08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Menggali bakat sejak dini sangat kompleks namun perlu dilakukan. Bakat sendiri merupakan kondisi dimana seseorang menunjukkan potensi untuk mengembangkan kecakapannya dalam suatu bidang tertentu. Mengenali minat dan bakat anak sejak usia dini akan bermanfaat bagi orang tua untuk mengarahkannya secara tepat dan sesuai usia. Minat dan bakat anak nantinya akan menjadi life skill, yaitu kemampuan khusus untuk dapat bertahan hidup dan berhasil. Ini menjadi bekal bermanfaat hingga mereka dewasa nanti.

Tipe Orang Tua

Terkadang orang tua mempunyai dendam positif. Yaitu orang tua yang dulunya mempunyai bakat, tetapi bakat tersebut tidak tercapai dan di lemparkan ke anak untuk meneruskan keinginan dari orang tua.

Anda sebagai orang tua mempunyai hak untuk menyiapkan dan mengarahkan, serta memberikan peluang terhadap anak untuk mengaktualisasikan bakatnya. Aktualisasi itu terbentuk dalam cita-cita. Namun sebenarnya kewajiban Anda sebagai orang tua adalah memberikan pondasi yang kuat.

Apabila orang tua ingin anaknya memiliki bakat, yang dibangun terlebih dahulu ialah jiwanya dan ketakwaannya.  Untuk menjadi orang yang bertaqwa, harus punya ilmu.  Selanjutnya komunikasikan dengan anak, dia ingin menjadi apa. Anak akan menemukan berbagai macam kemudahan dan kesulitan di bidang yang dia pilih, itu hal yang. Orang tua hendaknya memberikan stimulus secara perlahan untuk mengasah bakat anak. Biarkan anak Anda ‘suka’ terlebih dahulu, bukan memaksa untuk ‘bisa’.

Bagaimana Mengenali Bakat Anak

Orang tua dapat menanyakan kepada anak, tentang bidang apa yang paling menonjol dalam dirinya. Seperti menjadi penyanyi, atlet, pengajar, atau menjadi pemusik. Disini hak orang tua adalah menyiapkan potensi dan mengfasilitasi bakat anak tersebut. Anda dapat menerapkan langkah-langkah yang sebagai berikut :

 

#1. Mengamati

Anda dapat mengamati kegemaran anak akan sesuatu maupun kebiasaannya sehari-hari. Hal-hal yang mencakup kesenangan anak merupakan minat. Dari beberapa minat yang ditunjukkan, Anda  dapat melihat bakatnya ada pada bidang apa. Bila sudah mengetahui bakat anak, Anda tinggal mengarahkannya untuk mendalami bakat tersebut. Selanjutnya Anda tinggal mencari sarana yang tepat agar bakat tersebut dapat terasah dengan baik.

#2. Biarkan Mengeksplorasi Kemampuannya

Anda dapat membiarkan anak mengeksplorasi kemampuannya dengan cara mencoba berbagai hal yang berbeda. Apresiasilah keinginan anak saat ia hendak mencoba sesuatu yang baru, karena itu merupakan cara dalam menemukan bakat terpendamnya. Anda dapat mendukung, mengarahkan dan mengawasi dengan baik.

#3. Mengikutkan Anak dalam Perlombaan

Anda dapat mengajak anak Anda untuk berpartisipasi dalam berbagai perlombaan. Perlombaan dengan hasil terbaik yang ditunjukkan anak, menandakan ia berbakat dalam bidang tersebut. Tetapi jangan lupa untuk selalu meminta persetujuan anak saat hendak mendaftarkannya. Apabila anak tidak berminat maka tidak usah dipaksakan.

#4. Komunikasi Positif

Sudah semestinya memiliki komunikasi yang baik. Komunikasi yang baik bukan hanya berdasar pada syarat komunikasi dua arah, tetapi bagaimana cara membangun komunikasi yang positif. Komunikasi positif dapat ditandai dengan pemilihan kalimat positif, bukan kalimat negatif. Dengan begitu anak akan merasakan dukungan. Jangan lupa untuk menanyakan cita-cita anak maupun target yang ingin diraih. Dari komunikasi yang positif, Anda akan mengetahui apa saja langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengarahkan dan mendorong minat dan bakat Anak.

#5. Waktu untuk Bersosialisasi

Anda perlu memberikan waktu bagi anak untuk bersosialisasi dengan teman-temannya. Anak-anak saat berkumpul biasanya akan saling bercerita dan melakukan aktifitas yang digemarinya.

Jangan membatasi kegiatan anak apabila hal tersebut masih membawa dampak yang positif.

Program Pelatihan Akeyodia

Silakan hubungi kami di telepon/WA ke nomor 08112652244 /08112652210, jika Anda tertarik mengadakan Training untuk Perusahaan/Instansi/Sekolah, Pelatihan untuk Masa Persiapan Pensiun, Seminar motivasi, 1 on 1 life coaching, 1 on 1 business coaching, dan konsultasi pribadi. Kami juga menyediakan jasa pelatihan secara online, konsultasi online dan seminar online.




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp