08112652210 / 08112652244 info@akeyodia.com

Tips Jadi Pengusaha Sukses dengan Modal Kecil: Anda mungkin adalah salah satu orang yang ingin menjadi seorang wirausahawan dan mendambakan dapat menghasilkan pendapatan tinggi. Namun, faktanya untuk mendapatkan hasil demikian, Anda harus memiliki ketekunan dan etos kerja yang tinggi pula. Untuk memulai usaha, modal besar atau kecil seharusnya bukan menjadi salah satu masalah bagi Anda dalam meraih kesuksesan.

Ketika Anda mampu mengelola modal, Anda akan dapat meraup banyak keuntungan yang semakin besar. Anda perlu tips jadi pengusaha sukses dengan modal kecil di bawah ini:

 

#1. Apa Usaha yang Anda Pilih?

Tips jadi pengusaha sukses dengan modal kecil yang pertama adalah tentukan dulu usaha yang ingin Anda tekuni. Bagi Anda yang terbatas pada modal kecil, Anda dapat membuka usaha skala kecil terlebih dahulu. Kemudian kembangkan dari sana, jika Anda menjalankan usaha sesuai pilihan sendiri, maka akan lebih tekun dalam mengembangkannya.

 

#2. Bagaimana Anda Melakukan Riset Pasar?

Tips jadi pengusaha sukses dengan modal kecil yang kedua adalah riset pasar. Meski usaha yang Anda jalankan baru skala kecil, Anda dapat melakukan riset pasar, melihat peluang usaha yang dapat dikembangkan, dan dapat menentukan kompetitor.

 

#3. Berapakah Modal yang Anda Keluarkan?

Tips jadi pengusaha sukses dengan modal kecil adalah dengan memiliki pembukuan tentang modal yang Anda keluarkan. Pertimbangkan dan lakukan perhitungan dengan teliti terkait apa yang harus dibeli dan cari alternatif lain untuk memangkas modal yang perlu dikeluarkan.

 

#4. Bagaimana Memperlakukan Biaya Operasional?

Tips jadi pengusaha sukses dengan modal kecil adalah mengatur biaya operasional yang dikeluarkan. Ketika Anda menjalankan usaha, ada biaya tetap dan ada biaya variabel. Biaya tetap memang sudah tidak dapat diubah lagi, namun, biaya variabel masih bisa Anda sesuaikan dengan jumlah modal yang dimiliki.

 

#5. Di Mana Lokasi Usaha Anda?

Tips jadi pengusaha sukses dengan modal kecil adalah dengan menentukan lokasi usaha yang bebas sewa. Coba lihat aset keluarga Anda, apakah ada lokasi yang dapat dijadikan lokasi usaha tanpa harus menyewa. Misalnya Anda bisa memanfaatkan halaman Anda atau garasi rumah Anda untuk tempat usaha. Atau jika Anda memilih usaha online, Anda tidak membutuhkan lapak lagi.

 

#6. Apa Kemampuan yang Anda Miliki?

Tips jadi pengusaha sukses dengan modal kecil adalah Anda bisa menggunakan kemampuan Anda. Misalnya Anda menawarkan jasa menerjemahkan sebuah karya ilmiah, kursus membuat kue lebaran, kursus merajut, kursus mengemudi, merawat-budidaya anggrek, dan lainnya.

 

#7. Adakah Barang-Barang yang Masih Bisa Digunakan?

Tips jadi pengusaha sukses dengan modal kecil adalah dengan memanfaatkan barang yang bida digunakan. Terbatasnya modal tentu membuat Anda perlu mengatur keuangan dengan baik. Anda dapat mendirikan café di garasi Anda dengan nuansa jaman dulu dengan barang-barang Anda yang masih layak digunakan dan terkesan jadul.

 

#8. Apakah Ada Bahan Alternatif?

Tips jadi pengusaha sukses dengan modal kecil adalah dengan mencari bahan yang lebih murah tapi berkualitas atau mencari bahan penggnti. Anda dapat mencari bahan baku dengan harga lebih terjangkau dari para petani langsung.

 

#9. Perlukah Merekrut Karyawan?

Tips jadi pengusaha sukses dengan modal kecil adalah melihat kapasitas usaha sebelum melakukan perekrutan karyawan. Apakah usaha Anda sudah perlu merekrut karyawan? Selain dapay menekan biaya pengeluaran, menjalankan usaha sendiri tentu akan membuat Anda menikmati segala proses dalam memulai sebuah usaha.

 

#10. Bagaimana Promosi yang Anda Lakukan?

Tips jadi pengusaha sukses dengan modal kecil adalah dengan memanfaatkan media sosial untuk promosi. Media sosial sudah menjadi salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan pada setiap orang.

 

#11. Apakah Anda Melakukan Kerjasama?

Tips jadi pengusaha sukses dengan modal kecil adalah dengan melakukan kerja sama dengan orang lain. Saat ini semua dimudahkan dengan adanya reseller sampai dropship. Semua dimudahkan juga dengan adanya toko-toko online yang dapat Anda ajak kerja sama.

Semakin terbukannya pasar, sebenarnya Anda semakin mudah menjangkau pelanggan seperti apa yang akan Anda bidik. Itulah tips jadi pengusaha sukses dengan modal kecil yang dapat Anda terapkan.

 

Dokumentasi Webinar Bersama Audina Indonesia

Audina Indonedia berdiri 2010 dan merupakan perusahaan yang bergerak di bidang busana muslim. Pada Senin, 17 Januari 2022 pukul 13.00 WIB bekerjasama dengan Akeyodia mengadakan webinar bersama mitra-mitranya dengan judul webinar The Rules of Selling; Sedikit Bicara, Banyak Closing.

 




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp
Pusat Pakaian Murah - Jasa Pembuatan Website Solo - Grosir Gamis