08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Coba amati lingkungan pertemanan Anda, ada berapa orang yang memiliki minat khusus untuk merawat tanaman atau memelihara hewan piaraan? Ada orang yang begitu senang merawat tanaman, namun sebagian yang lain menganggap kalau hobi koleksi tanaman itu tidak begitu penting.  

Beberapa orang punya hobi merawat hewan piaraan di rumah dan mereka sangat menyayangi bagaikan anak sendiri. Tapi tidak sedikit juga yang menganggap kalau memelihara hewan piaraan di rumah itu bikin repot, menyita banyak waktu, dan uang. Mereka merasa cukup untuk melihat makhluk yang menggemaskan itu di kebun binatang saja. Terlepas dari plus minusnya kebun binatang bagi kehidupan hewan itu.

 

Naluri Penyayang pada Makhluk Tuhan

Bicara tentang orang-orang yang memiliki hobi merawat hewan piaraan, dalam diri mereka sepertinya tertanam naluri penyayang pada makhluk Tuhan yang satu ini. Hewan piaraan menjadi teman dekatnya. Melihat tingkah lucu dari hewan tersebut, itu bisa memberi kesenangan tersendiri dan sejenak bisa melupakan kesibukan sehari-hari. Bahkan ketika mereka dilatih dengan baik, mereka bisa sekaligus menjadi penjaga rumah yang ‘melindungi’ pemiliknya. Kita tahu bahwa Tuhan tidak hanya menciptakan manusia di bumi yang kita tinggali ini, tetapi juga ada hewan dan tumbuhan juga. Oleh karena itu, sudah semestinya kita menjaga makhluk hidup lainnya itu.

Memangnya, apa saja dampak psikologis menyayangi tumbuhan atau hewan? Ada banyak, tergantung masing-masing individu. Menyayangi tumbuhan atau hewan dapat membantu menghilangkan stress, mengurangi kecemasan, merangsang kreativitas, belajar ketulusan, menaikan rasa oleransi, serta melatih tanggung jawab.

Menyayangi binatang itu juga bisa menumbuhkan rasa kemanusiaan (sense of humanity) karena bisa belajar berempati kepada sesama. Apalagi kalau dibiasakan sejak masih anak-anak. Dengan berempati kepada binatang, anak selanjutnya juga diharapkan bisa berempati kepada orang lain.

 

Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN)

Sudah tahukah Anda bahwa untuk meningkatkan kepedulian, perlindungan, pelestarian puspa dan satwa nasional ada hari peringatan khusus bernama Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) yang merupakan agenda tahunan dan diperingati setiap tanggal 5 November. Tujuan dari peringatan ini juga untuk menumbuhkan dan mengingatkan akan pentingnya puspa dan satwa dalam kehidupan kita.

Peringatan HCPSN sendiri pertama kali digagas pada tahun 1993 oleh Presiden Soeharto berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 4 Tahun 1993. Pada saat itu, Soeharto mengajak penduduk Indonesia pada umumnya untuk melestarikan lingkungan hidup.

Namun kenyataannya, ada beberapa hal yang membuat miris, misalnya orangutan yang disiksa karena masuk perkebunan dan perilaku orang Indonesia yang lebih suka memperdagangkannya. Ini terkait penegakan hukum terhadap pelaku kejahatan satwa.

Banyak hal yang telah ‘diajarkan’ oleh tumbuhan dan hewan di alam ini. Kalau mereka bisa menjalankan peran di ekosistem masing-masing, bisa beradaptasi, tidak mengganggu antar sesamanya, bagaimana dengan dengan kita sebagai manusia? 



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp