08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Mungkin Anda masih asing dengan istilah VUCA. Sebenarnya, US Army War College -lah yang memperkenalkan premis VUCA. Premis tersebut digunakan untuk menggambarkan sifat rapuh di Afghanistan dan Irak setelah Perang Dingin. Istilah tersebut kemudian digunakan dalam berbagai bidang, baik bisnis, pendidikan, atau lainnya. Secara singkat VUCA merupakan singkatan dari Vollatile : Rapuh, Uncertain : Tidak Pasti, Complex : Rumit, dan Ambiguous : Rancu.

VUCA secara umum berkaitan dengan cara orang melihat kondisi saat membuat keputusan, merencanakan, mengelola risiko, mendorong perubahan, dan memecahkan masalah.

VUCA dinilai dapat mendorong kapasitas sebuah perusahaan dalam menghadapi perubahan dinamis di dunia bisnis, terutama pada era transformasi digital saat ini. Perusahaan akan memiliki kapasitas untuk mengantisipasi isu, memahami konsekuensi masalah dan tindakan, menghargai kebersalingbergantungan, mempersiapkan diri menghadapi realitas dan tantangan alternatif, sampai mengidentifikasi dan memahami peluang yang relevan.

Mengenal VUCA Lebih Jauh

VUCA sebenarnya dapat mendefinisikan sebagai perilaku sebuah kelompok dan individu sebuah organisasi  dalam mengidentifikasi kegagalan sistem dan kegagalan perilaku. Secara keseluruhan, sebenarnya VUCA tidak akan membahayakan perusahaan bila dihadapi dengan cara yang tepat dan akurat. Oleh karena itu, hendaknya perusahaan selalu mempertimbangkan segala risiko dalam setiap pengambilan keputusan ketika mengatasi perubahan dinamis.

Situasi yang berubah dengan cepat, ketidakpastian, kompleksitas dan ambiguitas adalah kenyataan yang terjadi sekarang dan akan terus berlangsung sampai ke masa depan. Mau tidak mau, kita semua perlu memaksakan diri untuk beradaptasi pada situasi yang sangat tidak menyenangkan dan tidak nyaman ini.

 

Konsekuensi Situasi VUCA

Ada dua konsekuensi, yang terjadi yaitu:

  1. Keharusan Menjadi Pemikir Strategis

Anda didorong untuk membuat lebih banyak keputusan. Dimana Anda harus mempertimbangkan pertukaran ide, keberhasilan yang cepat, prioritas, kerugian yang dapat diterima, dan aspek lainnya. Menjadi sadar akan konteks dan situasi VUCA, bukan berarti mengubah strategi secara terus-menerus. Tetapi, menandakan bahwa Anda harus mengakui keterkaitan strategi yang perlu selalu ditingkatkan. Selain itu, penyesuaian strategi cenderung memicu modifikasi rencana, ini memiliki keunggulan untuk membuat keseluruhan sistem menjadi lebih baik lagi.

  1. Keahlian Seorang Pemimpin Perlu Berkembang

Dikarenakan ketidakpastian yang banyak terjadi, maka berdampak juga pada banyaknya orang yang mengalami stres dan keraguan terhadap perubahan yang terlalu cepat. Itulah mengapa kecakapan seorang pemimpin sangat diperlukan untuk mematahkan pola dengan mengambil posisi bijaksana dan mengartikulasikan strategi yang diberikan.

Para pemimpin dituntut untuk memiliki kemampuan dalam mengeluarkan potensi timnya dengan menanamkan dan mendorong mereka untuk dapat beradaptasi dengan situasi VUCA yang sangat membingungkan.

 

Lakukan ini Di Era VUCA

Selain tantangan serta bahaya, VUCA juga memiliki peluang. Untuk mendapatkan peluang ini, para pemimpin harus melakukan lebih dari sekadar menanggapi sebuah peristiwa. Tidak hanya itu, pemimpin harus menjadi agen perubahan positif di tengah-tengah kekacauan dan menciptakan masa depan yang lebih baik.

Untuk itu, para pemimpin hendaknya mencari pengalaman serta peluang untuk belajar dan menerapkan banyak keterampilan di era VUCA. Kemampuan dan keterampilan yang dimaksud adalah sebagai berikut :

  1. Memiliki insting yang kuat
  2. Kemampuan untuk melihat melalui kekacauan dan kontradiksi untuk masa depan yang belum bisa dilihat orang lain
  3. Kemampuan untuk mengubah situasi yang penuh dengan dilemma
  4. Kemampuan belajar yang mendalam
  5. Kemampuan untuk melihat sesuatu dari sudut pandang alam, untuk memahami, menghormati dan belajar dari pola-pola alam
  6. Kemampuan untuk menenangkan situasi yang menegangkan dimana komunikasi telah terpecah menuju keterlibatan yang konstruktif
  7. Kemampuan untuk bersikap terbuka dan otentik tentang nilai-nilai apa yang penting
  8. Kemampuan untuk membuat inovasi yang cepat
  9. Kemampuan untuk membuat dan memelihara bisnis atau jaringan perubahan sosial yang disengaja melalui penggunaan media modern/terbaru.
  10. Kemampuan untuk menanam, memelihara, dan menumbuhkan aset bersama yang dapat menguntungkan orang lain

Siap atau tidak siap, kita semua menghadapi era VUCA. Bagaimana strategi Anda?

Apa Program Akeyodia?

Silakan hubungi kami di telepon/WA ke nomor 08112652244 /08112652210, jika Anda tertarik mengadakan Training, 1 on 1 life coaching, 1 on 1 business coaching atau konsultasi pribadi.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp