08112652210 / 08112652244 info@akeyodia.com

Problematika dalam perkantoran sering terjadi. Apalagi ketika sebuah sistem tidak berjalan sesuai semestinya maka akan memberikan yang kurang baik secara keseluruhan. Begitu juga dimana sistem micromanagement diberlakukan, terkadang ada dampak signifikan bagi karyawannya. Micromanagement adalah satu gaya kepemimpinan seorang atasan dengan berbagai macam pengarahan dan pengawasan. Namun berbagai pengarahan dan pengawasan tersebut yang terlalu berlebihan.

Saat ini permasalahan seputar micromanagement belum banyak yang tahu dampaknya dan bagaimana cara mengatasinya. Oleh sebab itu, mari bersama-sama memahami seperti apa gaya kepemimpinan yang bersifat micromanaging dan bagaimana dampaknya.

 

Apa Micromanagement Itu?

Gaya kepemimpinan micromanagement ditandai dengan pengawasan serta pengarahan secara berlebihan oleh atasan. Atasan yang memiliki gaya kepemimpinan micromanagement selalu mengawasi setiap proyek, kemudian mengkoreksi semua hal baik masalah kecil sampai masalah besar. Terkadang atasan akan mengambil alih pekerjaan tanpa memperhitungkan potensi lain karyawannya.

 

Micromanagement dapat Menurunkan Kinerja Karyawan

Saat atasan menggunakan gaya kepemimpinan micromanagement, maka akan menurunkan potensi kerja serta kinerja semua karyawan. Atasan tersebut nantinya akan menutup diri dari masukan orang lain. Dia akan jarang mengikut sertakan karyawan dalam pengambilan keputusan, sehingga semua keputusan akan terasa berat sebelah. Karyawan akan sulit melakukan inisiatif dan melakukan inovasi karena adanya tekanan dari atasan.

 

Micromanagement dapat Membuat Perusahaan Sulit Sukses

Micromanagement dapat menghambat kesuksesan perusahaan sendiri. Gaya kepemimpinan dari atasan yang micromanagement akan bersifat perfeksionis dan hanya percaya pada dirinya sendiri. Padahal beberapa perusahaan dapat besar dan kemajuan jika karyawan memiliki inovasi menarik dan dibiarkan menyampaikan ide-ide brilian tanpa ada tekanan dari atasan.

 

Micromanagement dapat Menambah Stres Saat Bekerja

Sistem kepemimpinan micromanagement akan membuat karyawan merasakan stres karena tidak ada kebebasan dalam menyampaikan ide dan pendapat. Ketika pengendalian pekerjaan ada selalu oleh atasan, karyawan akan stress dan terbebani sehingga menurunan produktivitas.

 

Mengatasi Atasan yang Memiliki Gaya Kepemimpinan Micromanagement

Sebuah perusahaan biasanya akan menyelenggarakan pelatihan kepada setiap atasan ataupun karyawannya dalam mengatasi micromanagement. Apakah situasi micromanagement dapat di atasi? Mengatasi situasi micromanagement dapat dengan cara berikut:

 

#1. Konsultasikan dengan Tim Anda

Lakukan konsultasi dengan berbagai tim kerja Anda dan mintalah pendapat positif mereka. Temukan solusi terbaik dan langkah-langkah tepat untuk mengatasi dan menghadapi situasi micromanagement atau atasan yang selalu mengekang pekerjaan.

 

#2. Mintalah Delegasi Tugas

Ketika Anda memiliki atasan penganut micromanagement, maka kerjakan tugas sebanyak mungkin dengan menanyakan mengenai informasi apa saja yang diperlukan dalam sebuah pekerjaan. Micromanagement dapat dihindari dengan mengikuti proyek lainnya. Tujuannya tentu untuk pengembangan diri Anda sendiri dan menambah rasa percaya diri akan kemampuan Anda.

 

#3. Mempertimbangkan Pekerjaan Lain

Ketika Anda sudah tidak bisa menghindari gaya micromanagement dari atasan, maka keluar dari perusahaan menjadi solusi terakhir. Micromanagement memang tidak mudah dihindari karena karyawan akan mengalami stres yang tidak usai. Ketika perusahaan tidak memberi rasa nyaman, maka Anda akan bekerja dengan tidak optimal.

Sebuah perusahaan memang memerlukan atasan yang tegas, cekatan, dan berwibawa agar kinerja karyawan meningkat. Karyawan lebih nyaman dengan atasan membuat mereka berkembang dan dapat diajak untuk berdiskusi. Jadi sistem micromanagement masih kurang baik diterapkan oleh atasan dan berpotensi menurunkan kinerja karyawan.

 

Program Akeyodia

Hubungi Akeyodia di WA 08112652244 /08112652210, jika Anda tertarik mengadakan In House Training untuk karyawan Anda, Seminar, atau konsultasi.

Simak Pembelajaran Lain di: INSPIRING QUOTES #19 : DO THE BEST YOU CAN – Strategi Membuat Hidup Sempurna




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp
Pusat Pakaian Murah - Jasa Pembuatan Website Solo - Grosir Gamis