08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Berakhirnya masa kerja seringkali dianggap sebagai kenyataan yang kurang menyenangkan bagi sebagian orang. Sehingga saat masanya tiba, mereka merasa cemas karena tidak tahu kehidupan seperti apa yang akan dihadapi kedepan. Sering terjadi ketika seseorang memasuki masa pensiun bukannya menikmati kehidupan dengan lebih bahagia tetapi malah mengalami problem serius baik kejiwaan maupun fisik yang menimbulkan ketidaknyamanan. Gejala ketidaknyamanan tersebut dikenal dengan istilah Post-Power Syndrome.

 

Pensiun Harus Bahagia

Masa pensiun seharusnya disambut dengan bahagia dan antusias sebagai permulaan untuk memasuki lingkungan yang lebih beragam dan tantangan baru. Perlu adanya suatu persiapan yang matang dalam menghadapi dan mengelola peluang yang menjadi cita-cita terpendam selama ini. Nantinya mereka yang akan memasuki masa pensiun dapat menghadapi semua tantangan menjadi suatu peluang menuju keberhasilan.

Setiap perusahaan perlu memperhatikan terhadap kebutuhan staf dan karyawan berkenaan dengan persiapan masa pensiun. Perusahaan dapat membantu mereka dengan berbagai kebijakan dan strategi. Tujuannya adalah untuk meminimalkan berbagai dampak negatif yang muncul terutama dampak yang bersifat psikologis. Selain itu, hal ini sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas hidup mantan karyawannya, baik secara material maupun spiritual.

Salah satu strategi yang efektif adalah dengan memberi bekal kepada mereka tentang berbagai ilmu pengetahuan yang bermanfaat secara praktis dalam kehidupan setelah pensiun melalui training. Ilmu dan pengetahuan yang diperlukan berkaitan dengan pemahaman diri, manajemen stres, manajemen kesehatan, manajemen keuangan dan investasi, serta kewirausahaan. Dengan diselenggarakannya Training Persiapan Memasuki Masa Pensiun, maka diharapkan dapat membantu para karyawan untuk mempersiapkan masa pensiunnya dengan lebih matang dan terencana.

Materi untuk Persiapan Pensiun

Salah satu yang perlu ditekankan kepada calon pensiunan adalah, masa pensiun bukanlah akhir segalanya. Akan tetapi, dengan pensiun diharapkan mereka dapat menciptakan aktifitas yang bermanfaat bagi dirinya sendiri maupun lingkungan, utamanya jika dapat menciptakan alternatif pendapatan. Untuk menyiapkan hal tersebut dibutuhkan berbagai bekal pengetahuan, keterampilan serta perencanan pengelolaan keuangan. Akeyodia akan memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada peserta Training Persiapan Memasuki Masa Pensiun agar mampu mempersiapkan pensiun dengan persiapan lebih matang.

Materi Training Persiapan Memasuki Masa Pensiun menekankan pada penyiapan aspek psikologis, aspek kesehatan, dan prinsip kewirausahaan. Training Persiapan Memasuki Masa Pensiun terbagi menjadi beberapa materi utama, yaitu :

 

#1. Mental Switching

Masa pensiun menyebabkan orang menjadi kehilangan pekerjaan dan jabatan sehingga akhirnya menjadi beban pikiran dan selanjutnya mengganggu kesehatan. Agar hal ini tidak terjadi maka menjelang masa pensiun harus ada persiapan, sikap mental, pola pikir, siap merencanakan keuangan, belajar menjadi enterpreneur, dan sebagainya.

Masalahnya, merubah mental pensiun bukanlah hal yang mudah. Banyak hal yang perlu dipersiapkan dengan matang agar masa pensiun menjadi masa yang menyenangkan. Oleh karena itu, pada Training Persiapan Memasuki Masa Pensiun akan diberikan persiapan khusus dalam memasuki masa pensiun yang bahagia.

#2. Bugar di Masa Pensiun

Kondisi fisik yang sehat pada usia pensiun tentu menjadi dambaan setiap orang. Namun kadang-kadang hal itu sulit terlaksana karena berbagai situasi yang kurang memungkinkan. Misalnya kurangnya kesadaran menjaga kebugaran tubuh, konsumsi makanan yang tidak dianjurkan, dan pikiran. Dibutuhkan pemahaman berkenaan dengan pola hidup sehat bagi karyawan yang akan memasuki masa pensiun.

#3. Spiritualitas

Pada Training Persiapan Memasuki Masa Pensiun peserta mendapatkan materi dalam bidang spiritual yang akan membahas bagaimana memaknai hidup agar terasa lebih bermakna. Khususnya dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi kehidupan pasca mereka pensiun.

#4. Kunjungan Usaha

Dalam Training Persiapan Memasuki Masa Pensiun peserta perlu diajak berkunjung ke usaha-usaha yang sudah berjalan. Dengan harapan para peserta dapat berdiskusi langsung dengan pemilik usaha terkait bagaimana membuat dan menjalankan sebuah usaha. Diharapkan nantinya para pensiunan menjadi termotivasi dan terinspirasi untuk membuka usaha.

#5. Kewirausahaan

Training Persiapan Memasuki Masa Pensiun juga membahas lebih jauh tentang kewirausahaan. Menjadi seorang wirausahawan tidaklah harus memiliki sebuah usaha yang baru, akan tetapi dapat membuka usaha yang sudah ada dengan inovasi. Atau bisa juga kerjasama dengan sistem kemitraan yang lebih mudah untuk dijalankan. Oleh karena itu dalam materi akan dibahas hal-hal yang membantu calon pensiunan mempersiapkan diri menjadi seorang wirausahawan. Secara garis besar materinya terkait :

-. Business Orientation : Setiap peserta harus memiliki orientasi bisnis sehigga akan jelas mau kemana bisnis yang akan dikerjakan nantinya. Pada materi ini akan dimatangkan orientasi dalam melakukan rencana bisnis. Mau dijadikan bisnis jangka panjang atau jangka pendek atau bahkan hanya sekedar menjalankan hobi.

-. Business Simulation : Peserta akan diajak membuat sebuah perencanaan bisnis yang diinginkan. Mulai dari melakukan perhitungan dan perkiraan dari bisnis yang dijalankan sehingga dapat mengetahui bisnis yang prospek atau tidak.

-. Business Practice : Peserta diajak untuk memahami apa tantangan dan seluk-beluk bisnis yang akan dijalankan. Peserta dapat memahaminya dengan konsultasi bisnis. Pada Training Persiapan Memasuki Masa Pensiun nantinya akan diberikan konsultasi kepada setiap peserta yang akan dan sedang menjalankan usahanya.

 

Program Pelatihan Akeyodia

Silakan hubungi kami di telepon/WA ke nomor 08112652244 /08112652210, jika Anda tertarik mengadakan Training untuk Perusahaan/Instansi/Sekolah, Pelatihan untuk Masa Persiapan Pensiun, Seminar motivasi, 1 on 1 life coaching, 1 on 1 business coaching, konsultasi pribadi, dan seminar online.




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp