08112652210 / 08112652244 info@akeyodia.com

Retensi karyawan tentu saja perlu dilakukan oleh perusahaan guna mempertahankan karyawan. Apa itu retensi karyawan? Retensi karyawan adalah salah satu upaya untuk mempertahankan karyawan sebagai tenaga ahli utama. Retensi karyawan ini dilakukan guna meminimalisir turnover karyawan dan untuk meningkatkan kenyamanan karyawan selama bekerja. Sehingga strategi retensi karyawan perlu dilakukan secara benar, sesuai, dan berkelanjutan.

Retensi karyawan dilakukan agar kinerja karyawan meningkat dari hari ke hari. Jika gagal menerapkan strategi retensi karyawan, maka kinerja karyawan akan menurun dan berdampak pada produktivitas perusahaan.

 

Penerapan Retensi Karyawan

Perhatikan hal berikut ketika akan menerapkan strategi retensi karyawan di perusahaan Anda :

 

1. Dari Segi Pemimpin

Pimpinan perusahaan perlu memberikan dukungan yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan. Contohnya dengan memotivasi atau mengatakan hal-hal positif yang dapat meningkatkan semangat kerja karyawan.

 

2. Dari Segi Kesempatan

Anda perlu memberikan kesempatan pada karyawan untuk dapat mengembangkan diri. Berikan mereka kepercayaan yang nantinya akan dapat meningkatkan produktivitas kerja. Otomatis karyawan akan merasa keberadaan mereka di perusahaan dibutuhkan. Melalui perasaan yang telah terbangun tersebut, maka Anda sudah membangun dan meningkatkan loyalitas karyawan Anda terhadap perusahaan Anda.

 

3. Dari Segi Peningkatan Pengalaman

Pihak perusahaan perlu memikirkan cara untuk meningkatkan kemampuan karyawan. Misalnya dengan memberikan tugas yang lebih menantang, ini akan berguna untuk membekali pengalaman kepada karyawan. Otomatis karyawan akan mendapatkan ilmu baru dan pengalaman yang bertambah.

 

4. Dari Segi Pemberian Apresiasi

Jangan lupa untuk memberikan apresiasi terhadap hasil kerja karyawan Anda. Apresiasi tersebut bisa berupa ucapan terima kasih atau pujian atas hasil pekerjaan mereka. Apresiasi sederhana ini dapat meningkatkan kinerja karyawan Anda.

 

5. Dari Segi Lingkungan Kerja

Jangan lupa untuk menciptakan lingkungan dan hubungan kerja yang baik. Menciptakan lingkungan kerja dan hubungan kerja yang baik bukan hanya tugas para sesama karyawan saja. Anda juga perlu menciptakan lingkungan dan hubungan kerja yang baik dengan para karyawan, sehingga dapat saling mendukung terciptanya kenyamanan kerja.

 

Retensi Karyawan yang Baik Karena Pemimpin yang Baik

Sebenarnya keberhasilan menjalankan strategi retensi karyawan juga dipengaruhi oleh siapa pemimpin perusahaannya. Karakteristik pemimpin yang baik antara lain:

-. Mampu memberikan apresiasi kepada karyawan dan membuat karyawan yakin akan kemampuannya

-. Mampu memberikan arahan yang tepat, jelas, dan fokus kedepan kepada karyawan.

-. Dapat menghadapi segala tantangan, sebelum karyawan yang mengalami tantangan tersebut.

-. Memiliki keyakinan bahwa karyawan merupakan salah satu aset perusahaan yang perlu ditingkatkan kemampuannya.

-. Tulus dalam memberikan apresiasi, arahan, dan bimbingan kepada karyawannya

 

Pengelolaan Retensi Karyawan

Retensi karyawan akan memberikan dampak yang signifikan terhadap kinerja karyawan dan perusahaan. Anda perlu memperhatikan cara mengelola retensi karyawan berikut:

 

#1. Penempatan Karyawan

Perusahaan Anda harus mampu mencari kandidat yang sesuai untuk ditempatkan pada posisi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

 

#2. Kompensasi yang Kompetitif

Anda dapat menawarkan kompensasi yang nilainya kompetitif dibandingkan perusahaan lain. Karena kita tahu bahwa ada karyawan yang menolak tawaran perusahaan disebabkan oleh gaji yang kurang sesuai.

 

#3. Apresiasi Perusahaan pada Karyawan

Perusahaan yang jarang memberikan apresiasi kepada karyawan harus siap jika suatu saat karyawan terbaik keluar secara mendadak.

 

#4. Jenjang Karier yang Jelas

Semua ingin memiliki jenjang karier yang naik, begitu juga karyawan Anda. Jenjang karier menjadi salah satu alasan karyawan bertahan dalam pekerjaan dalam waktu yang lama.

Perusahaan dan karyawan saling membutuhkan, maka keduanya perlu melakukan dan mengupayakan yang terbaik. Jika karyawan dapat dikelola dengan baik, maka perusahaan akan mudah dalam mencapai target yang ditetapkan.

 

Program di Akeyodia

Hubungi admin Akeyodia di 08112652244 / 08112652210, jika Anda berkeinginan untuk menyelenggarakan Training bagi karyawan, Seminar, 1 on 1 life coaching, 1 on 1 business coaching, Motivasi dan konsultasi.

Simak juga pembelajaran: INSPIRING QUOTES #33 – “Ah nanti jangan-jangan……”




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp
Pusat Pakaian Murah - Jasa Pembuatan Website Solo - Grosir Gamis