08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Pensiun bagi sebagian orang dianggap sebagai kenyataan yang tidak menyenangkan, sehingga kebanyakan mereka sudah merasa cemas memikirkan kehidupan dikemudian hari. Oleh karena itu, sering terjadi orang yang pensiun tidak menikmati masa pensiunnya dengan hidup santai, tetapi malah mengalami problem kejiwaan atau pun fisik karena dipicu oleh stress.

Sebenarnya, salah satu hal perlu ditekankan kepada calon pensiunan adalah, masa pensiun bukanlah akhir dari segala-galanya. Mereka masih dapat melakukan aktivitas yang bermanfaat bagi dirinya sendiri, lingkungan dan mampu menciptakan alternatif pendapatan kembali.

Namun untuk menyiapkan pensiunan yang tangguh, memang dibutuhkan banyak pengetahuan maupun keterampilan. Termasuk di dalamnya pengetahuan tentang berbagai trend pasar, usaha yang berkembang, dan paling penting tentang perencanan pengelolaan keuangan.

Bagaimana Jika Pensiun Dini?

Banyak yang mulai tertarik untuk melakukan pensiun dini, karena ingin mempunyai waktu yang lebih lama untuk bercengkrama dengan keluarga. Namun ada juga yang pensiun dini karena keadaan perusahaan yang tengah krisis. Apapun alasannya, berikut strategi yang dapat dilakukan agar siap menghadapi pensiun dini :

-. Anda perlu mulai menabung sejak Anda pertama diterima bekerja. Anda dapat memprioritaskan tabungan setelah kebutuhan utama terpenuhi. Dan jangan mengambil uang dalam tabungan pensiun tersebut sebelum memasuki masa pensiun.

-. Perkirakan kebutuhan yang Anda butuhkan setiap bulannya jika pensiun nantinya. Dengan melakukan perhitungan, maka Anda bisa menjamin standar kehidupan Anda.

-. Lakukan investasi sehingga standar hidup Anda tidak akan berubah terlalu banyak. Anda perlu mempunyai keahlian agar bisa mendapatkan profit untuk digunakan saat masa pensiun nantinya.

Di Akeyodia, materi pelatihan masa persiapan pensiun disiapkan dengan runtut dengan menekankan pada penyiapan aspek psikologis dan kesehatan, aspek keuangan, mengelola aset, serta prinsip kewirausahaan sesuai dengan minat individu.

 

Materi dalam Pelatihan Masa Persiapan Pensiun

#1. Materi Terkait Kesehatan Mental

Dalam memasuki masa pensiun perlu dilakukan berpersiapan mental, pola pikir, serta rencana yang baik, agar masa pensiun tetap menjadi masa yang produktif dan tetap semangat untuk terus berkarya. Hal ini didasari karena banyak pensiunan yang stres, depresi, tidak bahagia, merasa kehilangan harga diri dan kehormatan  saat pensiun tiba. Hal tersebut adalah beberapa hal yang dialami oleh mereka yang terkena post power syndrome. Post-power syndrome merupakan gejala individu membayangkan kebesaran dan kemampuan di masa lalu.

Pensiun bukan berarti motivasi diri untuk Anda hidup juga ikut luntur. Pada masa ini justru diharapkan motivasi yang ditumbuhkan harus semakin tinggi dan kuat. Anda tetap menjadi pribadi yang bermanfaat meski sudah pensiun dan dapat menjadi seorang pebisnis yang sukses dengan mengimplementasikan pengalaman yang didapat selama di dunia kerja Pengalaman yang dimiliki selama bekerja tentu dapat menjadi modal untuk dikembangkan menjadi profesi yang menguntungkan.

#2. Materi Terkait Manajemen Keuangan

Setiap pensiunan tentu memiliki uang pesangon dari perusahaan. Pensiunan perlu diberikan pemahaman tentang manajemen keuangan yang baik. Sebab, ternyata mengelola dana pensiun tidaklah mudah. Anda perlu melakukan perencanaan keuangan yang matang sejak awal untuk mempersiapkan dana pensiun hari tua Anda. Anda juga diharapkan mampu mengelola kewajiban dan aset Anda dengan baik, atau bahkan dapat menjadikan kewajiban sebagai aset untuk menambah penghasilan.

#3. Materi Terkait Hidup Sehat

Para pensiunan tentu sangat berharap memiliki kondisi fisik yang sehat pada usia pensiun. Mereka ingin hidup dengan pola yang sehat, namun terkadang sulit terlaksana karena berbagai situasi. Misalnya konsumsi makanan yang tidak dianjurkan, malas berolah raga, dan sebagainya. Maka dari itu, pensiunan perlu diberikan pemahaman tentang pola hidup sehat.

#4. Materi Tentang Entrepreneurship

Menjadi entrepreneur artinya Anda dapat membuka usaha apapun namun dengan berbagai inovasi, atau bekerjasama dengan sistem kemitraan agar lebih mudah untuk menjalankan bisnis. Calon pensiunan perlu mempersiapkan diri menjadi seorang entrepreneur, dengan memahami hal-hal terkait :

-. Membuat sebuah perencanaan bisnis

-. Melakukan perhitungan dan perkiraan dari bisnis yang dijalankan

-. Memiliki orientasi bisnis sehigga tahu mau kemana bisnis yang akan dikerjakan nantinya

-. Mengetahui tantangan dan seluk-beluk bisnis yang dijalankan

-. dll.

Mengenal Program Kami?

Silakan hubungi kami di telepon/WA ke nomor 08112652244 /08112652210, jika Anda tertarik mengadakan Training untuk Perusahaan/Instansi/Sekolah, Pelatihan untuk Masa Persiapan Pensiun, Seminar motivasi, 1 on 1 life coaching, 1 on 1 business coaching, konsultasi pribadi, dan seminar online.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp