08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Pancasila yang merupakan ideologi Indonesia. Oleh karena itu, tidak heran jika sistem perekonomian yang diharapkan adalah sistem ekonomi Pancasila. Sistem ekonomi Pancasila pertama kali disebutkan di salah satu artikel karangan Dr. Emil Salim pada 1967.

Dalam artikel tersebut, ekonomi Pancasila dapat dipahami sebagai sistem ekonomi pasar dengan kendali pemerintah. Istilah ini juga memiliki beberapa nama lain, seperti sistem ekonomi campuran, ekonomi pasar terkendali, dan sistem ekonomi jalan ketiga.

Mengapa Ada Istilah Sistem Ekonomi Pancasila?

Sistem ini dibangun menggunakan paham liberal dengan menjunjung nilai individualisme dan kebebasan pasar yang ditambah dengan nilai-nilai Pancasila. Ekonomi Pancasila sebenarnya dibentuk untuk mengubah perekonomian kolonial menjadi nasional kala itu.

Mengingat sistem ekonomi tersebut berasaskan Pancasila, maka setiap nilai dalam ideologi bangsa Indonesia harus digunakan dalam melakukan kegiatan ekonomi. Contoh dari pengamalan setiap sila dalam praktik sistem ekonomi Pancasila adalah :

  1. Nilai Ketuhanan : Sistem ekonomi dijalankan tanpa mengabaikan nilai agama dan etika.
  2. Nilai Kemanusiaan : Sistem ekonomi menjunjung prinsip humanis dan tidak mengeksploitasi.
  3. Nilai Persatuan : Kegiatan ekonomi dilakukan dengan menjunjung asas kekeluargaan.
  4. Nilai Musyawarah : Prinsip ekonomi hendaknya selaras dengan nilai-nilai demokrasi dan kebebasan berpendapat.
  5. Nilai Keadilan : Pengelolaan sumber daya ekonomi harus digunakan dengan adil guna kesejahteraan rakyat.

Bagaimana Penerapan Ekonomi Pancasila?

Pancasila merupakan ideologi negara kita, Indonesia. Sehingga sistem ekonomi ini hanya terdapat di Indonesia. Adapun beberapa contoh penerapan ekonomi Pancasila di Indonesia adalah sebagai berikut:

  1. Adanya Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Ini merupakan salah satu bukti adanya peran negara dalam pengelolaan ekonomi di berbagai sektor.
  2. Adanya Koperasi. Keberadaan koperasi merupakan kegiatan usaha kolektif berasaskan kekeluargaan.
  3. Serikat Buruh. Serikat Buruh merupakan bentuk gerakan kolektif kelas pekerja yang bertujuan untuk mengantisipasi atau meminimalisir terjadinya eksploitasi sumber daya manusia.

Apa Kelebihan dan Kekurangan Sistem Ekonomi Pancasila?

Memang secara konsep sistem ekonomi Pancasila mengutamakan unsur kolektivitas dan kekeluargaan dalam menjalankan perekonomian. Namun, di dunia ini tidak ada suatu sistem yang sempurna, termasuk ekonomi Pancasila.

 

#1. Kelebihan Sistem Ekonomi Pancasila

-. Perekonomian nasional diutamakan untuk kemakmuran seluruh rakyat.

-. Adanya kebebasan dalam berkreasi dan berinovasi, namun selama hal tersebut tidak mengganggu kepentingan masyarakat.

-. Hak milik individual diakui oleh negara, selama pemanfaatannya tidak bertentangan dengan kepentingian umum.

-. Pengelolaan perekonomian berjalan secara kolektif atau bersama-sama untuk mencapai kemakmuran bersama.

 

#2. Kekurangan Sistem Ekonomi Pancasila

-. Adanya dominasi negara dalam pengelolaan perekonomian berpotensi meredam dan mematikan daya kreasi dan inovasi masyarakat.

-. Proses pengambilan keputusan ekonomi berlangsung lambat dan kurang efisien karena harus diselaraskan dengan kepentingan bersama

Bagaimana menurut Anda? Apakah Sistem Ekonomi ini sudah baik untuk diterapkan? Atau ada yang perlu untuk dievaluasi?

Silakan hubungi kami di telepon/WA ke nomor 08112652244 /08112652210, jika Anda tertarik mengadakan In House Training, 1on1 Business Coaching, 1 on 1 life Coaching atau Konsultasi.

SELAMAT HARI PANCASILA 1 JUNI

Mari amalkan butir-butir Pancasila di kehidupan sehari-hari. Memupuk kerukunan dapat dimulai dari lingkungan terdekat. Cinta keluarga, cinta sesama, dalam interaksi sosial, serta bawa selalu semangat Pancasila.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp