08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Saat bertemu orang baru atau teman yang lama tidak bertemu, berarti Anda siap untuk ditanya “Sekarang sibuk apa?”. Kebanyakan dari kita barangkali akan merespons dengan “Saya kerja di perusahaan Y dengan posisi Z”.

Atau jika orang tersebut sedang memulai bisnisnya, ia akan menjawab dengan rendah hati “sedang belajar bikin usaha kecil-kecilan”. Jawaban-jawaban itu kemungkinan akan melekat dalam pikiran kenalan baru Anda. Kalau itu sifatnya basa basi, tentu tidak masalah. Tapi, bagaimana misalnya itu suasananya cenderung penting, seperti saat bertemu calon klien atau investor. 

Apakah itu cara perkenalan yang terbaik?

Apakah itu cara perkenalan yang terbaik dan apakah itu memberikan kesan pertama yang bagus? Menjawab dengan nama pekerjaan dan perusahaan Anda adalah norma budaya. Tetapi ketika Anda melakukannya dengan cara seperti itu terus, Anda kehilangan kesempatan bagi orang lain untuk mengetahui siapa Anda sebenarnya. Padahal Anda bukan hanya pekerjaan Anda.

Orang yang baru Anda temui mungkin akan bertanya tentang bagaimana rasanya menjalani profesi Anda atau seperti apa perusahaan Anda. Tapi percakapan standar itu tidak membuat orang benar-benar mengenal Anda. Jadi, ketika ada yang bertanya “Apa kesibukan Anda?”, pikirkan sejenak: apakah Anda akan menyukai jawaban Anda sendiri untuk pertanyaan tersebut. Tidak semua memperhatikan itu dengan serius, namun jawabannya dapat memiliki dampak besar.

Dengan menyebutkan intro yang menarik di awal perkenalan, Anda pun meningkatkan peluang-peluang, relasi, bisnis, atau pemikiran baru yang dapat membantu Anda. Ketika Anda melakukan perkenalan Anda dengan benar, itu tidak hanya membuka untuk hubungan yang tulus dengan orang-orang, tetapi Anda juga bisa melakukan hal yang benar-benar ingin Anda lakukan.

Membuat kesan pertama yang sangat baik dan tidak terlupakan memang membutuhkan sedikit waktu dan usaha. Kabar baiknya, kita selalu punya akses untuk berlatih tentang bagaimana caranya.

Ceritakan tentang hal menarik dari profesi Anda

Saat ditanya “Apa kesibukan Anda setiap hari?”, mungkin sebagian orang secara otomatis menjawab apa adanya. Bagaimana kalau ternyata ada tanggapan yang lebih menarik? Misalnya: “Saya membantu orang-orang terhubung satu sama lain dengan berbagi cerita di media sosial, sehingga dunia bisa menjadi tempat yang luar biasa seru.” Padahal kesibukan yang dimaksud adalah admin media sosial.  

Pikirkan masalah yang bisa Anda pecahkan

Percayakah Anda bahwa setiap orang, apa pun posisi profesional mereka, pada dasarnya adalah problem solver. Masalah apa yang Anda selesaikan dengan pekerjaan Anda? Apa yang membuat Anda dapat melakukannya dengan efektif? Alih-alih mengatakan “Saya seorang admin media sosial yang memposting konten tentang X”, bagaimana kalau Anda tunjukkan keahlian Anda, bukan sekadar mengatakan.

Seperti ini polanya: “Saya pikir masalah terbesar tentang media sosial adalah A. Sebagai seorang social media specialist yang berfokus pada topi Y, saya membantu audiens berumur sekian dengan cara melakukan strategi Z.” Masih ada beberapa strategi yang lain terkait membangun networking sehingga Anda diingat dengan kesan yang baik. Ikuti terus update info-info dari kami.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp