08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Baik restoran besar maupun restoran kecil, peran pelayan restoran yang menyambut para pelanggan sangat penting. Pelayan adalah “wajah” dari restoran, sebab pelayan restoran akan berinteraksi langsung dengan pelanggan. Apabila pelayan sebuah restoran meninggalkan kesan di hati pelanggan, bukan tidak mungkin mereka menjadi alasan yang membuat para pembeli kembali lagi ke restoran tersebut lagi.

Mengingat pentingnya peran pelayan restoran, beberapa owner pasti memikirkan tentang pelatihan pelayanan prima bagi pelayan restorannya. Beberapa hal yang perlu ditekankan dalam pelatihan pelayan restoran adalah keterampilan sosial, penampilan, penguasaan menu dan penguasaan tata letak restoran.

 

Pelanggan Senang Jika….

Peraturan dalam menjamu pelanggan kini bukan lagi sebatas “service with a smile”, tetapi harus memiliki keterampilan sosial yang baik, sopan, ceria, bersikap positif, dan ramah dengan pelanggan. Dari segi penampilan, pelayan yang tidak rapi, terdapat noda pada bajunya, seragam yang kusut, atau seragam yang penuh kerutan akan memberi kesan negatif kepada pelanggan. Bagi pelanggan, hal tersebut menunjukkan ketidakprofesionalan pelayan restoran.

Pelayan juga dituntut untuk menguasai menu, hingga mampu memberikan rekomendasi pada pelanggan yang kebingungan memilih hidangan. Pelayan juga diharapkan dapat menjawab setiap pertanyaan pembeli dengan baik. Kepuasan pelanggan bergantung pada dua hal, yaitu rasa makanan dan keefektifan pelayanan restoran. Hal yang kedua akan sulit dipenuhi bila pelayan restoran tidak menguasai menu dan terlambat melayani maupun terlambat menyajikan pesanan.

Pertimbangan dalam Membeli

Memang banyak aspek yang menjadi pertimbangan konsumen dalam memilih sebuah restoran. Selain dari aspek harga dan variasi produk atau menu, hal lain yang menjadi pertimbangan konsumen yaitu kualitas pelayanan. Kualitas pelayanan bukan sesuatu yang kaku atau permanen, namun bersifat fleksibel dan dapat diubah. Dalam proses perubahan pelayanan diperlukan beberapa hal untuk menunjang keberhasilan dalam meningkatkan kualitas, seperti observasi terhadap konsumen berupa pendapat atau feedback tentang pelayanan yang diberikan.

Kualitas pelayananan sebuah restoran menjadi penting karena akan berdampak langsung pada citra perusahaan. Ketika restoran memberikan kualitas pelayanan yang buruk, seperti tidak menunjukkan sikap ramah, salah dalam memberikan pesanan karena tidak ada cross check pesanan, atau lambat dalam proses pelayanan, maka konsumen akan memberikan penilaian negatif dan ada kemungkinan konsumen tersebut akan bercerita kepada teman atau kerabat atau share pengalaman mereka di media sosial yang akan memperburuk citra perusahaan.

Apa yang Dapat Akeyodia Lakukan?

Akeyodia memiliki Program In House Training : Customer Relation, yaitu suatu proses strategis untuk menghasilkan keunggulan kompetitif yang bermula dari penciptaan value bagi konsumen dan perusahaan sehingga mampu meningkatkan profit dan value.

Dalam pelatihan ini peserta akan belajar tentang bagaimana memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen, melayani dan membangun loyalitas konsumen, meningkatkan kemampuan interpersonal dan komunikasi, serta menghadapi tantangan dalam menangani keluhan konsumen dengan cara yang positif dan konstruktif.

Konsumen dipandang sebagai aset berharga untuk mendukung keberhasilan bisnis kuliner. Ketika tim berhasil memberikan pelayanan sesuai dengan harapan konsumen akan membuat mereka loyal terhadap produk Anda.

Silakan hubungi kami di telepon/WA ke nomor 08112652244 /08112652210, jika perusahaan Anda tertarik mengadakan Program In House Training : Customer Relation Bersama Akeyodia.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp