08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Bagi yang sudah berkeluarga, pasti percaya bahwa setiap fase kehidupan merupakan proses belajar yang terus berjalan. Masalah finansial konon katanya menjadi faktor terbesar hadirnya masalah rumah tangga.

Nah, akhir-akhir ini ramai sekali yang membahas Drama Korea A World of Married Couple. Ternyata tidak hanya menguras emosi yang menyaksikannya, tetapi ada banyak pelajaran yang dapat diambil dari ceritanya, terutama permasalahan financial dalam keluarga.

Perlukah Terbuka Tentang Financial Sebelum Menikah?

Bicara tentang keuangan, ada baiknya terbuka sebelum menikah dengan pasangan. Diskusikan apa saja yang menjadi sumber pendapatan dan berapa besar pengeluaran bersama setiap bulannya. Bicarakan dengan pasangan soal utang, investasi, alokasi dana darurat, dan proteksi keuangan.

Seorang perempuan juga perlu memiliki pengetahuan dasar soal keuangan rumah tangga. Baik Anda sebagai ibu rumah tangga maupun wanita karier, ilmu dasar ini sangat penting untuk dimiliki. Pengetahuan tentang keuangan menjadi bekal penting untuk mengambil keputusan finansial yang tepat, mulai dari keputusan pengeluaran bulanan, tabungan, dana pendidikan, budget kebutuhan rumah tangga, rekreasi, serta dana asuransi.

Setelah menikah, rajin-rajinlah me-review aset serta kondisi keuangan Anda dan keluarga, apakah cukup kuat untuk beberapa waktu ke depan. Jangan seperti karakter Sun-woo yang telat mengetahui bahwa suaminya selama ini telah menyelewengkan uang cicilan rumah dan mencairkan beberapa dana penting keuangan keluarga, hanya untuk menyenangkan selingkuhannya.

Dalam menjalin hubungan, baik itu pacaran apalagi rumah tangga, keuangan seharusnya menjadi hal yang terbuka untuk dibicarakan. Jika pasangan Anda ternyata bukan orang yang mudah diajak berdiskusi soal kondisi keuangan, ini adalah semacam peringatan untuk Anda. Sifat tertutup soal keuangan dapat saja menandakan bahwa pasangan Anda tidak memiliki skill manajemen yang baik.

 

Pelajaran Financial Apa yang Dapat Diambil?

Seorang wanita yang memiliki penghasilan sendiri selain dapat memenuhi kebutuhannya sehari-hari, juga dapat digunakan untuk persiapan di masa depan, misalnya untuk dana darurat atau dana pensiun. Mandiri secara finansial berarti tidak lagi bergantung pada orang lain, hal ini tentu bisa membuat diri lebih mandiri ketika ada kejadian yang tidak diinginkan, misalnya perceraian atau musibah lainnya.
Lalu apa hikmah yang dapat diambil dari A World of Married Couple? Berikut adalah beberapa pelajarannya :

#1. Anda Tahu Siapa yang Mengelola Keuangan Keluarga

Di dalam rumah tangga, manajer keuangan adalah pasangan yang bertanggung jawab mengelola keuangan, membuat budget pengeluaran, menjalankan rencana pengeluaran dan membuat laporan keuangan.

Di beberapa episode, Sun-woo yang berpenghasilan besar lebih berperan seperti mesin ATM yang sering mengeluarkan uang untuk berbelanja atau membayar tagihan. Sementara, urusan yang lebih penting seperti mengambil pinjaman hingga mencairkan investasi malah dilakukan oleh Tae-oh.

Nah, coba evaluasi di keluarga Anda, siapa yang manajer keuangan dan yang bertugas membayar tagihan?

Dalam suatu episode Sun-woo memanfaatkan seorang akuntan untuk menyelidiki kasus keuangan Tae-oh, Sun-woo kaget saat suaminya (Tae-oh) mengambil utang dan mencairkan polis asuransi anak mereka (Joon-young).

Jadi luangkan waktu setidaknya sebulan sekali untuk cek laporan bank, investasi dan lainnya yang berhubungan dengan keuangan. Pastikan Anda paham betul posisi jumlah aset dan kewajiban keuangan rumah tangga setiap saat dengan financial check up.

#2. Anda Punya Tujuan Keuangan Keluarga

Jika kalian adalah pasangan suami istri dan sekaligus sudah menjadi orang tua, mulailah pikirkan apa tujuan keuangan atau finacial goal yang diinginkan dalam rumah tangga. Pastikan Anda mempunyai dana darurat, persiapan membeli aset, dana pendidikan dan dana pensiun agar tidak jadi sandwich generation di kemudian hari.

#3. Buatlah Rekening Bersama

Agar suami istri dapat menjalankan operasional rumah tangga dengan baik, rekening bersama dapat digunakan untuk membayar kebutuhan sehari-hari atau menyimpan dana darurat.  Dana di rekening bersama sumbernya dari penghasilan suami istri, namun jangan mempermasalahkan siapa yang paling besar, yang terpenting Anda berdua sepakat dan komitmen untuk menyalurkan bagian dari gaji ke rekening bersama.

Film yang membuat orang penasaran dari episode pertama ini mengajarkan jika dari banyaknya pertikaian yang terjadi di rumah tangga, permasalahan keuangan dapat menjadi salah satu diantaranya. Jadi, sebelum memutuskan menikah Anda harus memulai untuk membiasakan bicara tentang target finansial dan perencanaan keuangan masing-masing.

Ini merupakan salah satu kunci sebelum melanjutkan merencanakan tujuan hidup yang lebih besar.  Disini, A World of Married Couple merupakan gambaran nyata betapa pentingnya memahami kondisi finansial pasangan sebelum akhirnya memutuskan menikah.

Silakan hubungi kami di telepon/WA ke nomor 08112652244 /08112652210, jika Anda tertarik mengadakan In House Training, 1on1 Business Coaching, 1 on 1 life Coaching atau Konsultasi.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp