08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Perang dagang dunia dan merebaknya pandemi memberikan dampak signifikan terhadap perekonomian di Indonesia. Masyarakat berada dalam kondisi waspada dan berhati-hati dengan membatasi bepergian, berkumpul, dan konsumsi. Hal ini tentu saja berimbas pada transaksi jual beli di pasaran. Semua terkena imbas, mulai dari restoran, pusat perbelanjaan, transportasi online, hingga para pelaku UKM.

Saat ini, penggunaan teknologi menjadi solusi terbaik untuk membantu roda perekonomian UKM tetap berjalan. Selain bantuan modal oleh pemerintah, pemasaran melalui media sosial dan otomasisasi pembukuan akan memudahkan UKM untuk menyusun strategi yang tepat guna kelangsungan usaha saat ini dan ke depannya. Ada beberapa strategi yang dapat diterapkan oleh UKM dalam menghadapi dampak pandemi ini, yaitu :

#1. Pemanfaatan Media Sosial

Saat ini masyarakat masih mengurangi tatap muka dan keluar rumah. Sehingga media sosial dapat menjadi salah satu cara untuk mempromosikan produk atau usaha yang Anda miliki. UKM di Indonesia mulai saling membantu, mulai dengan aktif menceritakan produk atau usaha, memberikan promo, hingga minta bantuan teman untuk promosikan usahanya.

#2. Cashflow Terjaga

Arus kas menjadi faktor penting dalam bisnis, sehingga pemilik usaha harus mampu mengelola uang tunai secara optimal dan baik. Dengan situasi seperti ini, pemilik usaha ada yang menjadi terhambat dalam melakukan penagihan dan pembayaran kepada mitra usaha karena biasa dilakukan manual tatap muka. Solusinya adalah  menggunakan software akuntansi online, tujuannya adalah untuk membantu membuat dokumen penagihan dan pembayaran dengan mudah. Faktur  atau invoice dapat dikirim atau diterima otomatis melalui e-mail sebagai pemberitahuan resmi kepada mitra usaha untuk melakukan transaksi tanpa perlu bertemu langsung.

 

#3. Rencanakan Anggaran Biaya

Mulailah untuk melihat kembali rencana anggaran biaya. Sebab hal ini menjadi hal yang krusial di masa pandemi. Pemilik usaha harus dapat memilah pos anggaran mana yang menjadi prioritas dan melakukan penyesuaian budget untuk mengupayakan usaha tetap berjalan dengan risiko yang dapat diantisipasi.

#4. Monitor Transaksi Bisnis

Anda dapat melakukan transaksi perbankan secara online di mana saja dengan aplikasi yang tersedia. Contohnya jika Anda melalui fitur Cashlink pada Jurnal, pemilik usaha dapat melakukan rekonsiliasi bank secara otomatis tanpa perlu repot mengunjungi kantor fisik. Nantinya Jurnal akan menampilkan ringkasan rekonsiliasi bank pada semua akun kas dan bank, serta perubahan saldo kas dan bank yang belum dicatat.

#5. Kondisi Stok Barang

Anda dapat mengecek status persediaan barang secara berkala dan real time. Jika Anda menggunakan fitur Inventory Jurnal, pemilik usaha tidak hanya menghitung persediaan barang, tetapi juga mengetahui harga jual beli rata-rata dan menginformasikan ketersediaan stok. Monitor persediaan barang juga diperlukan untuk memperoleh referensi, misal produk mana yang paling diminati dan kurang diminati, produk mana yang akan segera habis masa berlakunya, stok yang kosong, dan lainnya.

Saat ini teknologi memegang peranan besar dalam keberlangsungan operasional perusahaan. Adopsi teknologi cloud melalui software akuntansi seperti Jurnal akan memudahkan pemilik usaha untuk tetap memantau serta mengakses laporan keuangan usaha dengan aman di mana pun dan kapan pun serta biaya yang terjangkau.

Program Pelatihan Akeyodia

Silakan hubungi kami di telepon/WA ke nomor 08112652244 /08112652210, jika Anda tertarik mengadakan Training untuk Perusahaan/Instansi/Sekolah, Pelatihan untuk Masa Persiapan Pensiun, Seminar motivasi, 1 on 1 life coaching, 1 on 1 business coaching, dan konsultasi pribadi. Kami juga menyediakan jasa pelatihan secara online, konsultasi online dan seminar online.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp