08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Kita sudah tiba di bulan Agustus lagi, bulan yang memiliki makna tersendiri bagi kita bangsa Indonesia. Setiap tahun di tanggal 17 bulan Agustus, masyarakat Indonesia selalu merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia. Sebelum pandemi, setiap orang pasti sudah disibukkan dengan kegiatan rutin dalam rangka peringatan hari kemerdekaan. Mulai dari upacara bendera, lomba-lomba, mempercantik lingkungan, hingga memasang umbul-umbul dan bendera di sepanjang jalan. Hal-hal yang selama pandemi ini tidak dapat kita rasakan momen-nya.

Terlepas dari perayaan kemerdekaan yang masih terbatas pandemi. Mari kita membahas kemerdekaan dalam konteks keuangan. Apakah Anda saat ini sudah merdea secara finansial?

Mudahnya, ketika tujuan keuangan yang sudah Anda buat terwujud itu berarti Anda sudah merdeka finansial. Financially Freedom atau kebebasan finansial bukan terkait banyaknya uang yang Anda miliki. Namun bagaimana Anda dapat hidup dengan secukupnya, pantas, dan bebas dari hutang.

Merdeka finansial bukan sekedar memiliki harta dan aset yang berlimpah, tetapi bagaimana Anda mencapai sesuatu yang Anda inginkan. Sehingga sudah sewajarnya jika di bulan kemerdekaan ini Anda bertanya kepada diri Anda apakah Anda sudah merdeka secara finansial atau belum. Untuk mengenalinya, perhatikan tanda-tanda berikut ini:

 

#1. Proteksi Diri

Hal penting seorang yang merdeka finansial adalah proteksi diri, yang berupa asuransi. Asuransi adalah hal penting untuk meminimalkan risiko yang terjadi di masa depan. Ketika Anda tidak memiliki proteksi diri berupa asuransi, risiko yang terjadi di masa depan dapat berdampak besar bagi stabilitas keuangan Anda.

 

#2. Memiliki Investasi untuk Masa Depan

Ketika Anda memiliki uang dan hanya menyimpannya, tentu hal tersebut tidak memberikan keuntungan. Seseorang yang merdeka finansial sudah memiliki investasi untuk masa depannya. Investasi dapat dilakukan dalam berbagai bentuk, asalkan investasi tersebut memberikan return di atas inflasi.

 

#3. Memiliki Dana Pensiun

Semua orang ingin masa tuanya merasa aman secara finansial. Ingatlah bahwa ada masa pensiun yang menjadi hal penting dalam kehidupan. Seberapa besar pendapatan dan tabungan ketika masih bekerja akan berpengaruh pada masa pensiun seseorang. Untuk itu persiapkan dana pensiun sebaik mungkin saat Anda masih masa produktif.

 

#4. Memiliki Dana Pendidikan Anak

Setiap orang tua selalu menganggap pendidikan bagi anak merupakan hal yang penting. Dengan memberikan pendidikan yang baik, kelak diharapkan anak-anaknya dapat hidup sejahtera. Maka Anda perlu membuat perencanaan dana pendidikan anak mulai sejak dini. Apalagi setiap tahunnya biaya pendidikan di Indonesia terus meningkat. Ketika Anda berhasil menyiapkan dana pendidikan anak, artinya Anda sudah merdeka finansial.

 

#5. Memiliki Dana Darurat

Ingin merdeka finansial? Pastikan Anda memiliki dana darurat dalam hidup Anda. Anda dapat menyiapkan dana darurat dengan cara menabung separuh dari gaji pokok Anda setiap bulannya. Dengan tabungan dana darurat ini, Anda tidak lagi khawatir apabila mendadak membutuhkan dana besar.

Lalu bagaimana ketika Anda masih memiliki hutang? Apakah belum bisa disebut merdeka finansial? Hutang memang menjadi suatu hal yang berbahaya, apalagi hutang untuk hal konsumtif. Namun, ketika Anda dapat mengkonversi hutang menjadi aset yang produktif dan memberikan penghasilan, itu juga sudah menjadi tanda Anda merdeka finansial.

Merdeka finansial merupakan periode dimana Anda berhasil memenuhi tujuan keuangan dalam hidup. Mulai dari biaya pendidikan untuk anak, persiapan pensiun, sampai asuransi yang memitigasi risiko. Ketika semua kebutuhan sudah terpenuhi, sudah dipastikan Anda termasuk orang yang merdeka secara keuangan.

Ketika Anda mengukur tingkat kemerdekaan finansial, jangan hanya melihat nominal tabungan, aset, dan investasi. Akan tetapi Anda juga perlu mengukur tingkat kebahagiaan Anda dan bagaimana cara Anda mensyukuri hal-hal yang Anda miliki serta pelajaran berharga yang sudah Anda dapatkan.

Pandemi mengajarkan kita banyak hal. Meski saat ini banyak impian yang tidak berjalan sesuai rencana, jangan sampai jiwa gotong-royong juga turut hilang.

Jadi ketika kita ingin melakukan perubahan, maka jangan tunduk terhadap kenyataan dan keadaan.

Asalkan kita yakin berada di jalan yang benar, maka mari melanjutkan perjuangan bersama-sama!

Lekas pulih Indonesiaku!

Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp