08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Meskipun masa pensiun adalah hal yang wajar, tetapi ada perasaan cemas disetiap orang yang menghadapinya. Bukan hanya memikirkan penghasilan yang mulai berkurang, tapi bisa jadi mengenai merasa kehilangan komunitas tempat kerja.

Banyak yang masih memikirkan apa yang akan dilakukan setelah memasuki masa pensiun. Secara psikologis orang yang akan memasuki masa pensiun akan merasa tidak produktif dan cenderung merasa bingung. Meskipun sebenarnya banyak sekali hal yang dapat Anda lakukan saat pensiun, misalnya hal-hal sebagai berikut :

 

Membuka Toko Kelontong

Anda bisa bekerja sama dengan vendor atau franchise, misalnya Indomart atau alfamart. Namun, jika Anda lebih suka membuka toserba dengan manajemen sendiri, Anda bisa meniru konsepnya. Anda bisa menggunakan metode  ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) dari toko minimarket yang sudah sukses. Misalnya dengan meniru konsep penataan produk, konsep manajemen karyawan, atau meniru cara mereka melakukan promosi.

 

Membuka Usaha Bidang Fashion

Jika kita bicara fashion, maka bukan hanya anak muda yang membutuhkan, semua usia membutuhkan fashion. Artinya ini adalah kesempatan Anda untuk menyasar target market lebih luas. Pada bisnis fashion disegmen usia 40-70 tahun belum banyak yang melakukan. Rata-rata bisnis fashion menyasar usia produktif antara 15-40 tahun.

 

Jasa Laundry Kiloan

Jasa laundry kiloan merupakan bisnis yang tidak ada matinya. Anda bisa memanfaatkan peluang ini saat Anda sudah pensiun. Peluang ini menjanjikan, apalagi jika lokasi yang Anda pilih strategis, misalnya lingkungan kos-kosan, lingkungan kampus dan lingkungan perkantoran. Anda hanya membutuhkan di antaranya mesin cuci dan pengering, setrika, dan tim pekerja. Seperti bisnis pada umumnya, jangan lupa bahwa Anda akan membutuhkan promosi untuk mengenalkan usaha jasa loundy Anda. Anda bisa melakukan inovasi dan menawarkan kelebihan  jasa loundry Anda. Misalnya cuci 5 kali gratis 1 kilo, dan selalulah jaga kualitas jasa Anda.

 

Jasa Cuci Mobil dan Motor

Usaha ini tidak menyita waktu dan membebani aktivitas fisik Anda, tetapi tentunya harus dilakukan dengan membentuk tim. Modal usaha yang dikeluarkan bisa Anda minimalisir, misalnya dengan memanfaatkan lahan kosong yang Anda miliki.

 

Usaha Rental Mobil

Bisnis ini sedikit mahal, tapi jika Anda sebelumnya memang sudah memiliki beberapa unit mobil, tentu usaha ini terbilang sangat mudah tapi menguntungkan. Jika Anda memiliki relasi kantor pada saat Anda bekerja, Anda bisa coba menghubungi mereka untuk bekerja sama dan menawarkan jasa rental mobil milik Anda. Menyewakan mobil pada perusahaan lebih menguntungkan dalam jangka waktu lama dari pada menyewakan mobil pada perorangan yang biasanya menyewa harian.

 

Jasa Konsultasi

Apabila Anda pensiunan dari perusahaan keuangan, atau pensiunan seorang dosen psikologi, Anda bisa membuka jasa konsultasi. Banyak sekali jenis konsultasi, mulai dari konsultasi manajemen keuangan, sampai konsultan psiokolgi. Tergantung apa kemampuan khusus Anda, Anda dapat menjadi konsultan ahli di bidang Anda.

Jika Anda masih merasa usaha di atas belum sesuai, simak artikel “Cara Mengubah Galau Saat Pensiun Melanda” atau pada artikel “Apa yang Akan Anda Lakukan Pada Gaji Anda saat Pensiun Nanti?”. Siapa tahu disana Anda menemukan passion tersebut.

Untuk Anda yang ingin didampingi bisnisnya, Silakan hubungi kami di telepon/WA ke nomor 08112652244 /08112652210.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp