08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Tahukah Anda kapan Hari Bank Dunia diperingati? Sebelum membahas lebih jauh. Tentu Anda sudah mengerti bahwa Bank Dunia (World Bank) bersama lembaga multilateral lainnya seperti International Monetary Fund (IMF) ataupun ADB menghadapi pekerjaan berat terkait perekenomian. Perekonomian dunia dibayangi resesi akibat dari adanya wabah virus corona. Tahun ini, organisasi keuangan dunia memang harus bisa membuat perekonomian dunia pulih seperti sebelum wabah datang.

Berbicara tentang sejarah Bank Dunia (World Bank) dan Hari Bank Dunia. Jika membicarakan sejarah singkatnya, pada 1 April 1944 digelar konferensi United Nations Monetary and Financial Conference di Bretton Woods, New Hampshire, Amerika Serikat. Saat itu dibentuklah sebuah badan yang akan bertanggung jawab dalam menangani masalah perekonomian dunia yaitu Bank Dunia (World Bank).

Sebelum memperingati Hari Bank Dunia, Anda perlu tahu tugas Bank Dunia (World Bank) itu apa. Bank Dunia (World Bank) bertugas memberikan dana bantuan atau dana moneter kepada negara-negara yang memiliki masalah ekonomi. Kala itu, Prancis merupakan negara pertama yang mendapatkan bantuan. Prancis ketika itu adalah negara yang menerima bantuan dana sebesar 250 juta dollar AS untuk membangun kembali infrastruktur di negaranya pasca perang.

 

Sebagai sebuah Pencatat

Hari Bank Dunia menjadi sebuah pengingat bahwa terdapat sebuah lembaga dunia yang membantu semua negara. Dari sejarah Hari Bank Dunia ini, kita dapat mengetahui bahwa Bank Dunia (World Bank) telah membantu banyak negara di dunia dalam mendapatkan kenyamanan, keamanan dalam bentuk bantuan finansial. Hal ini yang mendasari tercetusnya peringatan Hari Bank Dunia yang diperingati setiap tanggal 1 April.

Berdirinya organisasi tersebut diharapkan membantu negara berkembang merancang pembangunan ekonomi. Bantuan dari Bank Dunia (World Bank) dapat digunakan untuk membantu negara mereka guna membangun infrastruktur dan ekonomi. Dengan adanya infrastruktur yang layak maka negara tersebut dapat mengurangi kemiskinan dan meningkatkan taraf hidup warga negaranya.

 

Kaitan Bank Dunia dan Perang Dunia II

Hari Bank Dunia mencatat bagaimana organisasi internasional ini berperan dalam memfasilitasi investasi internasional. Hari Bank Dunia merupakan titik awal bagi negara-negara yang terdampak perang dunia II untuk kembali bangkit membenahi negaranya. Sudah dijelaskan bahwa Bank Dunia (World Bank) pada awalnya dibentuk untuk membantu perekonomian negara yang tengah kacau pasca perang. Seiring berjalannya waktu, Bank Dunia (World Bank) juga mulai mengucurkan dana bantuan untuk wilayah lainnya. Terutama wilayah-wilayah yang ekonominya mengalami penurunan karena bencana alam, krisis moneter, dan kondisi sulit lainnya.

 

Kontroversi

Terlepas dari sejarah Hari Bank Dunia dalam membantu negara-negara yang kesusahan. Ada pihak yang menganggap bahwa organisasi internasional ini bergerak sebagai alat politik negara tempat mereka meminjamkan uang. Hal ini disebabkan adanya satu peraturan penting terkait peran Bank Dunia (World Bank). Peraturan tersebut menyebutkan bahwa Bank Dunia (World Bank) memiliki hak dalam mengubah aturan undang-undang sebuah negara. Perubahan aturan undang-undang sebuah negara tersebut dapat diubah Bank Dunia (World Bank) sebelum menyetujui sebuah proposal peminjaman.

Negara peminjam terkadang meminjam uang dengan jumlah yang tidak terkendali. Sehingga seiring berjalannya waktu, angka utang yang tinggi kemudian menjadi bumerang dan akhirnya menimbulkan kekacauan baru di negara tesebut.

 

Hari Bank Dunia Tahun ini Masih Diwarnai Pandemi

Hari Bank Dunia sebagai peringatan bahwa Bank Dunia (World Bank) telah mencatat berbagai kontribusi pada negara-negara di dunia. Salah satunya mengumumkan akan menyediakan bantuan dukungan dalam membantu negara-negara mengatasi dampak kesehatan dan ekonomi dari wabah virus corona. Dengan adanya bantuan ini, negara berkembang dapat melindungi warganya, memperkuat pengawasan penyakit, dan meningkatkan intervensi kesehatan masyarakat. David Malpass, sebagai Presiden Bank Dunia (World Bank) menyampaikan bahwa akan berusaha untuk memberikan respons yang cepat dan fleksibel. Bank Dunia (World Bank) akan memprioritaskan kebutuhan negara-negara berkembang dalam menangani penyebaran COVID-19.

Selamat memperingati Hari Bank Dunia, jadikan Hari Bank Dunia tahun ini sebagai momentum untuk bangkit kembali, kuat dan mampu hadapi resesi global.

 

Program Pelatihan Akeyodia

Jika Anda tertarik mengadakan Training untuk Perusahaan/Instansi/Sekolah, Pelatihan untuk Masa Persiapan Pensiun, Seminar motivasi, 1 on 1 life coaching, 1 on 1 business coaching, dan konsultasi pribadi. Hubungi kami di telepon/WA ke nomor 08112652244 /08112652210.

Yuk cek video kami tentang : “KISAH TENTANG PEMBUAT KERETA KUDA YANG INGIN PENSIUN”




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp