08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Sudahkah Anda familiar dengan istilah PDCA (Plan-Do-Check-Act) atau PDSA (Plan-Do-Study-Act)? PDCA atau PDSA merupakan siklus peningkatan terus menerus yang diperkenalkan oleh Dr. William Edwards Deming. Beliau adalah seorang ahli manajemen kualitas dari Amerika. PDCA memberikan sebuah problem solving yang terkontrol untuk suatu proses dengan nilai guna yang tinggi.

PDCA seringkali dipergunakan dalam kegiatan KAIZEN dan DMAIC yang dipergunakan pada aktivitas LEAN SIX SIGMA. PDCA sangatlah cocok untuk dipergunakan untuk skala kecil kegiatan continues improvement untuk memperpendek siklus kerja, menghapuskan pemborosan di tempat kerja dan produktivitas.

Empat Fase pada PDCA atau PDSA

 

1. PLAN (MERENCANAKAN)

Tahap PLAN merupakan tahap untuk menetapkan target atau sasaran yang ingin dicapai dalam peningkatan proses ataupun permasalahan yang ingin dipecahkan. Selanjutnya dapat menentukan metode yang akan digunakan untuk mencapai target atau sasaran yang telah ditetapkan tersebut. Pada tahap ini juga meliputi pembentukan tim dan melakukan pelatihan kepada sumber daya manusia yang berada di dalam tim tersebut.

 

2. DO (MELAKSANAKAN)

Tahap DO merupakan tahap penerapan atau melaksanakan semua yang telah direncanakan di tahap PLAN termasuk menjalankan proses-nya. Dalam pelaksanaannya dapat menggunakan  metode 5W-2H (What, Why, When, Where, Who, How, How-Much).

 

3. CHECK (MEMERIKSA) atau STUDY (MEMPELAJARI)

Tahap CHECK/STUDY merupakan tahap pemeriksaan dan peninjauan ulang serta mempelajari hasil-hasil dari penerapan di tahap DO.

 

4. ACT (MENGAMBIL TINDAKAN)

Tahap ACT adalah tahap untuk mengambil tindakan yang tepat dan menindaklanjuti hasil-hasil. Terdapat dua tindakan yang dapat dilakukan :

  1. Tindakan Perbaikan (Corrective Action) : berupa solusi masalah apabila sasaran dan target tidak tercapai.
  2. Tindakan Standarisasi (Standardization Action) : tindakan untuk men-standarisasi-kan cara ataupun praktek terbaik yang telah dilakukan, tindakan ini dilakukan jika hasilnya mencapai target yang telah ditetapkan.

Siklus tersebut akan kembali lagi ke tahap PLAN untuk melakukan peningkatan proses selanjutnya, sehingga terjadi siklus peningkatan proses yang terus menerus (Continuous Process Improvement).

PDCA adalah metode yang sederhana, tetapi terbukti sangat efektif karena berbagai alasan khususnya dalam manajemen mutu. PDCA masih diterapkan di banyak organisasi di seluruh dunia meskipun metode inti telah dimodifikasi secara signifikan dari masa ke masa. Namun Ide dasarnya tetap sama dan empat langkah masih dapat dengan mudah diidentifikasi dalam versi modifikasi dari sistem yang sama.

Kenalan dengan Program Akeyodia?

Silakan hubungi kami di telepon/WA ke nomor 08112652244 /08112652210, jika Anda tertarik mengadakan Training, 1 on 1 life coaching, 1 on 1 business coaching, konsultasi pribadi, dan seminar online.

Dokumentasi Kegiatan Kami

Berikut adalah dokumentasi Seminar Series My Own Business Model yang diselenggarakan pada Kamis, 22 Februari 2018 di Hotel Novotel Solo.

 



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp