmati momen tersebut? Meskipun memakan waktu lama, tapi Anda tidak merasa rugi. Nah, di situlah Anda harus memfokuskan diri.  Jadi, Anda ingin fokus dan memaksimalkan bidang apa?



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp