08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau disingkat UMKM, merupakan sebuah usaha yang bergerak dalam hal perdagangan. Menurut UU No.20 Tahun 2008, tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. UMKM sendiri adalah usaha miliki perseorangan atau badan usaha perorangan yang produktif dan memenuhi kriteria yang ditulis oleh undang-undang.

UMKM adalah Penggerak Perekonomian Tanah Air, mengapa? Kita dapat melihat dari kejadian tahun 1998. Usaha berskala kecil dan menengah justru mampu bertahan dibanding perusahaan besar. Hal ini disebabkan karena usaha kecil tidak bergantung pada modal besar dan pinjaman yang menggunakan mata uang asing, yang saat itu terpengaruh hingga mengalami krisis.

 

Klasifikasi UMKM

Saat ini, UMKM adalah Penggerak Perekonomian Tanah Air dan menjadi salah satu tombak pembangunan ekonomi nasional. Dengan berkembangnya zaman, masyarakat juga semakin pintar untuk mengelola usaha yang dijalankan. Sudah banyak pelaku UMKM yang memanfaatkan platform marketplace atau media sosial. Tujuannya tentu saja untuk memasarkan produk atau jasa yang dimiliki.

UMKM adalah Penggerak Perekonomian Tanah Air, dalam perspektif usaha diklasifikasikan menjadi empat kelompok :

-. UMKM Sektor Informal : Pedagang kaki lima.

-. UMKM Mikro : UMKM dengan kemampuan sifat pengrajin akan tetapi kurang memiliki jiwa kewirausahaan untuk pengembangan usahanya.

-. Usaha Kecil Dinamis : kelompok UMKM yang dia mampu berwirausaha dengan menjalin kerjasama dan ekspor.

-. Fast Moving Enterprise : UMKM yang memiliki kewirausahaan yang baik dan siap bertransformasi menjadi usaha besar.

 

Keunggulan dan Kekurangan UMKM

UMKM adalah Penggerak Perekonomian Tanah Air, sehingga memiliki beberapa keunggulan. Antara lain :

-. UMKM mampu menyerap tenaga kerja.

-. Mendukung tumbuh kembangnya wirausaha baru.

-. Mempunyai segmen usaha pasar yang unik, melaksanakan manajemen sederhana dann fleksibel.

-. Dapat memanfaatkan sumber daya alam sekitar

-. Berpotensi untuk berkembang.

 

UMKM adalah Penggerak Perekonomian Tanah Air juga memiliki kekurangan yang patut diperhatikan. Kekurangan ini menjadi penghambat UMKM untuk berkembang.

  1. Faktor Internal

-. Kemampuan sumber daya manusia yang terbatas

-. Kendala pemasaran produk, karena pengusaha Industri Kecil lebih memperioritaskan pada aspek produksi sedangkan fungsi pemasaran kurang mampu dalam mengakseskannya.

-. Dari sisi konsumen yang belum terlalu mempercayai mutu produk UMKM.

-. Permodalan usaha sebagian besar memanfaatkan modal sendiri

  1. Faktor Eksternal

Dari faktor eksternal, masalah yang muncul dari pihak pengembang serta pembina UMKM. Seperti solusi yang disampaikan tidak tepat sasaran, tidak adanya monitoring dan program yang tumpang tindih membuat kebingungan pelaku usaha.

 

Apa Saja Contoh UMKM?

 

#1. Usaha Dibidang Kuliner

UMKM adalah Penggerak Perekonomian Tanah Air. Ada UMKM yang bergerak dibidang usaha kuliner. Usaha di bidang kuliner tidak akan pernah mati. Karena, makanan adalah kebutuhan pokok bagi manusia. Usaha kuliner adalah UMKM yang paling banyak diminati. Banyak bermunculan inovasi dan keunikan menjadi daya tarik pecinta kuliner.

#2. Usaha Dibidang Fashion

UMKM adalah Penggerak Perekonomian Tanah Air. Ada UMKM yang bergerak dibidang fashion. Setiap orang ingin tampil fashionable. Itulah alasan mengapa seseorang memiliki koleksi fashion yang mahal. Banyak jenis usaha fashion yang bisa dilakukan. Mulai dari pakaian wanita, pakaian pria, pakaian anak, pakaian bayi, dll.

#3. Usaha Dibidang Pendidikan

UMKM adalah Penggerak Perekonomian Tanah Air. Ada UMKM yang bergerak dibidang pendidikan. Saat ini pendidikan jadi prioritas. Banyak orang tua yang berusaha memenuhi kebutuhan belajar anak lewat bimbingan belajar dan kursus.

#4. Usaha Dibidang Otomotif

UMKM adalah Penggerak Perekonomian Tanah Air. Ada UMKM yang bergerak dibidang otomotif. Anda dapat membuka toko penjualan spare part, jasa cuci motor dan mobil, menjual perlengkapan safety riding, dll.

#5. Usaha Dibidang Agrobisnis

UMKM adalah Penggerak Perekonomian Tanah Air. Ada UMKM yang bergerak dibidang Agrobisnis. UMKM ini bergerak di bidang pertanian dan peternakan.

Masih banyak contoh UMKM yang dapat Anda coba sesuai potensi dan minat Anda. Tergantung seberapa kreatif Anda dalam berinovasi mengembangkan produk atau layanan jasa Anda. UMKM adalah Penggerak Perekonomian Tanah Air, dengan UMKM yang kuat, mari ciptakan berjuta-juta lapangan kerja di Indonesia.

Program Pelatihan Akeyodia

Silakan hubungi kami di telepon/WA ke nomor 08112652244 /08112652210, jika Anda tertarik mengadakan Training untuk Perusahaan/Instansi/Sekolah.

Yuk cek video kami tentang : “TIPS BISNIS DI MASA PANDEMI – Bongkar Potensi Diri untuk Sukses bersama IPEMI JAWA BARAT”




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp