08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Semua pengusaha pasti sudah memahami seberapa penting promosi. Promosi sendiri merupakan suatu aktivitas komunikasi yang dilakukan sebagai upaya memperkenalkan atau menawarkan suatu produk. Tujuan dari  memperkenalkan atau menawarkan suatu produk tersebut adalah untuk menarik calon konsumen untuk menggunakan barang atau jasa tersebut. Promosi memegang peranan yang penting jika Anda ingin meningkatkan penjualan.

Contohnya saja, tanpa adanya promosi, produk sebaik apapun kualitasnya, tidak akan dikenal oleh calon konsumen. Sebaliknya, meski suatu produk biasa saja, jika menggunakan metode promosi yang tepat, produk tersebut akan lebih mudah terjual di pasaran.

Secara umum, promosi bertujuan untuk menyebarluaskan informasi tentang suatu produk kepada calon konsumen yang paling potensial. Sehingga dapat menjangkau dan memperoleh konsumen baru, serta menjaga loyalitas konsumen yang sudah ada. Dengan begitu, perusahaan mampu meningkatkan angka penjualan dan keuntungan yang diperolehnya.

Promosinya Seperti Apa?

Ada banyak cara promosi yang dapat Anda terapkan sesuai dengan kebutuhan dan tujuan penjualan Anda. Contohnya adalah sebagai berikut :

 

1. Diskon

Bukan sebuah rahasia jika diskon sebenarnya hanyalah permainan harga. Sebelum memperoleh diskon, harga suatu barang biasanya sudah dinaikkan terlebih dahulu. Diskon atau potongan harga merupakan benefit yang dapat diperoleh konsumen ketika mereka melakukan pembelanjaan produk berupa pengurangan harga dengan persentase tertentu. Diskon diberikan pada saat itu juga untuk mengurangi harga aslinya.

2. Cashback

Cashback menjadi metode promosi yang populer akhir-akhir ini, banyak sekali marketplace yang menggunakan metode ini. Ada pula startup seperti Shopback dan Cashbac yang menyediakan bonus cashback setiap kali Anda belanja online. Cashback merupakan penawaran yang memungkinkan konsumen untuk memperoleh pengembalian uang tunai ataupun uang virtual dengan persentase tertentu dan telah memenuhi syarat tertentu.

3. Buy 1 Get 1 Free

Buy 1 get 1 free juga menjadi salah satu alternatif promosi yang dapat diterapkan. Bisa dikatakan promo Buy 1 get 1 free merupakan nama lain dari diskon, namun dengan syarat. Buy 1 get 1 free sama saja seperti membeli produk yang mendapat diskon 50%, karena yang sebenarnya terjadi adalah konsumen “dipaksa” untuk membeli dua produk. Promosi tersebut cukup efektif untuk mempercepat perputaran arus kas bisnis, meski keuntungan yang didapat tidak sebanyak saat harga normal.

4. Flash sale

Flash sale artinya penjualan kilat, Pada dasarnya hampir sama seperti diskon, hanya saja barang yang dijual biasanya tidak banyak dan tersedia dalam waktu sangat singkat. Flash sale efektif untuk meningkatkan brand awareness. Strategi ini dinilai sangat efektif untuk menarik minat audiens.

5. Gift Box

Gift box adalah hadiah yang sengaja disediakan oleh suatu brand untuk konsumen yang membeli produk mereka. Ketika konsumen membeli sesuatu, mereka akan mendapatkan produk lain sebagai hadiah atas pembelian yang dilakukan. Produk hadiah yang disediakan biasanya memiliki keterkaitan dengan produk yang dijual. Misal, jika Anda menjual produk berupa smartphone, maka hadiah yang bisa diberikan adalah tempered glass ataupun silicon case.

Bagaimana Agar tidak Sekedar Promosi?

Saat Anda membuka media sosial, bermunculan banyak sekali promo atau iklan. Tapi apakah semua menarik? Tentu tidak. Sebagian justru terselubung yang kebanyakan orang akan melewatkannya. Lalu bagaimana agar menarik?

 

1. Storytelling

Buat kalimat promosi atau iklan yang lebih halus dan bernada cerita, sehingga disukai pembaca. Mungkin Anda pun lebih suka status yang berbau cerita dibandingkan status jualan. Ilmu storytelling ini sangat penting untuk Anda dikuasai.

 

2. Perdalam Ilmu Persuasi

Kalau Anda berniat mempengaruhi orang lain untuk membeli produk Anda, setidaknya Anda perlu menggunakan kata-kata tertentu agar mereka terpengaruh. Maka ilmu persuasi ini penting Anda miliki. Jangan sampai mereka membeli produk hanya karena kasihan. Maka buatlah kata-kata yang elegan dan berkelas.

3. Teknik Softselling

Iklan softselling bisa dijumpai dalam bentuk web series di YouTube. Produk yang diiklankan, biasanya baru muncul di akhir episode. Promosi produk melalui web series dikemas menarik sehingga penonton tidak merasa begitu terganggu, karena terkesan seperti menonton film.

Memang benar, gaya beriklan dengan bercerita akan menjadi strategi untuk menyentuh emosi pembaca dengan rangsangan otak reptil manusia. Otak reptil adalah bagian otak yang bertugas untuk mengambil keputusan. Dalam penjualan, bagian inilah yang akan bertugas mengambil keputusan apakah mereka mau beli atau tidak.  Pada dasarnya untuk beriklan membutuhkan keahlian yang tujuannya menemukan sesuatu yang disukai orang.

 

Apa Program Akeyodia?

Silakan hubungi kami di telepon/WA ke nomor 08112652244 /08112652210, jika Anda tertarik mengadakan Training, 1 on 1 life coaching, 1 on 1 business coaching atau konsultasi pribadi.

Dokumentasi Seminar Series “Branding Your Market Segmentation: Capek Mancing Customer? Dijaring Ajaah” yang diselenggarakan pada Rabu, 21 Maret 2018 di Hotel Novotel Solo.

 



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp