08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Pada akhirnya, orang yang cerdas secara emosional menentukan apa prioritas mereka dan menyadari bahwa mereka mungkin harus menolak beberapa permintaan untuk fokus pada komitmen mereka. Apakah Anda memiliki salah satu kualitas yang tercantum di tulisan sebelumnya dan pada tulisan ini? Jika demikian, maka selamat, Anda bermental tangguh dan memiliki kecerdasan emosi.

Selain menyadari perasaan diri sendiri dan perasaan orang lain, orang dengan kecerdasan emosional yang kuat juga memiliki kemampuan untuk ‘menentukan suasana hati’ kelompoknya.

Misalnya, ketika melihat bahwa tim sedang stuck atau kewalahan dalam tugas-tugas mereka, para pemimpin hebat akan mengembalikan tim ‘ke jalurnya’. Mereka akan memicu semangat di antara tim, tapi tidak menyalahkan mereka. Evaluasi singkat tentang apa yang salah, tanpa terpaku pada kesalahan adalah salah satu ciri khas seorang pemimpin dengan mental tangguh.

 

Bisa Membedakan antara Keinginan dan Kebutuhan

Ada perbedaan besar antara apa yang Anda inginkan dan apa yang Anda butuhkan. Orang yang memiliki kecerdasan emosi, tentunya bisa membedakan antara keinginan dan kebutuhan mereka sehingga mereka dapat menetapkan tujuan yang tepat.

Dengan menggunakan “Hierarchy of Needs” dari Abraham Maslow, artinya Anda memenuhi kebutuhan dasar Anda seperti makanan, air, keselamatan, dan keamanan terlebih dahulu. Jika kebutuhan itu tidak terpenuhi, lalu bagaimana Anda bisa mengejar hal-hal yang Anda inginkan, seperti mobil mewah baru atau gadget baru yang canggih?

 

Mereka Tahu Kapan Harus Mengatakan “Tidak”

Jujur saja, apa yang Anda rasakan ketika menerima kata ‘tidak’, atas sesuatu yang Anda inginkan? Kebanyakan orang mungkin akan tidak mudah untuk mendengar atau mengucapkan kata ‘tidak’. Untuk alasan ini, mungkin sulit bagi banyak orang untuk menolak undangan ke acara-acara sosial dan memberi tahu rekan Anda bahwa Anda tidak punya waktu untuk membantu mereka menyelesaikan proyek.

Masalahnya adalah, Anda perlu mengetahui batasan Anda dan menyadari bahwa Anda tidak dapat menghadiri setiap acara atau membantu semua orang dengan prioritas mereka. Anda bisa memilih, walau harus membatasi diri dan seolah tidak punya waktu untuk beberapa hal, setidaknya Anda mengerjakan apa yang paling penting bagi Anda secara pribadi. Bahkan jika itu hanya menghabiskan membaca Sabtu, mengunjungi museum, atau menonton film yang menginspirasi.

Orang yang cerdas secara emosi tahu bagaimana mengatakan “tidak” dengan menawarkan respons yang lebih sopan, seperti “Saya akan memutuskan, setelah saya memeriksa kalender, apakah saya ada agenda atau tidak,” Ketika ada situasi yang membutuhkan respons segera, mereka juga cenderung jujur dan transparan, termasuk harus bersikap jujur tentang mengapa tidak dapat menghadiri pesta teman Anda.

Tetapi, bagaimana jika Anda tidak memiliki sifat-sifat ini? Bagaimana Anda akan memengaruhi perubahan Anda sendiri? Kabar baiknya adalah Anda dapat mengembangkannya seiring waktu.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp