08112652210 / 08112652244 info@akeyodia.com

Apabila Anda saat ini mengalami cash flow macet, tentu Anda wajib mencari jalan keluarnya. Cash flow berarti arus kas, artinya adalah laporan keuangan yang berisi kenaikan serta penurunan bersih kas dalam satu periode tertentu. Cash flow juga berisi pengaruh kas pada kegiatan operasional, transaksi investasi, serta pendanaan.

Agar para pelaku UKM dan UMKM dapat melewati krisis yang terjadi, maka perlu diperhatikan kestabilan cash flow mereka. Sebab cash flow menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan jika usaha ingin berkembang. Maka jika cash flow tersendat dan macet, maka segera cari jalan keluarnya. Beberapa jalan keluar yang dapat Anda lakukan adalah :

 

#1. Persyaratan Pengajuan Kredit Diperketat

Buat aturan baku yang baru terkait pengajuan kredit. Membuat peraturan yang ketat tentang pengajuan kredit dapat menjadi solusi cash flow macet. Anda bisa terhindar dari kemungkinan kredit macet.

Mulailah dengan mencari tahu tentang kemampuan membayar cicilan pelanggan Anda tersebut. Gunakan pengingat untuk pelanggan yang sedang kredit. Sebab jika piutang tidak segera ditagih, akan membuat cash flow Anda macet di tengah jalan. Anda juga dapat memberi reward pada pelanggan yang membayar kredit sebelum jatuh tempo.

 

#2. Mendorong Peningkatan Penjualan Produk

Solusi cash flow tentu dengan mendorong peningkatan penjualan melalui pelanggan baru, menawarkan produk baru pada pelanggan lama, atau dengan meningkatkan kualitas pelayanan Anda. Lakukan pemasaran via online agar potensi promosi dapat menjangkau lebih luas.

Apabila produk Anda termasuk produk yang murah, maka pastikan berkualitas dan berikan pelayanan yang baik. Karena jika pelanggan kecewa, maka mereka tidak akan berbelanja pada Anda dan membuat testimoni usaha Anda buruk.

 

#3. Atur Prioritas

Sebagai pelaku UKM dan UMKM, Anda wajib memahami tentang biaya produksi perusahaan Anda. Dengan mengetahui biaya produksi, Anda dapat menekan biaya yang tidak perlu. Buat prioritas, misalnya dengan membeli bahan baku sesuai yang Anda butuhkan dan melakukan perawatan terhadap peralatan produksi. Sebab dibanding membeli baru, merawatnya akan memperkecil kerusakan. Bijaklah dan kenalilah apa saja biaya mendesak yang harus dikeluarkan serta yang tidak mendesak dan bisa ditunda.

 

#4. Bijaklah Mengatur Stok Barang

Terkadang cash flow perusahaan banyak terganggu oleh stok yang menumpuk di gudang. Hal ini akan menghambat arus masuk perusahaan, sedangkan biaya operasional akan terus berjalan. Apalagi jika stok yang disimpan tersebut rusak, tentu Anda akan mengalami kerugian. Oleh sebab itu sebagai pelaku UKM dan UMKM, Anda tentunya akan mempertimbangkan terkait stok barang.

Bagaimana dengan kondisi usaha Anda saat ini? Jika benar cash flow Anda sedang terhambat. Belum terlambat untuk memperbaiki kondisi ini sebelum terlanjur lebih macet lagi. Semoga bermanfaat untuk kemajuan bisnis Anda.

 

Program Akeyodia

Anda dapat menghubungi kami di 08112652244 /08112652210, jika Anda tertarik untuk menyelenggarakan Training, Bootcamp, Seminar motivasi, 1 on 1 life coaching, 1 on 1 business coaching, dan konsultasi.

Simak juga pembelajaran: INSPIRING QUOTES #4 : HATERS ARE ALWAYS GONNA HATE?




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp
Pusat Pakaian Murah - Jasa Pembuatan Website Solo - Grosir Gamis