08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Apakah Anda berkeinginan menjadi importir? Atau malah saat ini Anda sedang merintisnya? Importir sendiri adalah orang atau lembaga perantara dagang yang mendatangkan barang dari luar negeri. Barang yang diimpor tersebut dapat digunakan sebagai produksi atau untuk tujuan konsumsi. Importir juga berarti orang atau lembaga yang melakukan kegiatan impor. Menjadi importir memang dapat mendatangkan banyak keuntungan.

Namun, Anda perlu berhati-hati jika ingin menjadi importir. Urusan perizinan dan bea cukai dapat menjadi salah satu kendala. Dan jika Anda ingin mendapat banyak pelanggan, Anda tentu memerlukan kemampuan dan kejelian untuk ‘membeli’ dari luar negeri. Bagi Anda yang ingin belajar menjadi importir, simak tips di bawah ini:

#1. Cari Market

Anda harus mencari target market yang ingin dituju secara spesifik atau bisa disebut Market Niche jika ingin menjadi importir. Dimana Anda memahami faktor demografi dan kebiasaan market. Faktor demografi sendiri dimulai dari jenis kelamin, umur, wilayah yang ingin dituju, dll. Kebiasaan market dapat diartikan sebagai People’s Buying Behavior, dimana Anda memahami bahwa kebiasaan setiap orang dalam membeli berbeda-beda.

Di awal, mulailah dengan menganalisa secara jelas dan spesifik, sehingga Anda akan mengerti kebutuhan mereka dan bagaimana cara menjualnya. Setelah tahu permasalahannya, disitu Anda membawa produk impor sebagai penyelesaian untuk masalah mereka.

 

#2. Partner Terpercaya

Apabila urusan legalitas dan mendirikan usaha importir sudah selesai, Anda perlu mencari partner. Partner tersebut adalah partner yang dapat diajak kerja sama di luar negeri. Manfaat menjadi partner ini adalah Anda mendapatkan informasi terupdate soal produk yang mereka hasilkan. Selain itu, Anda juga mendapatkan paket harga khusus. Anda juga bisa mendapatkan akses khusus seperti garansi, promosi dan limited edition dari produk mereka.

#3. Tes Produk

Untuk menjadi importir sukses Anda perlu melakukan Product Testing. Dimana dalam fase ini Anda sudah menemukan produk yang ingin dijual yang dapat menyelesaikan permasalahan market. Namun, karena Anda belum tahu seberapa banyak peminat dari produk tersebut, maka Anda menguji dan menganalisa terhadap Buying Behavior market Anda.

Maka jangan langsung terburu-buru dan langsung menginvestasikan uang secara penuh tanpa tes produk terlebih dahulu. Karena sebenarnya banyak permasalahan baru yang akan dihadapi hingga mengalami kerugian jika Anda tidak melakukan analisa tes produk. Saat produk Anda tes dalam jumlah kecil masih kurang berpotensi untuk dijual di market, maka ada baiknya Anda mengulang lagi dari step pertama, sampai tes produk memiliki nilai analisa yang baik.

 

#4. Kunci Market

Setelah produk yang Anda pilih dan market cocok dan saling berhubungan, penting untuk Anda ‘Mengunci market’. Tujuannya agar market Anda tidak pergi ke kompetitor atau menghilang. Mengunci market adalah dimana market membutuhkan bisnis Anda untuk mempermudah hidup mereka. Disini bukan lagi Anda yang terus mengejar market, namun market yang mengikuti Anda. Salah satu caranya adalah memberikan diskon tertentu, sistem  membership, atau melalui servis yang Anda berikan.

 

#5. Mudah Dihubungi

Jika ingin testimoni meningkat, pastikan Anda menyediakan layanan customer yang baik. Sehingga Anda perlu menampilkan kontak yang mudah dihubungi. Anda dapat membuat website, akun social media dan lainnya. Semakin banyak jalur kontak yang bisa digunakan konsumen, layanan Anda akan semakin dinilai baik dan tentu testimoni juga meningkat.

#6. Up to Date

Guna menjadi importir sukses, Anda perlu fleksibel, dalam artian mau untuk mengikuti perkembangan tren. Seperti yang Anda ketahui, informasi bergerak sangat cepat. Maksudnya disini adalah tentang produk yang dibanggakan dan pengaruh influencer dari luar akan mempengaruhi daya beli di market lokal. Tren seperti inilah yang perlu ditangkap oleh importer sebagai momentum terkuat.

Namun, tidak semua Global Trend dapat masuk di Indonesia, selain itu tidak semua Global Trend masuk dalam waktu yang sama. Karena, tren dari luar memiliki budaya dan ketertarikan yang belum tentu sama di market Anda. Selain itu, tidak semua tren yang baru viral langsung masuk ke Indonesia dalam waktu dekat.

Dibutuhkan waktu yang tidak singkat untuk menjadi importir sukses. Karena setiap harinya adalah pembelajaran yang baru bagi importir. Bisnis impor memang sangat digemari oleh banyak pebisnis karena keseruannya dan profit yang dihasilkan dari impor barang bisa berlipat ganda. Dalam era digital ini, persebaran informasi terjadi sangat cepat dan sangat mudah untuk dapat diakses oleh siapapun. Sehingga peluang untuk menjadi importir sangat terbuka lebar. Apakah Anda tertarik?

 

Program Pelatihan Akeyodia

Silakan hubungi kami di telepon/WA ke nomor 08112652244 /08112652210, jika Anda tertarik mengadakan Training untuk Perusahaan/Instansi/Sekolah, Pelatihan untuk Masa Persiapan Pensiun, Seminar motivasi, 1 on 1 life coaching, 1 on 1 business coaching, dan konsultasi pribadi. Kami juga menyediakan jasa pelatihan secara online, konsultasi online dan seminar online.




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp