08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Unique Selling Point terkadang disebut juga Unique Selling Proposition atau disingkat USP. USP sebenarnya mengacu pada suatu ciri khas atau karakter dari sebuah produk baik berupa produk maupun layanan jasa. Atau lebih singkatnya adalah faktor pembeda suatu produk dari berbagai produk lainnya. Jadi dengan adanya USP, maka produk atau jasa perusahaan Anda dapat menjadi lebih spesial dan memiliki keunggulan kompetitif.

Lalu bagaimana caranya untuk menentukan Unique Selling Point dalam bisnis agar menjadi produk yang spesial dan unggul? Berikut akan dijabarkan satu persatu.

 

#1. Pahami Keinginan Konsumen

Dalam menentukan USP, Anda perlu mencari tahu kebutuhan dan keinginan pasar. Dengan mengetahui apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan pasar, maka Anda bisa menentukan produk yang akan dikeluarkan. Selanjutnya produk yang Anda keluarkan tentu akan selalu diupayakan memiliki ciri atau karakter khusus. Keunggulan kompetitif yang terdapat pada produk Anda bisa saja dalam bentuk beraneka ragam. Mulai dari harga yang terjangkau, kualitas tinggi, pelayanan, dll.

#2. Konsumen Puas

Selain bertujuan untuk menambah pendapatan, sebenarnya pengeluaran produk atau jasa juga ditujukan untuk melayani konsumen sehingga konsumen dapat memanfaatkan produk atau jasa Anda. Pemanfaatan produk secara maksimal akan membuat konsumen merasa puas terhadap produk Anda. Kepuasan konsumen inilah yang juga menjadi tujuan dari sebuah usaha. Apabila konsumen puas terhadp produk Anda, maka hal ini berarti bahwa produk Anda setidaknya telah memiliki USP.

#3. Belajar dari Kompetitor

Cobalah melihat keunggulan produk yang dikeluarkan oleh kompetitor. Hal ini tentunya boleh dilakukan terutama bila bertujuan untuk memajukan dan mengembangkan produk. Anda dapat menciptakan ciri atau karakter produk yang berbeda dari produk milik kompetitor. Persaingan atau kompetisi di dunia perdagangan wajar terjadi, namun tetap harus dilakukan dengan persaingan secara sehat dan tanpa membuat kompetitor jatuh atau tercemar nama baiknya.

Suatu produk yang dikeluarkan tentu hrus memiliki ciri atau karakter tertentu. Sebisa mungkin karakter produk itu diciptakan dengan berbeda dari berbagai produk yang lainnya. Tujuannya agar produk yang dibuat dengan ciri atau karakter tertentu tersebut akan membuat konsumen menjadi tertarik.

Konsumen yang telah melakukan pembelian terhadap produk Anda bisa saja merasa puas. Nantinya konsumen yang merasa puas dengan produk Anda akan terus membeli. Hal ini terjadi karena adanya kesan positif yang timbul dalam benak konsumen terhadap produk Anda. Maka otomatis Anda akan mendapatkan konsumen yang loyal.

Produk yang hadir dengan keunikannya tersendiri akan membuat konsumen menjadi semakin penasaran dan semakin banyak membeli produk Anda. Hal ini pada akhirnya akan membuat Anda mendapatkan lebih banyak keuntungan dan menambah omset usaha Anda.

Program Pelatihan Akeyodia

Silakan hubungi kami di telepon/WA ke nomor 08112652244 /08112652210, jika Anda tertarik mengadakan Training untuk Perusahaan/Instansi/Sekolah, Pelatihan untuk Masa Persiapan Pensiun, Seminar motivasi, 1 on 1 life coaching, 1 on 1 business coaching, konsultasi pribadi, dan seminar online.




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp