08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Bagi Anda yang menjadi karyawan namun memiliki pandangan jauh ke depan, tentu tidak hanya mengandalkan gaji dari kantor saja. Apalagi jika Anda memilik tanggungan lainnya. Oleh sebab itu, banyak yang memilih membuka bisnis sampingan demi menambah pemasukan.

Sayangnya, karena Anda harus tetap fokus pada pekerjaan kantor, waktu yang terbatas membuat pengelolaan bisnis kurang optimal. Tetapi tidak ada sesuatu yang tidak mungkin, karena Anda bisa membuka bisnis tanpa harus mengganggu pekerjaan di kantor. Bagaimana caranya? Simak artikel ini sampai selesai.

 

1. Check your Free Time

Terkadang seseorang memilih mundur setelah baru satu atau dua bulan menjalankan bisnis. Mereka merasa tidak punya waktu untuk mengurus bisnisnya. Sebenarnya mereka dapat memanfaatkan sisa waktu setelah bekerja atau weekend untuk berbisnis.

Sebaiknya catat semua waktu luang yang Anda miliki secara detil. Tidak harus lama, 2 sampai 3 jam per hari saja sudah cukup untuk mengawasi perkembangan bisnis Anda. Selebihnya, Anda dapat meminta bantuan orang tua atau saudara untuk mengurus bisnis.

 

2. Choosing What Type of Business to Start

Bisnis yang ada di sekitar Anda tentu sangat beragam. Ada bisnis dibidang jasa, kuliner, transportasi, online shop dan lainnya. Identifikasi bisnis yang paling sesuai dengan kemampuan dan karakteristik Anda. Apabila Anda mahir dalam bidang pemasaran dan penggunaan sosial media, maka bisnis online shop cocok untuk ditekuni.

Ketika bisnis yang dipilih sesuai dengan kemampuan, Anda pasti lebih mudah untuk menjalankan bisnis tersebut. Bahkan masalah yang terjadi pada bisnis juga mudah untuk diselesaikan. Ini karena Anda mampu mengidentifikasi penyebab masalah dan menemukan solusinya.

3. Capital Used For In a Business

Sebelum Anda membuka bisnis, coba hitung apakah bisnis yang akan Anda kembangkan memerlukan modal atau tidak. Analisis juga apakah modal yang Anda punya sudah cukup atau belum. Jumlah modal yang dibutuhkan tergantung dari jenis dan ukuran bisnis yang ingin Anda jalankan.

4. Hire Qualified Employees

Rekrut orang yang memiliki dedikasi, komitmen, dan integritas yang tinggi. Memiliki karyawan atau tim yang berkualitas akan membantu bisnis Anda berjalan dan berkembang. Rekrut satu orang kepercayaan jika Anda tidak sanggup menjalankan bisnis seorang diri. Selain meringankan pekerjaan, dia akan membantu Anda untuk mengelola bisnis, sehingga bisnis tidak tersendat.

Ajak dia untuk bertukar pikiran dan berdiskusi mengenai hambatan yang menimpa bisnis Anda. Sebab, nasib bisnis Anda sebagian besar bergantung di tangan orang kepercayaan Anda.

5. Take Time to Relax

Pekerjaan kantor saja sangat menyita waktu, apalagi ditambah berbisnis. Anda bisa jadi tidak punya waktu untuk diri sendiri. Dalam jangka panjang, ini akan dapat memicu terjadinya stres. Bekerja dan berbisnis itu penting, tapi jangan sampai lupa untuk membahagiakan diri sendiri. Saat Anda rileks, aliran darah meningkat ke seluruh tubuh dan dapat memberi Anda lebih banyak energi. Ini membantu Anda untuk memiliki pikiran yang lebih tenang dan jernih sehingga dapat membantu berfikir positif, konsentrasi, dan tenang dalam pengambilan keputusan.

6. Quality Time

Quality time adalah waktu berkualitas yang dihabiskan untuk memberikan semua perhatian kepada orang terdekat. Sesibuk apapun Anda, jangan sampai mengabaikan kualitas waktu bersama orang-orang tercinta. Selain membawa kebahagiaan, kehadiran orang lain akan membuat beban Anda hilang secara perlahan. Pastikan karier dan kehidupan pribadi Anda berjalan seimbang.

7. Lifelong Learning

Dalam perjalanannya baik pekerjaan maupun dalam bisnis, tentu tidak dapat terlepas dari kegagalan. Terutama saat fokus Anda terpecah pada dua pekerjaan yang berbeda. Di satu sisi Anda harus menjaga profesionalitas dan produktivitas di kantor, di sisi lain Anda harus mampu mengelola bisnis. Pelajari penyebab kegagalan dan cari cara agar kegagalan tidak terulang kembali di kemudian hari.

Program Pelatihan Akeyodia

Silakan hubungi kami di telepon/WA ke nomor 08112652244 /08112652210, jika Anda tertarik mengadakan Training untuk Perusahaan/Instansi/Sekolah, Pelatihan untuk Masa Persiapan Pensiun, Seminar motivasi, 1 on 1 life coaching, 1 on 1 business coaching, dan konsultasi pribadi. Kami juga menyediakan jasa pelatihan secara online, konsultasi online dan seminar online.




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp