08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Saat ini, jika Anda melihat fenomena tentang kopi, mungkin Anda akan menemukan tentang gaya hidup baru anak muda. Gaya hidup dengan startered pack wajib anak indie yang tentu saja identik dengan ngopi, nongkrong di kedai kopi, suasana senja atau mungkin syair dari Fiersa Besari. Hal ini memunculkan anggapan bahwa Indonesia tengah dilanda trend kedai kopi. Mulai dari pusat perbelanjaan, tepi jalan, dan café mobil, Anda dapat dengan mudah menemukan kedai sederhana.

Meski sudah banyak kedai kopi, bukan berarti peluang usaha untuk membuka kedai kopi tertutup. Peluang bisnis kedai kopi masih terbuka lebar di Indonesia. Selain karena jumlah konsumennya yang terus meningkat, peluang ini juga terbuka lebar karena tanaman kopi merupakan tanaman yang dapat dipanen sepanjang tahun. Ada beberapa hal yang bisa menjadi alasan kenapa bisnis kedai kopi memiliki peluang yang cukup besar, antara lain :

 

1. Pasar Luas

Saat ini, penikmat kopi tidak hanya dari kalangan laki-laki dewasa, tapi juga anak muda, remaja, baik laki-laki ataupun perempuan. Dengan begitu, maka bisnis kedai kopi memiliki pasar yang cukup luas.

 

2. Tempat Mudah

Anda tidak membutuhkan biaya yang banyak untuk membangun kedai. Anda hanya perlu menyediakan sedikit tempat yang nyaman, kemudian menambahkan dekorasi sederhana, dan tentunya dengan fasilitas layanan internet.

 

3. Menu Sederhana

Kelebihan ketika Anda ingin membuka kedai kopi adalah menu kopi adalah primadonanya. Anda dapat membuat varian minuman apapun dengan kopi.

Namun ada hal-hal yang perlu Anda pertimbangkan saat akan memulai bisnis kedai kopi. Hal-hal tersebut adalah :

 

#1. Paham tentang Kopi

Para pecandu kopi akan lebih paham dan dapat mengeksplor lebih jauh kopi-kopi yang dijualnya. Tidak perlu jadi pecandu kopi, namun Anda setidaknya harus benar-benar memahami kopi-kopi yang akan dijual.

 

#2. Survei dan Pelayanan

Melalui survei, Anda dapat mengetahui harga dan rasa yang ditawarkan oleh kompetitor sehingga dapat menjadi pertimbangan di kedai Anda.

Selanjutnya posisikan diri Anda sebagai konsumen, dan pikirkan pelayanan seperti apa yang Anda inginkan. Hal ini dapat menjadi acuan untuk menyiapkan pelayanan terbaik.

 

#3. Lokasi yang Sesuai Target Pasar

Lokasi strategis adalah lokasi yang sesuai dengan target pasar yang Anda tentukan. Hal ini akan membuat tujuan penjualan lebih mudah tercapai. Misalkan Anda akan mempertimbangkan harga menu saat membuka kedai di kawasan kampus, dan tentu saja akan berbeda jika Anda membuka kedai di kawasan perkantoran.

 

Hal yang tidak boleh Anda lupakan adalah promosi. Promosi dapat menjadi salah satu kunci keberhasilan dan membentuk kesan yang baik bagi calon konsumen. Jangan lupa untuk terus meningkatkan inovasi. Sebab perbedaan yang Anda hadirkan di kedai kopi dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi calon konsumen. Selamat berwirausaha!

 

Program Pelatihan Akeyodia

Silakan hubungi kami di telepon/WA ke nomor 08112652244 /08112652210, jika Anda tertarik mengadakan Training untuk Perusahaan/Instansi/Sekolah, Pelatihan untuk Masa Persiapan Pensiun, Seminar motivasi, 1 on 1 life coaching, 1 on 1 business coaching, konsultasi pribadi, dan seminar online.




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp