08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Pensiun adalah suatu proses perubahan yang besar dalam kehidupan. Yang awalnya Anda selalu berhubungan dengan peraturan selama puluhan tahun di perusahaan atau instansi, menjadi individu yang bebas. Salah satu pilihan yang banyak diambil untuk kegiatan setelah pensiun adalah membuka usaha atau menjadi wirausahawan.

Anda tidak lagi dapat menggantungkan penghasilan dari gaji dan bonus, kini Anda harus mampu mengelola keuangan. Setelah Anda tahu bahwa akan pensiun, mulailah membuat perencanaan keuangan dari uang pesangon Anda. Mulailah untuk mempersiapkan hal-hal berikut :

 

1. Lunasi Kewajiban Anda

Pastikan bahwa sudah tidak ada lagi kewajiban atau hutang kepada pihak lain. Hal ini penting untuk dilakukan, mengingat tidak ada lagi pendapatan rutin seperti saat Anda masih bekerja. Hutang hanya akan menjadi beban pikiran di kehidupan Anda dan akan selalu mengganggu ketenangan masa pensiun Anda.

2. Persiapkan Dana Darurat

Usia yang sudah tidak muda lagi juga membutuhkan dana yang relatif lebih banyak untuk menjaga kesehatan.  Sisihkan sejumlah dana untuk keperluan tersebut, minimal setara dengan tiga bulan biaya hidup Anda. Karena sifatnya yang tidak rutin, dana darurat dapat disimpan, misalnya disimpan dalam bentuk deposito.

3. Dana untuk Biaya Pendidikan

Apabila Anda masih ada tanggungan pendidikan anak, sisihkanlah sesuai dengan kebutuhan. Jangan sampai pendidikan anak tersendat di tengah jalan. Jika sudah memiliki dana pendidikan dalam bentuk asuransi dana pendidikan, pastikan jumlah yang tersedia sudah sesuai dengan kebutuhan aktual saat ini dan memenuhi nilai masa depan sampai si anak selesai kuliah. Jika belum cukup, sisihkan sebagian dari uang pesangon untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

4. Sisihkan untuk Biaya Hidup

Jika Anda memutuskan memulai usaha, awal usaha adalah proses belajar. Tentu sudah menjadi resiko jika Anda belum mencetak keuntungan yang besar. Disisi lain, Anda sudah tidak ada lagi pendapatan rutin. Untuk itu, Anda perlu menyisihkan biaya hidup paling tidak untuk enam bulan sampai satu tahun mendatang. Biaya hidup diperhitungkan atas dasar rata-rata pengeluaran rutin setiap bulan.

 

5. Memulai Usaha

Apapun usaha yang Anda jalankan setelah pensiun, Anda harus memiliki peluang untuk menciptakan pendapatan seperti saat masih bekerja atau bahkan lebih besar. Sayangnya, banyak orang yang gagal menjadi pengusaha karena tidak mampu mengatasi rasa takutnya. Takut gagal, takut bangkrut, takut tertipu dan ketakutan-ketakutan yang lainnya.  Yang perlu Anda lakukan adalah memulai usaha dengan mengembangkan ide-ide yang original dan unik. Dan hal terpenting adalah Anda menyukai ide-ide tersebut. Bagaimanapun unik dan originalnya sebuah ide, jika Anda tidak menyukainya, Anda akan melakukannya dengan setengah hati. Padahal sesuatu yang dilakukan dengan setengah hati, hasilnya tidak akan maksimal.

Setelah hal-hal nomor satu sampai nomor empat tersebut Anda rencanakan dan persiapkan dengan baik, barulah sisa pesangon yang masih ada dapat dimanfaatkan sebagai modal pengembangan aset yang Anda miliki. Sebab, kurang bijaksana jika seluruh dana dimanfaatkan semua sebagai modal usaha. Harus ada dana cadangan untuk menghadapi kemungkinan usaha Anda tidak berjalan dengan baik.

 

Program Pelatihan Akeyodia

Silakan hubungi kami di telepon/WA ke nomor 08112652244 /08112652210, jika Anda tertarik mengadakan Training untuk Perusahaan/Instansi/Sekolah, Pelatihan untuk Masa Persiapan Pensiun, Seminar motivasi, 1 on 1 life coaching, 1 on 1 business coaching, konsultasi pribadi, dan seminar online.

Berikut adalah dokumentasi Training Masa Persiapan Pensiun Mampu & Sukses – Perencanaan Keuangan dan Kewirausahaan :



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp