08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Mengapa Harus Menjadi orang Bermanfaat?

Setiap manusia itu adalah pribadi yang unik, misalnya ada 10 orang, tentu akan ada 10 keunikan. Dengan tipe manusia yang beragam, ada yang bertumbuh secara positif dan ada yang bertumbuh secara negatif. Ada orang yang pandai berbicara, ada yang pendiam. Ada yang mudah beradaptasi, ada yang sulit beradaptasi.  Akan tetapi dari banyaknya perbedaan dan keunikan yang dimiliki oleh manusia, mereka juga memiliki satu tujuan yang sama yaitu menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain. Banyak yang masih bertanya mengapa kita harus menjadi orang yang bermanfaat?

Di dalam kitab suci, dijelaskan bahwa, “Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik untuk dirimu sendiri. Dan jika kamu berbuat jahat, maka (kerugian kejahatan) itu untuk dirimu sendiri….” (QS. Al-Isra :7).

Sudah jelas jika ketika Anda memberikan manfaat kepada orang lain, sebenarnya manfaat tersebut juga akan kembali untuk diri sendiri.

 

Menjadi Pribadi yang Bermanfaat

Segalanya diawali dari niat, termasuk ketika akan melakukan hal-hal yang bermanfaat bagi orang lain. Tanpa niat yang kuat, keinginan Anda akan tetap menjadi angan-angan. Sebenarnya tidak sulit untuk menjadi orang yang bermanfaat bagi sesama, berikut adalah contoh sederhana yang bisa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Apakah Anda sudah memulainya?

 

#1. Rawat Lingkungan Sekitar Anda

Mulailah dari yang sederhana seperti membuang sampah pada tempatnya agar tidak menyumbat aliran air dan memenuhi sungai, rutin membersihkan halaman atau pekarangan rumah sendiri sehingga tidak terlihat kumuh dan tidak terawat. Jika lingkungan Anda bersih, maka akan meminimalisir berkembangnya penyakit. Hal ini tidak hanya bermanfaat untuk lingkungan tetapi juga bermanfaat untuk diri sendiri.

 

#2. Membantu Orang yang Mengalami Kesulitan

Membantu disini bisa disesuaikan dengan kemampuan yang Anda miliki, bisa dengan tenaga, harga benda maupun berbagi ilmu. Hal-hal yang termasuk membantu orang lain misalnya :

 

-. Membantu Sesuai Keahlian

Hanya dengan menjadi pendengar yang baik, Anda sudah menunjukkan bahwa Anda bisa memberi manfaat bagi orang lain. Anda juga bisa menanyakan hal apa yang mungkin bisa Anda bantu untuk menyelesaikan masalah yang dialami. Misalnya Anda mempunyai kemampuan memotret. Sementara saudara Anda butuh foto-foto untuk mempromosikan usaha yang baru akan dirintisnya. Dia pasti akan senang jika Anda membantunya membuat foto katalog usaha.

 

-. Membeli di Pedagang

Memang belanja lebih mudah di supermarket dan swalayan. Namun pernahkah Anda melihat banyak pedagang di pasar ataupun di jalan yang hanya berusaha menghidupi keluarganya dari berjualan? Sesekali berbelanjalah di pasar tradisional atau di pedagang keliling yang rela berjalan untuk mendapatkan sedikit keuntungan dari jualannya.

 

-. Menjadi Relawan

Tidak mudah menjadi seorang relawan, Anda harus meninggalkan rutinitas dan sementara meninggalkan sumber pendapatan. Anda bisa menyumbangkan uang, barang kebutuhan pokok maupun tenaga. Untuk Anda yang lulusan konseling ataupun ilmu psikologi, bisa memberikan layanan konseling atau Trauma Healing agar para korban bencana tidak larut dalam trauma.

 

-. Donor Darah

Dengan rutin mendonorkan darah di Palang Merah Indonesia (PMI), tidak hanya akan bermanfaat bagi orang lain, tetapi akan memicu munculnya darah baru di dalam tubuh sehingga Anda lebih segar dan sehat.

Pasti Anda sering membaca di sosial media sebuah kalimat yang berbunyi, “Ada pohon yang tumbuh tinggi, namun daunnya tidak bisa mengayomi. Ada pohon yang tumbuh rendah tetapi daunnya lebat dan rindang untuk berteduh.”

Manusia terkadang memang seperti itu, ada yang memiliki gelar tinggi, banyak ilmu, dan berpengetahuan luas, tetapi kurang memberi manfaat kepada sesama. Namun ada yang memiliki jabatan rendah, tidak memiliki gelar yang tinggi, tetapi dicintai semua orang karena senang berbagi dan memberi manfaat pada sesama. Mungkin beberapa dari Anda berusaha memadukan keduanya, menjadi orang bergelar tinggi dan menjadi orang yang bermanfaat pada sesama. Anda selalu berusaha dengan keras untuk menjadi yang terbaik, namun pasti semua itu tidak mudah.

Anda memiliki komunitas UMKM dan ingin berserikat pahala dengan kami? Diskusikan dengan kami di telepon/WA ke nomor 08112652244 /08112652210.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp