08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Pada artikel sebelumnya yang berjudul “Covert Selling – Menjual Tanpa Terlihat Seperti Menjual #Part 1”, sudah dipelajari beberapa strategi Covert Selling. Memang tidak mudah menerapkan teknik menjual namun tidak terkesan berjualan. Calon pelanggan tidak suka jika dipaksa membeli menjadi alasan mengapa Anda perlu memahami strategi Covert Selling.

Secara teori, sebenarnya strategi ini hanya seperti Anda membangun kedekatan dan kepercayaan kepada pelanggan, memberikan rekomendasi yang sesuai dengan kebutuhan calon pembeli. Dengan begitu, calon pembeli dapat memutuskan apakah dia sudah mendapatkan produk yang tepat atau belum. Namun, apakah semudah itu?

 

Sebelumnya, kita sudah mempelajari tentang :

  1. Product Knowledge
  2. Good Attitude
  3. Conversation Outline
  4. Questions and Giving Suggestion

Lalu bagaimana menguasai strategi Covert Selling selanjutnya?

 

5. Keep Calm

Apabila Anda mencapai “deal” dengan pelanggan, Anda tidak perlu terlalu bersemangat dalam memproses closing. Ketenangan adalah kunci agar Anda tidak terkesan ‘memaksa’. Ketenangan akan menciptakan asumsi positif dalam benak pelanggan, mereka akan merasa Anda ikhlas dan tulus dalam membantu serta memberikan saran produk yang dibutuhkan.

Anda cukup memberikan pernyataan, “Jika Anda memutuskan untuk menerima tawaran produk kami, beri tahu saya kapan saja. Saya akan siap membantu Anda.”

6. Make a Customer Interested

Jangan takut berbagi informasi mengenai produk atau jasa bisnis Anda. Sebab, pelanggan akan lebih tertarik dengan penjual yang informatif dan tidak pelit dalam berbagi ilmu. Dengan menunjukkan alasan yang tepat mengapa mereka harus menggunakan produk Anda, besar kemungkinan pelanggan juga akan tertarik.

7. Actively Respond

Saat menawarkan bisnis Anda di media sosial, jangan lupa merespon para followers atau audiens secara aktif. Anda juga dapat mengajukan pertanyaan terkait brand atau produk yang Anda tawarkan. Rajinlah membuat konten menarik yang akan memicu keterlibatan audiens, contohnya seperti konten kuis, voting, meme lucu ataupun permainan lainnya.

Tak hanya meningkatkan keterlibatan Anda dalam penjualan, tetapi hal ini juga membantu Anda mempelajari apa yang disukai pelanggan dan apa yang mereka harapkan dari bisnis Anda.

Selalu tanggapi dan berikan respon yang baik jika ada komentar atau pertanyaan, sehingga mereka dapat merasa lebih dekat secara emosional dengan brand Anda.

8. Make Someone Smile

Tambahkan bumbu humor dalam konten bisnis Anda. Anda tidak perlu takut jika sesekali  postingan tidak relevan dengan bisnis. Namun, juga perhatikan agar kontennya tidak melenceng terlalu jauh dari informasi produk Anda. Menyelipkan sisi humoris dalam promosi produk itu hal wajar. Bahkan, bisa menarik pelanggan untuk tetap aktif di media sosial bisnis.

9. Remember the 80/20 Rule

Dalam mempromosikan bisnis, ingat aturan 80/20. Aturan 80/20 artinya, 80% usaha dan waktu harus digunakan dalam membangun hubungan baik dengan pelanggan serta memberikan konten yang menarik bagi mereka. Sedangkan 20%-nya, untuk memberikan informasi mengenai brand Anda sehingga pelanggan dapat mengenal Anda lebih dekat. Contoh lainnya, Anda dapat memakai 80% waktu untuk promosi konten dan 20% untuk membuat konten.

Dari dua artikel yang sudah Anda baca, sudahkah Anda memahami strategi Covert Selling? Kunci kesuksesan dalam strategi ini adalah pengetahuan mengenai produk, sehingga pasar dapat menerima dan nyaman terhadap saran-saran yang diberikan. Berikan juga konten-konten terbaik dan edukatif di media sosial sehingga Anda dapat menerapkan teknik menjual tanpa terlihat seperti sedang berjualan.

Program Pelatihan Akeyodia

Silakan hubungi kami di telepon/WA ke nomor 08112652244 /08112652210, jika Anda tertarik mengadakan Training untuk Perusahaan/Instansi/Sekolah, Pelatihan untuk Masa Persiapan Pensiun, Seminar motivasi, 1 on 1 life coaching, 1 on 1 business coaching, konsultasi pribadi, dan seminar online.

Berikut adalah Dokumentasi Workshop Be A Magician Sales yang dilaksanakan pada Rabu, 4 Februari 2015, bertempat di  The 1O1 Hotel, Jogja.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp