08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Karyawan merupakan salah satu dari komponen penting dalam sebuah perusahaan. Karyawan disebut sebagai Sumber Daya Manusia atau sering disingkat menjadi SDM. Performa karyawan akan sangat memengaruhi operasional perusahaan.

Oleh sebab itu, perusahaan menyediakan pelatihan SDM yang efektif dan efisien secara berkala. Pelatihan SDM juga memiliki dua fungsi, yaitu fungsi pelatihan dan fungsi pengembangan. Dari sini nanti Anda bisa menentukan metode apa yang tepat untuk kegiatan Pelatihan SDM yang akan Anda laksanakan.

 

Fungsi diadakannya Pelatihan SDM

 

1.Fungsi Pelatihan

Dalam pelatihan SDM yang dilakukan, berarti Anda mengharapkan ada perubahan sistematis dari Knowledge, Skill, Attitude, dan Behavior yang dimiliki karyawan Anda mengalami peningkatan. Tujuannya adalah untuk memenuhi standar SDM yang diinginkan dan mewujudkan sasaran yang ingin dicapai oleh organisasi atau perusahaan.

 

2.Fungsi Pengembangan

Pelatihan SDM yang dilakukan bertujuan untuk mengembangkan kemampuan SDM yang dimiliki. Mengapa demikian? hal ini tidak lain karena SDM sangat mempengaruhi performa sebuah perusahaan. Pengembangan yang diharapkan  adalah peningkatan kapasitas personal maupun organisasi yang dimiliki dari setiap karyawan Anda.

 

Metode Jitu Pelatihan SDM

Tentu saja sangat banyak metode pelatihan SDM yang dapat diterapkan, namun kali ini akan dibahas beberapa metode saja untuk menjaga, meningkatkan, serta mempertahankan SDM dalam perusahaan Anda.

 

1. Refleksi Diri

Metode Refleksi diri merupakan tahap awal dalam pelatihan SDM oleh manajer personalia. Manajer Personalia memberikan pemahaman kepribadian dan karakter dalam diri setiap individu itu unik. Dalam pembuatan acuan penyelenggaraan Pelatihan SDM maupun konsultasi karyawan, Manajer Personalia juga menyediakan Personal Development Plan dan Personal Goal Setting yang harus diisi oleh karyawan.

 

2. Seminar

Pelatihan SDM dengan metode seminar biasanya mengenai skill, knowledge, dan kapasitas diri dengan melibatkan tim kerja yang solid. Seminar dapat dibuat bertahap maupun memfokuskan pada satu skill dan knowledge, contohnya pelatihan SDM tentang kepemimpinan untuk setiap kepala tim, pelatihan SDM tentang cara menjual serta memasarkan produk untuk sales dan marketing.

 

3. Mentoring

Pelatihan SDM metode mentoring lebih melibatkan interaksi dua arah, memerlukan feedback, dan didalamnya terdapat motivasi, sharing pengalaman, dan  proses pembelajaran lebih intensif guna mengembangkan personal individu dan kapasitasnya.

 

4. Resources Sharing

Pelatihan SDM juga harus beradaptasi dengan perubahan era saat ini, khususnya era digital. Terkadang diperlukan juga menggunakan media virtual sebagai sumber pembelajaran di sebuah perusahaan. Virtual platform yang digunakan misalnya webinar, blog, newsletter maupun lainnya.

Metode pelatihan SDM berbasis digital ini digunakan dalam menyediakan pengetahuan agar karyawan mampu beradaptasi, mengenal, memahami bagaimana operasional, profile, serta visi misi sebuah perusahaan di mana ia bekerja. Tentu saja, yang harus matang adalah bagiamana konten di platform tersebut menarik dan tepat sebagai media pelatihan SDM.

Dari beberapa metode di atas, tentu dapat Anda gunakan dalam pelatihan SDM. Metode-metode tersebut dapat memberikan sugesti yang positif dikarenakan langsung mengetahui spesifikasi dan apa yang dibutuhkan oleh SDM.

 

Jika Anda masih kesulitan untuk mengenali metode dan pelatihan SDM apa yang tepat, kami siap membantu. Hubungi kami di telepon/WA ke nomor 08112652244 /08112652210



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp