08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Membahas soal kritik, kita pasti sudah mengenal istilah ini. Mungkin kita pernah mengalami keduanya; mengkritik maupun dikritik. Karena kritik ini terlihat identik dengan kesalahan atau kelemahan, kadang terasa tidak menyenangkan.

Apa sebenarnya definisi dari kritik? Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), Kritik (n) artinya : kecaman, kadang-kadang disertai uraian dan pertimbangan baik buruk terhadap suatu hasil karya, pendapat, dan sebagainya.

 

Bermacam-Macam Reaksi Bisa Muncul

Ketika mendapat sebuah kritik dari orang, bermacam-macam reaksi bisa muncul. Ada orang yang mudah tersinggung karena kritikan yang diterimanya, tapi orang juga yang cuek dan tidak sensitif, lalu mereka akan menanggapinya dengan santai dan tidak dibawa perasaan. Walaupun kritik itu tidak enak pada awalnya, tapi banyak orang yang merasa mendapat manfaat dari kritikan yang diterimanya. Kritik yang dibarengi dengan pertimbangan dan saran yang membangun bisa membuat orang semakin berkembang.

Untuk orang yang bisa santai dan tidak berubah jadi down ketika dikritik, maka seharusnya tidak ada masalah pada diri mereka. Yang perlu kita perhatikan adalah orang-orang yang dengan mudahnya merasa tersinggung dengan kritikan atas apa yang sedang dikerjakan.

Sensitivitas seseorang terhadap kritik bisa bersumber dari pengalaman masa lalu, bahkan sejak seseorang masih kanak-kanak. Ketika masa kanak-kanak sering mendapatkan celaan dari orang dewasa di sekitarnya (khususnya orang tua sendiri), ia akan mengalami rasa kurang percaya diri dan bahkan kesulitan dalam bergaul dengan teman sebaya.

 

Pahami Manfaat Sebuah Kritikan

Setiap orang pasti sangat senang ketika usahanya dihargai. Sebagian orang begitu senang mendapat pujian. Anda juga seperti itu kah? Dan sebaliknya, pasti pernah mendapat kritikan dari orang-orang terdekat atau bahkan dari orang-orang yang kita tidak kenal.

Wajar saja kalau kita merasa tidak senang ketika ada orang lain yang memberikan komentar atau kritik. Tapi seringkali tidak disadari bahwa nilai sebuah kritikan sangat besar. Sebuah kritikan bisa memberi manfaat yang meningkatkan pencapaian dalam hidup. Ingat, tidak pernah ada orang-orang berhasil di bidang apapun, yang tidak pernah mendapat kritik. 



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp