08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

By Coach Edwin Abhi Tafiqurahmi Indarto

Sahabat bisnis di manapun berada. Kali ini kita akan membahas tentang karakter seorang pemimpin, khususnya karakter PEMIMPIN yang BERKUALITAS.  Ada banyak karakter positif yang ada pada sosok seorang pemimpin, tetapi sering terjadi KESALAHAN PEMAHAMAN tentang arti KEPEMIMPINAN.

Secara umum orang melihat pemimpin identik dengan KEDUDUKAN TINGGI atau posisi TERHORMAT, sehingga apa yang terjadi? Orang mengincar posisi pemimpin demi kedudukan tinggi itu.  

 

Apa Makna Pemimpin yang Sebenarnya?

Bahkan setiap manusia pada dasarnya adalah pemimpin bagi diri sendiri, jadi tidak ada istilah orang kecil karena di depan Tuhan semua manusia itu sama. Semua manusia adalah khalifah di muka bumi. Tapi ada satu hal yang jarang dipahami orang. Bahwa karakter pemimpin ada tingkatannya.

 

Ada 5 Tingkatan Kepemimpinan

Pertama, Pemimpin yang Dicintai  

Bagaimana Anda bisa menjadi pemimpin yang dicintai oleh tim Anda? Saat memimpin, tampilkan sikap sebagai orang yang lovable/mudah dicintai dan membawa suasana menyenangkan.

 

Kedua, Pemimpin yang Bisa Dipercaya

Bagaimana menjadi bisa dipercaya? Bagaimana tutur kata dan perilaku Anda bisa dipercaya oleh orang orang yang Anda pimpin.

 

Ketiga, Selalu Membimbing Orang yang Dipimpin

Apa yang dibutuhkan tim selain tugas tanggung jawab? Pengembangan diri. Karena itu pemimpin berkualitas akan selalu membimbing dan mengarahkan orang-orang yang dia pimpin.

 

Keempat, Pemimpin yang Memiliki Kepribadian

Bagaimana melihat karakter pemimpin yang memiliki kepribadian? Lihatlah apakah tutur kata dan perilakunya sama. Kalau dia memiliki kepribadian yang kuat, maka dia akan konsisten antara tutur kata dan perilaku kesehariannya.

 

Kelima, Pemimpin yang Abadi

Pemimpin yang adadi adalah orang yang bisa diterima sepanjang masa oleh orang dipimpinnya bahkan ketika perannya sudah tergantikan.

Saat ini memang banyak sekali pemimpin yang dicintai, dapat dipercaya, selalu membimbing orang yang dia pimpin, tapi meski demikian, saat dirasa sudah tak sesuai dengan hati nurani manusia maka pengaruhnya berhenti pada masa tertentu saja. Saat pengaruhnya berhenti, mereka akan ditinggalkan.

Seperti apa contoh pemimpin yang abadi? Nabi Muhammad berhasil memimpin dunia ini dengan suara hati yang fitrah, diikuti pula oleh pengikutnya. Beliau memimpin 1500 tahun lalu, artinya sekarang 1500 tahun kemudian umatnya masih mengikuti ajarannya. Beliau bukan hanya memimpin manusia tapi juga memimpin segenap hati manusia. Beliau pemimpin abadi.

Pemimpin sejati adalah yang selalu dicintai, memberi perhatian pada orang lain sehingga ia pantas untuk dicintai, memiliki integritas yang kuat, dipercaya oleh timnya, membimbing orang yang dipimpin, dan yang pasti memimpin dengan suara hatinya.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp