08112652210 / 08112652244 info@akeyodia.com

Pelanggan merupakan orang terpenting dalam menunjang kelangsungan bisnis Anda. Ketika pelanggan Anda puas dengan produk dan jasa Anda, mereka akan setia dan otomatis berperan besar dalam mendapatkan keuntungan dari bisnis Anda.Sebaliknya, ketika mereka kecewa dengan produk dan jasa Anda, mereka akan kapok dan pergi ke tempat orang lain. Lalu bagaimana cara wirausaha mempertahankan kesetiaan para konsumennya?

 

#1. Apakah Anda Memberikan Perhatian Khusus?

Cara wirausaha mempertahankan kesetiaan para konsumennya adalah dengan memberikan perhatian khusus. Misalnya Anda dapat menanyakan bagaimana keadaan pelanggan dan mendengarkan apa mau mereka ketika sebelum atau sesudah melakukan transaksi.

 

#2. Apakah Anda Melakukan Simbiosis Mutualisme?

Cara wirausaha mempertahankan kesetiaan para konsumennya adalah melakukan symbiosis mutualisme. Jangan hanya mementingan keuntungan sendiri, sebab pelanggan Anda juga semakin cerdas dalam menilai produk atau jasa yang akan digunakan.

 

#3. Apakah Anda Melakukan Follow up Pasca Penjualan?

Cara wirausaha mempertahankan kesetiaan para konsumennya tentu dengan melakukan follow-up pasca penjualan. Anda dapat mulai membuka database yang dimiliki, dan mulailah menjalin komunikasi dengan mereka.

 

#4. Apakah Anda Memiliki Program Menarik yang Ditawarkan?

Cara wirausaha mempertahankan kesetiaan para konsumennya adalah dengan cara menawarka program menarik yang Anda miliki. Seperti menawarkan program kartu keanggotaan atau kartu member. Dari sana Anda dapat menawarkan program diskon dan bonus tertentu ketika mereka memiliki kartu keanggotaan.

 

#5. Apakah Anda Memberikan Keuntungan Kepada Pelanggan Setia?

Cara wirausaha mempertahankan kesetiaan para konsumennya adalah meyakinkan konsumen jika Anda adalah produk atau jasa yang menguntungkan bagi mereka. Terkadang Anda dapat melakukan program peluang reseller dan keuntungan jika mereka mendapatkan reseller.

 

#6. Apakah Anda Manfaatkan Media Sosial?

Cara wirausaha mempertahankan kesetiaan para konsumennya adalah membangun customer retention dengan memanfaatkan media sosial yang Anda miliki. Pelanggan saat ini lebih percaya dengan apa yang mereka lihat di sosial media dari pada di iklan produk. Oleh sebab itu tetaplah terhubung dengan melalui sosial media yang Anda bangun. Jawablah jika mereka mengirimkan pertanyaan dan selalulah membuat konten yang sesuai dengan target pasar Anda. Anda dapat juga mengadakan kompetisi atau diskon di sosial media Anda.

Jadi siapkah Anda mempertahankan kesetiaan konsumen Anda? Apakah Anda memiliki cara jitu lainnya dalam mempertahankan kesetiaan konsumen dan belum ditulis di sini? Yuk share ke yang lain.

 




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp
Pusat Pakaian Murah - Jasa Pembuatan Website Solo - Grosir Gamis