08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Tentunya orang tua sangat senang jika memiliki buah hati yang aktif dalam masa pertumbuhannya. Anak memiliki usia tertentu dimana biasanya sudah mulai ingin tahu tentang berbagai hal. Dari sinilah banyak orang tua yang ingin tahu, sebenarnya kapan waktu yang tepat mengajari anak untuk belajar berbisnis, atau sekedar latihan berjualan, mengenal tentang bagaimana berdagang atau yang lainnya.

Sebenarnya, kapanpun saat orang tua memanfaatkan waktu untuk menghasilkan uang dan menabung. Saat-saat tersebut dapat dilakukan bersama dengan anak, sembari mendidik mereka tentang berbisnis.

Cara Sederhana Melatih Anak Berbisnis

Anak dapat dilatih mengenai bagaimana mengelola keuangan yang benar, tentu saja dengan bahasa yang sederhana agar anak lebih mudah memahaminya. Jika Anda masih kesulitan memikirkan caranya, berikut ada beberapa ide dalam melatih berbisnis anak yang dapat Anda sesuaikan dengan kebiasaan di keluarga Anda :

 

1. Membantu Menerima Pesanan

Jika Anda memiliki usaha rumahan seperti memasak, membuat kue, laundry atau yang lainnya. Maka ajak anak Anda untuk ikut sekedar menerima pesanan dan membantu Anda untuk menyiapkan pesanan tersebut.

 

2. Menjual Barang Layak Namun Tidak Terpakai

Ide bisnis ini sederhana dan sangat mudah. Apabila Anda memiliki banyak barang yang masih bagus atau layak pakai tetapi jarang digunakan, ajak anak Anda untuk memilah dan membersihkannya agar dapat dijual kembali. Anda bisa berjualan di depan rumah secara offline atau menjual barang-barang Anda secara online.

 

3. Membuat Kerajinan Tangan

Anda dapat belajar membuat kerajinan tangan memalui internet, seperti membuat bunga dari pita, membuat hiasan ucapan ulang tahun, membuat layangan karakter, lampion karakter dan lain-lain. Saat anak Anda sudah mahir, ajak anak membantu Anda membuatnya. Jika hasilnya sudah layak untuk dijual, maka itulah hasil karya Anda dan anak Anda.

 

4. Merawat Hewan Peliharaan

Mengajak anak merawat hewan peliharaan tentu akan mengajari anak tentang bagaimana menyayangi hewan yang ada di sekitar. Bisnis ini adalah tentang menyediakan jasa untuk merawat hewan peliharan, menyediakan pakan hewan peliharaan, atau penitipan hewan peliharaan.

Mengajarkan anak untuk berbisnis sedari kecil tentu baik untuk masa depannya. Siapa tahu, anak Anda ternyata memiliki bakat dalam bidang usaha dan menjadi pebisnis sukses nantinya. Dengan belajar berbisnis dari kecil, otomatis mereka juga akan belajar mengatur keuangan dengan baik.

Contoh Anak yang Sukses Di Usia Muda

 

#1. Madison Robinson (Texas, Amerika Serikat)

Dia berbisnis sandal jepit bergambar makhluk laut dari usia 8 tahun dan sukses menjadi pengusaha di usia 15 tahun. Dia mendapatkan ide membuat sandal bergambar makhluk laut dengan cahaya berkelap-kelip ketika tinggal di Pantai Galveston Island. Ayahnya yang pernah menjadi desainer membantunya merealisasikan produk tersebut. Pada tahun 2012, usaha tersebut telah mendatangkan penghasilan sebanyak Rp. 16 miliar.

 

#2. Fahma Waluya Rosmansyah dan Hania Pracika Rosmansyah (Indonesia)

Mereka adalah kakak beradik yang membuat aplikasi games interaktif. Keduanya berhasil menjuarai APICTA (Asia Pacific ICT Alliance Awards) 2010 pada kategori Secondary Student Project melalui karya siswa SD Cendikia Bandung / SMP Salman AL-Farisi Bandung. Fahma Waluya Rosmansyah (12 tahun) dan adiknya, Hania Pracika Rosmansyah (6 tahun) masuk pada jajaran pembuat Software Mobile termuda di dunia. Karya mereka merupakan kumpulan program game edukasi sederhana yang dibuat menggunakan Adobe Flash Lite untuk ponsel Nokia E71 dengan judul “My Mom’s Mobile Phone As My Sister’s Tutor”. Keduanya mendapatkan penghasilan yang lumayan, bahkan ditawarkan pekerjaan pada sebuah institusi berbasis aplikasi.

Apabila Anda membaca kisah Nabi Muhammad SAW, beliau juga sudah mulai berdagang pada usia 7 tahun. Kemudian ikut kafilah lintas negara di usia 9 tahun dan mengembangkan harta dagang khadijah di usia 20 tahunan. Berangkat dari hal tersebut, maka sebenarnya mengajarkan anak berbisnis juga bisa diterapkan sedini mungkin. Tentu faktor bakat, dukungan orang tua dan potensi anak juga perlu untuk diperhatikan.

Melalui bisnis, anak akan mempraktekkan ilmu yang didapatkan di sekolah dan yang diajarkan orangtua di rumah. Antara lain :

-. Sikap jujur dalam berdagang

-. Bersikap sopan dan ramah pada pembeli

-. Tidak menjelekkan produk orang lain

-. Dapat dipercaya (Amanah)

-. Belajar produk yang boleh dijual dan tidak

-. Melatih anak untuk menjadi Inovatif dan kreatif

-. Mengajarkan kepemimpinan, disiplin dan bertanggung jawab

-. Melatih anak untuk berani dan optimis

-. Belajar logika matematika (penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian, persentase, semuanya ada dalam kegiatan berdagang)

Dengan melihat potensi yang bisa didapatkan anak untuk mengawali berbisnis sejak usia dini, bukan tidak mungkin nantinya akan menjadi kesempatan anak untuk menuju kesuksesan di masa depan. Melatih berbisnis bagi anak sebetulnya mengajarkan anak tentang mengasah keberanian, tanggungjawab, kemampuan komunikasi, kepercayaan diri dan kemandirian.

Mengajarkan berbisnis kepada anak, berarti memberikan pemahaman bahwa untuk dapat memenuhi kebutuhan atau keinginan, seseorang perlu bekerja, berusaha, dan berjuangan dengan gigih.

Mengenal Program Kami?

Silakan hubungi kami di telepon/WA ke nomor 08112652244 /08112652210, jika Anda tertarik mengadakan Training untuk Perusahaan/Instansi/Sekolah, Pelatihan untuk Masa Persiapan Pensiun, Seminar motivasi, 1 on 1 life coaching, 1 on 1 business coaching, konsultasi pribadi, dan seminar online.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp