08112652210 / 08112652244 info@akeyodia.com

Keluar masuknya karyawan atau disebut juga Turnover karyawan menjadi masalah yang banyak dialami oleh perusahaan. Turnover bukan masalah sepele, sebab jika turnover tinggi maka akan berdampak pada proses bisnis. Cara menghadapi turnover sebenarnya sederhana, yaitu membuat karyawan betah bekerja bersama Anda. Namun bagaimana caranya agar karyawan betah bekerja di perusahaan Anda?

Pertanyaan

 

Bukan hanya sekedar membuat karyawan bekerja feel like a home di kantor. Lebih dari itu, karyawan ternyata memerlukan kepuasan kerja, penghargaan, rasa aman, dan perlakuan adil oleh perusahaan. Anda perlu membangun kepercayaan kepada karyawan bahwa bekerja bersama Anda adalah hal yang menyenangkan dan memiliki nilai lebih. Lalu bagaimana caranya?

 

#1. Membangun Keterbukaan

Saat perekrutan karyawan Anda harus memberikan kesempatan untuk karyawan, artinya ada kesempatan komunikasi dua arah. Bangun diskusi tentang apa yang didapatkan saat bekerja nanti. Dan jangan lupa untuk menjabarkan value dan budaya apa yang akan didapatkan di perusahaan Anda. Ketika karyawan sudah bekerja bersama Anda. Anda dapat memberikan waktu konsultasi tentang masalah yang dihadapi.

 

#2. Membangun Tantangan

Sebagai pemilik perusahaan jangan hanya mengandalkan rutinitas kerja saja yang membosankan, tetapi Anda perlu membangun tantangan. Beberapa karyawan tidak betah bukan karena kecilnya gaji, tetapi kesempatan untuk mendapatkan tantangan baru dan ilmu baru yang kecil. Jadi buatlah karyawan Anda bernilai dengan memberikan mereka tantangan kerja dan belajar hal baru di luar pekerjaannya. Buat mereka tertantang dengan memberi kesempatan untuk bertanggung jawab pada proyek yang lebih besar.

 

#3. Perhatikan Kebutuhan Karyawan

Bagi sebagian karyawan gaji bukanlah hal yang utama, tetapi bagaimana caranya mereka mencapai idealisme di tempat kerja. Maka bangun komunikasi dengan karyawan dan tanyakan apa yang mereka inginkan dan butuhkan. Kebutuhan dan keinginan karyawan hanya tentang besarnya gaji, tetapi terkait fleksibilitas, kebahagiaan, jenjang karier, dan kesempatan belajar.

 

#4. Menghilangkan Kesenjangan

Terkadang ada karyawan yang merasa tidak adil terkait pekerjaan dan kedudukannya sama tetapi gaji salah satunya lebih tinggi. Perusahaan perlu terbuka dengan karyawan. Sikap terbuka disini penting untuk meningkatkan nilai, rasa memiliki, dan loyalitas. Anda perlu membuat transparansi tentang kenaikan gaji, intensif, sampai bonus.

 

#5. Membuat Lingkungan yang Dinamis

Di zaman yang serba cepat dan dinamis ini, semua pekerjaan membutuhkan kolaborasi. Sehingga menciptakan lingkungan kerja yang dinamis akan meningkatkan nilai dan rasa memiliki pada setiap karyawan.

Diperlukan model kantor yang kolaboratif dan lingkungan kerja yang menyenangkan agar karyawan betah dan dapat berkembang. Misalnya dengan membuat fleksibilitas kerja, fasilitas kerja fisik (kafe, tempat ibadah yang nyaman, ruang pribadi, dll) dan fasilitas kerja non-fisik (program pelatihan, event, dll).

 

#6. Buat Mereka Bangga Bergabung Bersama Anda

Buat karyawan yang bekerja bersama Anda merasa bangga. Salah satu caranya dengan penerapan teknologi. Banyak karyawan yang memilih bekerja di perusahaan startup selain karena involvement, juga karena penerapan teknologi. Contoh penggunaan teknologi pada human resource adalah aplikasi presensi. Aplikasi presensi menjawab kebutuhan karyawan, yaitu terkait kemudahan akses dan dapat mengontrol karyawan secara real-time berbasis GPS.

Jadi bagaimana menurut Anda? Lebih mudah membuat mereka nyaman bekerja bersama Anda atau membiarkan turnover terjadi?

 

Pelatihan Karyawan Bersama Akeyodia

Langsung telepon/WA ke nomor 08112652244 /08112652210, jika Anda tertarik menyelenggarakan Training untuk karyawan baik online maupun offline. Kami juga siap untuk bekerja sama menyelenggarakan seminar motivasi, 1 on 1 life coaching, 1 on 1 business coaching, dan konsultasi.

Simak juga pembelajaran: INSPIRING QUOTES #39 – FAKTOR KEBERHASILAN KE-3 SELAIN BAKAT DAN KERJA KERAS! Apa itu?




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp
Pusat Pakaian Murah - Jasa Pembuatan Website Solo - Grosir Gamis